Tips Wajib Tahu Bila Token Listrik Gagal Masuk di Meteran

Sebarkan artikel ini

Listrik prabayar dikenalkan oleh PLN sejak 2009 dimana konsumen membeli atau membayar biaya listrik dulu, baru mereka bisa memakai listrik. Namun ada kalanya kasus gagal masuk meteran sering terjadi. Ini yang bisa kamu lakukan.

Ketika membeli listrik pra bayar akan diberikan 16 digit angka yang dinamakan token listrik untuk dimasukkan ke dalam meteran listrik digital khusus prabayar alias listrik pintar. Menggunakan listrik prabayar dapat menghemat pemakaian listrik sehari-hari karena bisa dikontrol penggunaannya.

Bila kamu membeli token listrik namun gagal ketika dimasukkan kedalam meteran listrik, lakukan langkah-langkah berikut untuk pengecekan pada meteran:

  • Tekan tombol 54 diakhiri dengan menekan tombol ENTER, kemudian cocokan nomor token yang tampil di layar LCD meter dengan nomor token pada struk pembelian.
  • Tekan tombol 59 diakhiri dengan menekan tombol ENTER, kemudian cocokan kWh yang tampil di layar LCD meter dengan kWh pada struk pembelian.
  • Apabila nomor token dan kWh yang tampil di layar LCD meter sudah cocok dengan yang tercetak pada struk pembelian berarti nomor token tersebut telah berhasil di-inputkan kedalam meter dan apabila masih belum jelas silahkan menghubungi PLN Unit terdekat untuk melakukan pengecekan dan penjelasan langsung dari petugas PLN.
  • Apabila nomor token dan kWh yang tampil di layar LCD meter tidak cocok dengan yang tercetak pada struk pembelian berarti nomor token tersebut belum berhasil di-inputkan kedalam meter, silahkan di-inputkan ulang nomor token tersebut dengan benar dan diakhiri dengan menekan tombol ENTER.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan BENAR pada layar LCD meter, jika yang muncul pesan GAGAL silahkan diproses kompensasi kwh Sisa, melalui proses ganti meter dengan meter yang sama.

Namun adakalanya ketika gagal input token listrik masih terjadi, maka kamu harus melakukan penggantian meter listrik baru.

Untuk proses pengantian kWh karena gagal entry ke kWh meter, silahkan diproses dengan pengaduan ganti meter ke PLN Unit terdekat (dengan meter yang sama). Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi PLN terdekat atau PLN Online 24 jam di no telepon bebas pulsa 123 atau (kode area) 123.

Nah sudah tahu kan informasi bila token listrik gagal dimasukkan. Untuk pembelian token listrik dapat melalui outlet Toko Modern Fastpay terdekat atau melalui aplikasi Fastpay yang dapat di download dari Play Store.

Peluang bisnis agen token listrik dan pembayaran tagihan PLN
Bersama Fastpay kamu dapat menjalankan bisnis atau usaha untuk menjadi agen token listrik atau melayani pembayaran tagihan listrik pascabayar dengan keuntungan melimpah. Pangsa pasar kamu adalah tetangga atau lingkungan sekitar.

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan dari jasa pembayaran. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/