Transaksi Uang Elektronik di Indonesia Mencapai 190 T 2020

  • Ada 37 penerbit uang elektronik di Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia
  • SpeedCash adalah uang elektronik terdaftar di Bank Indonesia milik PT Bimasakti Multi Sinergi
  • Pembayaran non tunai meminimalisir penggunaan uang kartal dan mengurangi penyebaran virus Covid-19

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi ekonomi dan keuangan digital terus tumbuh sejalan dengan penggunaan platform e-commerce dan instrumen digital di masa pandemi sejak kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

GNNT ini merupakan salah satu gerakan penggunaan alat pembayaran non tunai yang dirancang oleh bank Indonesia pada 14 Agustus 2014. Pembayaran non tunai meliputi penggunaan internet banking atau mobile banking dan uang elektronik atau e-money.

Tujuan adanya gerakan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, lembaga pemerintah serta pelaku bisnis untuk meminimalisasi pengguaan uang kartal beralih secara elektronik. Selain itu, dengan melakukan sistem GNNT kini Anda tidak perlu repot bertransaksi menggunakan banyak uang dan menunggu kembalian.

Uang elektronik menjadi alat pembayaran yang banyak digunakan saat ini karena kemudahan dan jenisnya. Pemerintah melalui Bank Indonesia gencar mengampanyekan penggunaan e-money atau uang digital.

E-money meminimalisasi peredaran uang palsu

Ada 37 penerbit e-money di Indonesia yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran secara non tunai, salah satunya adalah SpeedCash milik PT Bimasakti Multi Sinergi.

Keberadaan uang elektronik di Indonesia disambut antusias oleh masyarakat karena mempermudah aktivitas jual beli. E-money bisa untuk apa aja? Tidak hanya untuk transaksi secara online saja, namun e-money sudah bisa dipakai untuk pembayaran e-commerce, bayar tol, MRT, Trans Jakarta atau KRL, parkir, hingga berbelanja di supermarket dan warung-warung kecil sekalipun.

Selain kampanye penggunaan uang elektronik, Bank Indonesia mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai untuk menggunakan QR Code, terhitung 1 Januari 2020 bagi para penerbit uang elektronik yang telah mendapatkan ijin atau lisensi.

PT Bimasakti Multi Sinergi yang telah mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Kegiatan Pemrosesan Transaksi Menggunakan QRIS No. 22/210/DKSP/Srt/B Bank Indonesia tanggal 17 Maret 2020, dapat menerima dan melakukan pembayaran menggunakan QRIS melalui SpeedCash. Jadi SpeedCash dapat digunakan sebagai alat pembayaran non tunai menggunakan QRIS.

QRIS dapat menerima pembayaran dari berbagai uang elektronik sehingga memudahkan masyarakat terhadap pilihan penggunaan penerbit e-money.

Selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat masyarakat Indonesia beralih ke uang elektronik untuk transaksi merchant atau pembelian, beberapa e-money yang digunakan seperti Gopay, OVO, DANA, SpeedCash, LinkAja, Shopeepay, etoll, dll secara langsung atau menggunakan QRIS.

Tercatat transaksi uang elektronik di Indonesia 2020 mencapai Rp190,3 triliun atau rata-rata Rp15,86 triliun per bulan. Masyarakat mulai gencar bertransaksi menggunakan alat pembayaran digital. Tren digitalisasi akan terus berkembang pesat didukung dengan perluasan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang semakin inklusif.

Meningkatnya transaksi non tunai juga didukung oleh top up saldo uang elektronik juga semakin mudah untuk keperluan pembayaran, khususnya bagi orang yang tidak memiliki rekening bank dapat melakukan top up saldo berbagai e-money melalui lebih dari 300.000 Loket Toko Modern Fastpay yang tersebar di seluruh Indonesia.

Loket Toko Modern Fastpay melayani top up saldo Gopay, SpeedCash, OVO, DANA, LinkAja, Shopeepay, etoll Mandiri, emoney Mandiri, BRI BRIZZI dan BNI TapCash dengan mudah dan cepat sesuai kebutuhan pembayaran digital kamu.

Loket Toko Modern Fastpay juga bisa menerima pembayaran QRIS menggunakan berbagai penerbit e-money karena seluruh Loket Fastpay telah mendapatkan kode QRIS resmi.

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/