Untung dan Rugi Bisnis Franchise Minimarket

Sebarkan artikel ini

Saat ini, franchise memang menjadi salah satu ide bisnis yang banyak muncul di kalangan masyarakat. Umumnya, bisnis ini bergerak di bidang makanan ringan yang sedang trends. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang franchise minimarket? Ya, seperti bisnis franchise pada umumnya, namun bisnis ini bergerak di bidang yang lebih besar dan lebih luas.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bisnis minimarket yang digerakkan dengan cara franchise. Bagi sebagian orang, ide bisnis ini masih cenderung awam. Namun bagi beberapa lainnya, mereka sudah familiar dengan ide ini.

Nah, penasaran dengan ide bisnis franchise minimarket? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa Itu Franchise Minimarket?

Hal pertama yang harus diketahui terkait franchise minimarket adalah pengertian dari bisnis tersebut. Secara umum, franchise adalah usaha yang menggunakan metode distribusi barang dan jasa. Secara lebih singkat, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha guna memasarkan suatu barang dan jasa sesuai dengan perjanjian yang sudah ditekan sebelumnya.

Dalam usaha franchise, maka terdapat franchisor atau mereka yang menjual dan meminjamkan hak dagang. Selain itu, ada franchisee yang membayar royalti kepada pihak penyedia merek dagang tadi sebagai bagian dari kerja sama.

Nah, franchise minimarket bukan merupakan hal baru dalam dunia bisnis. Keinginan untuk membesarkan brand membuat pemilik minimarket membuka jalur franchise dalam pemasarannya. Minimarket nantinya akan menyediakan beragam produk sebagai kebutuhan harian masyarakat yang pastinya cukup lengkap.

Keuntungan Membangun Franchise Minimarket

Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh untuk menjalankan ide bisnis yang satu ini. Bisa dikatakan jika franchise minimarket adalah ide bisnis yang bisa menjadi sumber pemasukan baru.

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh dari ide bisnis franchise minimarket ini adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Salah satu keuntungan dari franchise minimarket adalah manajemen bisnis yang cenderung sudah terbangun. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membangun ide bisnis ini, maka Anda tidak perlu repot untuk membangun sistem manajemen, apalagi jika minimarket tempa Anda bernaung sudah memiliki reputasi yang cukup bagus.

Artinya, secara singkat dari poin ini bisa dikatakan bahwa Anda tidak perlu membangun bisnis dari nol. Dengan penanganan yang sudah ada dan teruji, manajemen biasanya akan cenderung lebih stabil dan lebih kuat untuk menghadapi segala risiko buruk yang mengancam.

2. Manajemen Finansial Lebih Stabil

Dengan menggunakan sistem franchise, manajemen finansial akan sudah diatur oleh pihak pemilik franchise. Artinya, Anda sebagai mitra bisnis tidak akan dipusingkan oleh manajemen finansial yang memang cukup merepotkan.

Tidak hanya itu, dari segi investasi pun manajemen finansial yang cenderung stabil akan lebih menguntungkan. Ya, investor akan cenderung lebih percaya dengan bisnis dengan manajemen finansial yang bagus. Oleh karenanya, urusan mencari investor bisa lebih mudah dengan ide bisnis ini.

3. Promosi Lebih Mudah

Keuntungan mengambil ide franchise minimarket untuk bisnis adalah Anda akan memiliki brand yang bisa dikatakan sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Aspek popularitas inilah yang menjadi salah satu daya tarik bisnis franchise. Dengan brand yang cenderung lebih dikenal oleh masyarakat artinya pangsa pasar yang sudah terbentuk bisa dikatakan cukup besar.

Selain itu, brand yang sudah memiliki nama dan cenderung terkenal tadi akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi. Tentu saja, Anda tidak perlu membangun fondasi promosi dari nol sebagaimana jika Anda membangun bisnis sendiri.

Kerugian Bisnis Franchise Minimarket

Selain beberapa kelebihan yang ada, tentu ada beberapa kekurangan atau kerugian dari menjalankan bisnis franchise minimarket ini yang harus diketahui dengan baik. Ya, hal semacam ini harus diperhatikan dengan saksama sebagai risiko dan juga tantangan yang harus dihadapi ketika memutuskan untuk memulai bisnis ini.

Adapun beberapa kerugian yang mungkin muncul dari ide bisnis ini adalah sebagai berikut:

  • Profit yang Dibagi

    Hal pertama yang harus dipahami dari bisnis franchise minimarket ini adalah adanya profit yang dibagi. Bisa dikatakan bahwa ini pokok utama yang harus digarisbawahi terlebih dahulu untuk menandai perjalanan bisnis minimarket Anda nantinya.

    Nah, cukup banyak orang mengira bahwa bisnis franchise ini –terutama untuk minimarket, memiliki keuntungan yang besar karena brand yang sudah terkenal. Namun, di balik hal tersebut ada kenyataan bahwa pembeli franchise harus membayar royalti dari profit yang didapatkan.

  • Terikat Pada Supplier

    Ketika hendak menjalankan bisnis franchise minimarket ada satu hal yang juga cukup penting untuk diperhatikan yaitu keterikatan pada supplier. Keterikatan ini sebenarnya menguntungkan untuk ketersediaan barang. Namun, Anda akan menjadi kurang bebas berkreasi dengan barang yang akan Anda jual karena akan disiapkan oleh supplier.

Nah, demikian beberapa hal terkait untung dan rugi dari bisnis franchise minimarket. Dengan pengetahuan mendalam tentang kedua hal tersebut, tentu membuka bisnis ini bisa dilakukan dengan lebih cermat dan lebih matang.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Untung dan Rugi Bisnis Franchise Minimarket

Tim SBF