Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Berbayar, Segini Tarifnya

Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang telah beroperasi dengan tarif gratis selama 2 minggu yaitu sejak 23 Agustus sampai 8 September 2021. Tarif tol Kelapa Gading-Pulo Gebang berbayar per 9 September.

Jalan Tol Gading-Pulo Gebang ini merupakan bagian dan melengkapi Jalan Tol metropolitan Jabodetabek serta bagian juga dari Tol Lingkar Dalam Jakarta dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR No. 1048/KPTS/M/2021 tanggal 23 Agustus 2021, mulai 9 September 2021 tol Kelapa Gading-Pulo Gebang berbayar.

Tarif Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang

Golongan I Rp19.000,00
Golongan II Rp28.000,00
Golongan III Rp28.000,00
Golongan IV Rp37.500,00
Golongan V Rp37.500,00

Pengguna kendaraan Golongan I (mobil penumpang) akan membayar Rp 19.000 untuk Jalan Tol Kelapa Gading ke Bekasi Raya. pengguna jalan tol yang mengarah ke Gerbang Tol Cakung dan melewati Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta/Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan kembali dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 16.000.

Kendaraan Golongan I harus membayar sebesar Rp 19.000 ditambah dengan Rp 16.000 sehingga total tarif yang harus dibayarkan untuk sekali perjalanan adalah sebesar Rp 35.000.

Dengan beroperasinya Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan alternatif kepada pengguna jalan tol.

Baik dari arah Kelapa Gading yang menuju Pulo Gebang, Cilincing, Cikunir, Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed melalui Jalan Tol JORR, dan sebaliknya.

Ruas Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang diharapkan mampu memangkas perjalanan dari Jakarta Utara ke Jakarta Timur hingga 30 menit. Batas akhir Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang berada di wilayah Jalan Boulevard Barat pada terminus Km 22

Selain itu dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Jakarta, terutama Kelapa Gading sampai dengan Pulo Gebang, serta mampu meningkatkan kecepatan distribusi logistik dan daya saing komoditas dengan menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga akan semakin memperkuat daya saing. Utamanya mobilitas orang dan barang akan semakin baik antar kota di DKI Jakarta dan sekitarnya

Sebelum memasuki jalan tol, pastikan saldo e-toll kamu cukup agar tidak menimbulkan masalah ketika akan membayar di gate.

Isi saldo e-toll lebih mudah di Agen Fastpay disekitar kamu. Kamu bisa isi saldo e-toll Mandiri e-mOney, e-toll Mandiri, BRI BRIZZI atau BNI TapCash. Jangan lupa update saldo e-toll kamu setelah isi saldo.

Baca juga: Cara Update Saldo Kartu Tol Mandiri, BRI BRIZZI, BNI TapCash di Fastpay

Tips Melintas di Tol

Hilangkan mindset kalau jalan tol sepi itu bebas ngebut. Pintu tol bukan garis start, jadi setelah melewati pintu tol, pengemudi sudah harus mulai berpikir waras dan waspada. Salah berperilaku atau melanggar lalu lintas, kecelakaan mengintai.

Pengemudi mobil harus selalu menjaga kecepatan sesuai aturan. Pengemudi wajib untuk menjaga emosi agar tidak terpancing memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Biasanya jalan tol yang lurus dan sepi memancing pengemudi untuk menekan pedal gas.

Selalu berpikir jauh ke depan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan untuk bisa diantisipasi. Jaga stamina selama berkendara di jalan tol. Jalan tol identik dengan jalan yang panjang, pastikan istirahat sebelumnya atau rutin beristirahat. Berhenti sejenak di rest area yang disediakan untuk melepas penat, meregangkan otot karena banyak duduk serta relaks sejenak.

Selalu patuhi rambu-rambu disepanjang jalan tol.

Ruas tol Kelapa Gading-Bekasi

Tips Memasuki Jalan Tol

Kurang saldo e-toll saat transaksi juga akan menghambat pengguna jalan lainnya. Antrean di gate bisa panjang, belum lagi bunyi klakson pengguna dibelakang kamu yang marah karena antren di gate. Berikut tips buat kamu sebelum memasuki jalan tol.

  1. Pastikan saldo e-toll kamu cukup sebelum memasuki jalan tol. Cek saldo melalui fitur di smartphone kamu menggunakan NFC.
  2. Jika merasa saldo e-toll tidak cukup, segera lakukan top up saldo e-toll terlebih dahulu. Bisa di Agen Fastpay terdekat, minimarket atau melalui ATM/internet banking. Dan jangan memaksakan untuk memasuki tol bila saldo e-toll tipis.
  3. Lakukan pengecekan saldo e-toll tiap kali setelah bertransaksi di gerbang tol.
  4. Kamu juga bisa lakukan top up saldo e-toll di rest area yang disediakan bila saldo e-toll kamu menipis.
  5. Jika saldo e-toll tidak cukup saat bertransaksi, tekan tombol bantuan yang tersedia pada setiap gardu tol.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay Terlengkap

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/