10 Game Terlaris Indonesia 2021 Bisa Dimainkan Para Gamer di Masa Pandemi (1)

Jumlah gamer Indonesia mencapai lebih dari 45 juta pemain. Selama pandemi game menjadi aktivitas paling banyak dilakukan. Berikut 10 game terlaris paling banyak dimainkan.

Di tengah wabah pandemi yang masih merambah ke seluruh dunia termasuk Indonesia, aktivitas di rumah masih menjadi bagian untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Bermain game online justru meningkat pesat. Bahkan potensi uang yang dibelanjakan oleh para gamer Indonesia mencapai Rp 26 triliun pada tahun 2020. Angka fantastis untuk berbisnis voucher game.

10 Deretan Game Terlaris dan Populer di Indonesia (bagian pertama)

1. Free Fire

Free Fire atau sering juga di sebut FF adalah game terpopuler di Indonesia bahkan dunia bergenre battle royale dari publisher Garena. Jumlah pemain FF di Indonesia sendiri telah mencapai 32,2 juta pemain.

Game ini sangat asyik untuk dimainkan terutama kamu penyuka peperangan atau tembak-tembakan. Free Fire menggunakan sistem skill based hero dimana pemain bisa menggunakan skill skill unik untuk mengalahkan musuh–musuhnya.

Diamond FF

Jumlah pemain maksimal di dalam game Free Fire hanya 50 orang dengan ukuran map yang relatif lebih sempit. Tujuan utamanya adalah bertahan hidup hingga kalian menjadi orang yang paling terakhir hidup.

Free Fire juga memiliki berbagai karakter dengan kemampuan yang berbeda-beda, sehingga jalannya pertandingan tidak monoton.

Mata uang yang berlaku di FF adalah diamond untuk pembelian berbagai jenis peralatan, skin, dll. Beli diamond FF bisa melalui Loket Fastpay terdekat dengan mudah dan murah.

2. Mobile Legends: Bang Bang

true damage mobile legends

Game ini bertipe MOBA dengan 5v5 dimana kamu memilih 1 hero yang akan kamu mainkan bersama tim untuk menghancurkan base lawan. Permainan ini berakhir ketika base salah satu tim hancur.

Tentunya kamu harus tahu tipe-tipe hero dalam Mobile Legends agar tidak salah pilih. Ada 6 tipe hero di Mobile Legends, yaitu Tank, Assasin, Fighter, Mage, Marksman dan Support.

Baca juga: Rekomendasi 5 Hero Kuat di Mobile Legends untuk Push Rank Sendiri

Ada beberapa hero terkuat di Mobile Legends yang bisa kamu pakai untuk push rank sendiri sampai ke Mythic! Hero-hero berikut sebagai rekomendasi saja, pilihan hero yang lain bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Game Mobile Legends mendukung pembelian didalam game menggunakan diamond sebagai mata uangnya. Ada 6 fungsi diamond Mobile Legends, seperti membuat squad, event magic wheel, emblem pack, membeli hero, dll.

Baca juga: Fungsi Diamond Mobile Legends Kamu Perlu Tahu

3. Among Us

Among Us

Game ini melesat menjadi game populer pada masa pandemi. Game ini benar-benar menawarkan gameplay yang simple, sederhana namun sangat menghibur. Kamu bisa menjadi kawan atau pengkhianat, Crewmates dan Impostor dengan setting didalam sebuah pesawat luar angkasa.

Crewmates memiliki tujuan untuk menjalankan, mengoperasikan pesawat, serta mencari siapa impostors diantara para karakter yang hadir. Sedangkan impostors, bertugas menjadi penipu atau pembunuh yang paling penting dalam game ini. Impostors inilah yang akan membunuh rekan sendiri atau menyabotase tugas mereka

Memainkan game ini akan seru bila 10 pemain bersama sesuai batasan maksimal dengan orang-orang yang kamu tidak kenal.

4. Genshin Impact

Genshin Impact

Game Genshin Impact bergenre MMORPG menghadirkan dunia open world, dimana kamu bisa eksplorasi game ini secara luas dengan pengalaman bermain action mirip Zelda Breath of The Wild versi anime yang lebih cakep. Game ini kerap di update dan menghadirkan karakter- karakter lain dan konten baru.

Game Genshin Impact sanggup menarik perhatian para pemainnya dengan grafis yang tinggi serta karakter yang cantik dan cakep. Karena grafis yang tinggi dan tema open world membuat game ini membutuhkan space memori besar di smartphone kamu.

Dapat diunduh secara gratis serta tidak adanya sistem pay to win* membuat game ini sangat laris di Indonesia.

*pay to win: kamu harus keluar uang, bujet, dana untuk bisa unggul, menang atau top rank

5. PUBG Mobile

PUBG Mobile

Pecinta game battleroyale pasti memainkan game ini, mirip dengan Free Fire. Namun PUBG memiliki grafik yang lebih mumpuni. PUBG Mobile menjadi salah satu game populer yang dimainkan dimasa pandemi. Bahkan banyak turnamen-turnamen esport dari PUBG.

Saat memasuki pertandingan, kita akan dalam satu pesawat dengan 99 orang lainnya lalu kita akan terjun bebas untuk melakukan looting senjata, darah, dan bom. Hal ini dibutuhkan untuk melawan musuh dan bertahan hingga menjadi pemenang.

Ketika kamu memenangkan pertandingan, akan muncul winner, winner, chicken dinner layar smartphone-mu. Ya, bertahan hingga akhir adalah inti dari game ini selain menembak atau mematikan musuh.

6. Higgs Domino Island

Permainan domino gaple merupakan permainan yang banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia baik tua maupun muda dan di kampung atau di kota. Versi online game ini masih bertema permainan domino yang sangat seru untuk di mainkan. Karena game ini dimainkan dengan mengandalkan kecerdasan dan sedikit ke hokian.

Higgs Domino

Higgs Domino telah didownload lebih dari 10 juta kali dan merupakan karya anak bangsa. Game ini bukan hanya terdiri dari game domino saja. Dalam game ini terdapat beberapa pilihan game kartu lainnya, seperti gaple, qiuqiu, remi, poker, dan lainnya.

Yang membuat game ini popular yaitu dari game ini kamu juga dapat menghasilkan uang yakni dengan cara kalian mengumpulkan koin sebanyak – banyaknya.

7. Roblox

Cara main Roblox

Game penuh imajinasi dan kreasi yang gandrung dimainkan oleh anak-anak. Roblox adalah sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat game sendiri, atau memainkan game yang dibuat pengguna lain. Roblox visualisasi avatar-nya mirip dengan permainan Lego populer di kalangan gamer yang berusia di bawah 18 tahun.

Ada lebih dari 69 juta game di Roblox. Mereka semua dibangun dalam program desain yang disebut Roblox Studio. Beraneka pilihan bisa disesuaikan dengan gender, hobi dan usia pengguna. Misalnya Work at a Pizza Place yang memungkinkan pengguna mengelola restoran Pizza. Atau Jailbreak, game Roblox yang mengusung role-playing yang menjadikan gamer sebagai polisi atau penjahat. Sementara di game lainnya, Theme Park Tycoon 2, pengguna akan diberikan tanah untuk tempat membangun taman hiburan impiannya.

Roblox memiliki 115 juta pengguna aktif bulanan di 200 negara. Ini melampaui pencapaian Minecraft yang mempunyai 90 juta pengguna aktif bulanan. Dalam Roblox, terdapat mata uang bernama Robux yang digunakan untuk pembelian.

8. Call of Duty Mobile

Call of Duty Mobile

Game ini juga termasuk salah satu game battle royale peperangan yang mewajibkan pemain untuk berperang dan bertahan hingga menjadi pemenang bergenre FPS (first persen shooter), COD berhasil menyedot animo gamers mobile khususnya di Indonesia.

Dalam COD Mobile, kamu akan berperang dengan menekan tombol tembak yang diarahkan ke musuh. Kamu dapat menembak sambil bergerak, sliding, ataupun lompat. Pemain bisa memilih beragam skill keren yang bisa digunakan untuk menghancurkan musuh – musuhmu. Kerennya lagi, ada beberapa senjata yang bisa dipilih di dalam CODM yang bisa digunakan untuk membunuh musuhmu. Dimulai dari sniper rifle hingga shotgun, semua bisa kamu gunakan.

9. Minecraft

Minecraft masih menjadi salah satu game populer di Indonesia terutama dikalangan umur 18 tahun ke bawah. Hal ini dikarenakan game ini memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk melakukan apa yang mereka mau. Meski memiliki grafis kotak – kotak game ini sanggup menarik perhatian segala umur untuk memainkan game tersebut.

Minecraft merupakan pendahulu dari Roblox, dengan jumlah pemain aktif bulanan mencapai 90 juta diseluruh dunia.

10. Clash of Clans

Clash of Clan

Clash of Clans adalah sebuah game bergenre strategi yang mengusung tema castle defense, sering dikenal dengan nama COC. Dalam game yang dikembangkan oleh Supercell ini, kamu akan membuat bangunan-bangunan dengan pertahanan yang kokoh untuk desamu.

Kamu harus membangun meriam, menara pengawas, tembok pertahanan dan juga merekrut pasukan (barbarian, archer, goblin dan naga) agar desamu kuat saat diserang oleh pemain Clash of Clans lainnya.

Nah, game-game di atas bisa kamu mainkan bersama teman-teman kamu. Masih ada review 10 game populer lain pada tulisan mendatang.

Butuh Voucher Game? Beli di Loket Fastpay Saja

Kebutuhan berbagai jenis voucher game bisa kamu dapatkan di Loket Fastpay terdekat dengan mudah dan murah. Ada banyak jenis voucher game, seperti diamond FF, diamond Mobile Legends, voucher Garena, PUBG, UniPin, Google Play, dll.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/