Wajib Tahu Tentang Sub Kelas Kereta Api

Sebarkan artikel ini
  • Jumlah penumpang kereta api selama tahun 2020 mencapai 185 juta penumpang ditengah wabah pandemi Covid-19.
  • Harga tiket kereta api ditentukan berdasarkan kelas dan sub kelas.

Kereta api masih menjadi transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Demi kepuasan pelanggan kereta api, PT KAI terus berupaya meningkatkan fasilitas kereta api.

Peningkatan sarana dan fasilitas kereta api yang dilakukan PT KAI antara lain peremajaan gerbong kereta api jarak jauh dan bisnis, perbaikan stasiun dan rel ganda di pulau Jawa dan perbaikan fasilitas dan sarana perkereta apian lain.

Ada enam kelas kereta api dari PT KAI, yaitu kelas ekonomi, ekonomi AC plus, ekonomi premium, bisnis, eksekutif dan kereta luxury dengan kemewahannya. Selain itu ada juga kereta wisata yang memberikan fasilitas super lengkap.

Selain kelas, terdapat pula pembagian sub kelas, dapat diartikan sub kelas adalah zona tempat duduk dalam kereta. Tak ada perbedaan fasilitas sub kelas satu dengan yang lainnya, yang membedakan adalah harga dan zona tempat duduk.

Berikut sub-sub kelas yang ada pada kereta:

  1. Eksekutif: A, H, I, J, X (sub kelas A memiliki tarif tertinggi, sub kelas J adalah tarif terendah, dan X umumnya adalah tarif promo)
  2. Bisnis: B, K, N, O, Y (sub kelas B memiliki tarif tertinggi, sub kelas O adalah tarif terendah, dan sub kelas Y adalah tarif promo)
  3. Ekonomi premium dan komersial: C, P, Q, S, Z (sub kelas C memiliki tarif tertinggi, sub kelas S adalah tarif terendah, dan Z tarif promo).

Susunan duduk di setiap gerbong pun diatur berdasarkan sub kelasnya. Sub kelas termahal (A, B, C) berada di tengah gerbong atau jauh dari pintu. Sedangkan sub kelas termurah (J, O, S) biasanya berada di dekat pintu.

Perbedaan terletak pada letak gerbongnya. Sub kelas dengan harga termahal biasanya memiliki posisi yang strategis, yaitu di gerbong tengah rangkaian kereta.

Penumpang bisa lebih mudah naik dan turun menuju pintu keluar stasiun. Selain itu, biasanya juga dekat dengan gerbong makan. Jadi, penumpang akan lebih mudah untuk memesan makanan atau minuman.

Perlu dicatat, penerapan sub kelas tidak sama pada setiap kereta api. Bisa jadi pada satu kelas kereta hanya terdapat satu sub kelas dan pada kelas kereta lainnya, terdapat beberapa sub kelas.

Bisnis layanan tiket kereta api dan pesawat
Peluang bisnis penjualan tiket kereta api dan pesawat sangat terbuka dengan keuntungan yang besar. Bergabunglah menjadi outlet Toko Modern Fastpay yang bisa melayani penjualan tiket kereta api dan tiket pesawat serta layanan lain yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/