Ini Diaa! Tips Meramaikan Toko Kelontong ala FASTPAY

Halo juragan Fastpay! Bagaimana harimu saat ini, kami dari Sentra Bisnis Fastpay mendoakan kebahagiaan, kesehatan dan kelancaran bisnis Anda.

Bagi sebagian orang, menjalankan bisnis toko kelontong adalah jenis usaha yang dari dulu hingga sekarang masih diminati oleh masyarakat. Tak jarang dari mereka sudah menjalankan bisnis selama puluhan tahun. Membuka toko leontong memang gampang-gampang susah. Apalagi kemajuan era millennial kini mulai menggerus bisnis tradisional dan memilih jauh-jauh ke minimarket atau melakukan pembelanjaan lewat e-commers.

Padahal jika diperhatikan, membuka toko kelontong jauh lebih menguntungkan dibandingkan marketplace yang banyak menjamur saat ini. Pasalnya, toko kelontong umumnya menjual hampir semua kebutuhan pokok masayrakat dengan harga jual yang sangat bersaing dari harga pasaran, bahkan jauh lebih murah. Ditambah lagi letak toko kelontong yang flesibel bisa dilakukan dirumah sehingga berada dalam pemukiman warga setempat. Inilah salah satu alasan mengapa toko kelontong dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Oleh karena itu agar jumlah peminat pembeli tidak menurun, para pengelola bisnis ini harus bisa berfikir inovatif dan kreatif supaya dapat mempertahankan efektibilitasnya mendapatkan omzet.

Berikut beberapa tips promosi yang harus diperhatikan agar dapat meramaikan toko kelontong Anda hingga beberapa tahun nanti !

1. Utamakan kualitas dan harga produk

Hal pertama yang wajib untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa produk yang kita jual berkualitas baik, jauh dari tanggal expired, kondisi kemasan produk tidak rusak, dan pastikan dari supplier terpecaya. Anda harus jeli memilih supplier agar mendapatkan harga kulakan relative lebih murah sehingga bisa mengambil keuntungan yang lebih besar. Yang kedua pastikan supplier mudah dan cepat untuk di order, pasti tidak mau kan harus menunggu lama mengisi stok toko kelontong Anda?

2. Ikuti perkembangan tren pasar

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah terus melihat perkembangan tren pasar. Disetiap tahun pasti memiliki era tren tersendiri. Perkembangan teknologi memiliki peran dalam percepatan ekonomi dan gaya beli masyarakat. Saat ini kita telah memasuki era digital dimana semua orang dituntun untuk melakukan jual beli dan transaksi mobile. Untuk pembinsis cerdas, metode ini akan diikuti supaya menjaga pelanggan tetap setia berbelanja di toko kelontong atau bahkan seharusnya era digital mampu menikatkan pendapatan Anda. Tentunya industry platform tidak diam saja, kini telah beredar inovasi digital yang diperuntukkan kepada pengelola bisnis rumahan agar dapat bertransaksi via mobile.

3. Lakukakan pelayanan maksimal

Yang ketiga adalah lakukan pelayanan konsumen semaksimal mungkin. Pelayanan tidak cuma bagaimana menyambut ramah konsumen tetapi juga pelayanan terhadap kelengkapan produk yang anda tawarkan. Walaupun usaha ini terbilang kecil, namun bukan berarti hanya bisa menjual sembako, toko alat tulis, agen pulsa dan lainnya, Anda bisa menambahkan beberapa jenis layanan dengan menjadi loket pembayaran PLN, PDAM, BPJS, TV Berlangganan, Internet, Kredit dsb yang merupakan jenis pembayaran bulanan warga setempat. Kini sudah marak toko kelontong menggunakan layanan tambahan dengan bekerjasama sebagai mitra. Dan hasilnya penghasilan omzet bertambah, dan banyak keuntungan mitra mendapatkan promo serta komisi tambahan tiap bulannya.

4. Beri spanduk promosi untuk menarik konsumen

Memberikan spanduk akan membantu mengkomunikasikan keberadaan serta produk dagang toko kelontong. Menggunakan spanduk adalah satu cara media promosi yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Anda bisa menambahkan beberapa layanan tambahan di spanduk agar warga setempat paham apa saja kelebihan toko kelontong saat ini. Desain spandukpun tidak perlu bertele-tele, cukup terterakan nama toko dan informasi layanan agar masyarakat mudah mengingat toko kenlontong Anda.

5. Aktif melakukan promosi media sosial

Selanjutnya adalah lakukan promosi melalui media sosial. Melakukan promosi melalui media sosial adalah cara primadona bagi para pembisnis baru maupun profesional. Semua kalangan kelas sosial menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi, informasi, hingga jual beli. Anda tidak boleh takut ataupun malu mempromosikan dagangan melalui media ini. Dengan melakukan promosi di media sosial, Anda dengan mudahnya menyebarkan informasi terkait bisnis ini. Fotolah beberapa produk & layanan dengan cerita-cerita yang menarik saat berdagang lalu sebarkan lewat facebook maupun Instragram. Mudah dan cepat bukan?

Itulah beberapa hal dari sejuta cara yang dilakukan untuk meramaikan toko kelontong. Sekecil apapun usaha pasti memberikan efek untuk kelangsungan bisnis, jadi teruslah berdoa dan giat mencari informasi-infromasi yang dapat memabtu bisnis Anda jadi lebih baik.

Untuk meningkatkan layanan toko kelontong, Anda bisa bergabung menjadi bagian FASTPAY. Menjadi mitra Fastpay memberikan banyak keuntungan dan kemudahan seperti memberikan ruang usaha baru, layanan pembayaran, menjadi loket resmi, dan ada pastinya promo & komisi menarik setiap kali Anda melakukan transaksi. Pastikan keuntungan hingga jutaan rupiah menjadi milik Anda!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

Tim SBF