League Of Legends: Wild Rift, Wajib Main!

League Of Legends: Wild Rift baru dirilis resmi Oktober lalu setelah beberapa bulan sebelumnya dirilis Beta dan Close Beta, dan menjadi game laris dimainkan karena ditunggu-tunggu penggemar MOBA dengan pertarungan 5v5.

LoL Wild Rift dibuat oleh Riot Games bergenre MOBA 5v5 dimana gamer bisa memilih lebih dari 40 champion yang diinginkan yang diadaptasi dari League of Legends versi PC yang sangat populer. Bahkan diklaim Lol Wild Rift lebih baik daripada Mobile Legends: Bang Bang besutan Moonton.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan game ini adalah perangkat Android dengan prosesor 4 core CPU 1.5GHz, RAM 1,5 GB, dan resolusi layar 1024×720 pixels. Sedangkan untuk iOS, iPhone 7 merupakan perangkat minimal untuk bisa memainkan Wild Rift. Untuk space penyimpanan memerlukan hingga 3,6GB, jadi siapkan penyimpanan yang banyak dismartphone kamu ya.

Riot Games mengembangkan Wild Rift dari awal untuk memberikan grafis yang handal dan gameplay yang nyaman tanpa meninggalkan aspek penting dari LoL versi PC.

Jika kamu memainkan League of Legends di PC, pasti tidak asing dengan Wild Rift di perangkat seluler. Riot sendiri menjanjikan pengalaman bermain yang berbeda, karena Wild Rift telah disesuaikan dengan perangkat mobile. Meski begitu, gameplay keseluruhan dari Wild Rift sama persis dengan LoL versi PC.

Kualitas grafis tinggi memanjakan mata
Grafis menjadi hal yang penting untuk memainkan game bertipe MOBA. Riot Games berusaha memberikan tampilan grafis yang mumpuni dan meningkatkan grafis dan animasi yang ada sehingga pemain bisa melihat texture, dan effect dari skill yang dikeluarkan oleh tiap-tiap karakter yang bisa memanjakan mata para pemainnya. Walaupun tentu hal ini membutuhkan HP high end dengan performa tinggi agar bisa mendapatkan grafis setara atau lebih dari versi PC nya.

Pada ukuran skala pemain, baik Wild Rift dan Mobile Legends sama-sama mengadu dua tim yang masing-masing berisi lima pemain dalam sebuah arena. Wild Rift juga memiliki Champion yang sama dengan penyebutan Hero di Mobile Legends.

Role dari karakter Champion di Wild Rift yang digunakan untuk bermain juga mirip, yakni lima tipe yang terdiri dari Fighter, Assassin, Tank, Mage, Support, dan Marksman. Terdapat juga perlengkapan atau item seperti senjata dan armor tersedia untuk meningkatkan kemampuan bertarung.

Setiap Champion yang dirilis memiliki empat tombol skills. Nantinya, pemain juga harus memilih dua battle spells, satu Trinket, dan satu enhancement boots yang tombolnya bisa ditekan. Secara keseluruhan, ini membuat tombol yang bisa pemain akses di Wild Rift lebih banyak ketimbang game MOBA lainnya.

Sekilas, kamu akan kaget dengan pembawaan tombol yang lebih banyak. Tapi, ketika sudah mulai menguasai macro semacam ini, dijamin bakal ketagihan untuk melangsungkan aksi di dalam Wild Rift. Seperti judulnya, game ini membawa permainan yang lebih “liar” dari versi PC.

Guide Pembagian Role di Wild Rift
Dalam Wild Rift, Champion (sebutan untuk karakter di dalam game) akan ditugaskan ke dalam 5 jenis role. Role tersebut adalah Solo Laner/Baron Laner, Mid Laner, Jungler, Attack Damage Carry (ADC), dan Support. Mirip seperti MOBA lain di mobile, Wild Rift memiliki kategori Champion seperti Fighter, Tank, Mage, Marksman, Assassin, dan Support. Namun satu kategori hero kadang bisa bermain di role berbeda. Contohnya role Fighter atau Assassin yang kadang bisa bermain sebagai Solo Laner ataupun Jungler.

Main dengan Lebih Fair
Ketika merilis LoL: Wild Rift, Riot dengan sangat hati-hati memasukkan unsur mikrotransaksi dan pengembangan akun bagi para pemain. Kekuatan pemain tidak diukur dari level karakter atau seberapa banyak pemain menghabiskan uang. Pada LoL: Wild Rift tidak menganut sistem Pay To Win alias siapa yang membelanjakan uang lebih banyak akan menang.

Di sini, semua harga Champion dipatok dengan harga yang sama. Intensi ini membuat Wild Rift terasa lebih adil kepada para pemainnya, terlebih kala setiap Champion bisa bersinar dengan cara mereka masing-masing.

Untuk menambah keseruan permainan, disediakan skin-skin menarik dari masing-masing Champion. Setiap skin yang dirilis tidak menambahkan stats apapun. Semua kosmetik, murni dikembangkan hanya sebagai fan service.

Skin adalah salah satu item kosmetik yang dapat memberikan penampilan baru yang lebih elegan pada champion ketika digunakan. Terkadang perubahan yang ditawarkan oleh sebuah skin mampu membuat pemain bersangkutan menjadi lebih nyaman ketika memainkan champion kesayangan mereka.

Di sisi lain, yang membuat permainan Wild Rift sangat adil bagi pemainnya adalah sistem Rune yang bisa pemain buka semua hanya selepas level 10 saja. Pemain hanya perlu menghabiskan waktu untuk 10 pertandingan pertama dan bisa membuka semua akses build dari setiap karakter. Nantinya, Rune bisa diatur di bagian menu atau ketika fase draft selesai.

Voucher game LOL: Wild Rift di Fastpay
Untuk membeli skin dan perlengkapan lain di dalam game League Of Legends: Wild Rift bisa menggunakan voucher Google Play atau saldo Gopay yang bisa dibeli di Agen Toko Modern Fastpay terdekat.

Tersedia voucher Google Play: 20K, 50K, 100K, 150K, 300K dan 500K
Tersedia saldo Gopay mulai denom Rp 10.000 – Rp 500.000

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/