Tips Mendapatkan Modal Usaha Minimarket Rumahan

Sebarkan artikel ini

Ketika Anda ingin membuka usaha minimarket rumahan, modal menjadi hal yang sangat penting untuk disiapkan pertama kali. Ya, hal ini sangat mendasar karena modal usaha minimarket rumahan akan mempengaruhi bagaimana nantinya usaha ini akan berjalan. Dengan modal yang mencukupi, tentu saja Anda akan cenderung lebih mudah mengatur bisnis Anda.

Sayangnya, modal sering menjadi masalah karena mendapatkan modal tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentu, jika Anda sudah memiliki uang yang melimpah dan ‘tidak terpakai’, maka modal tidak akan menjadi masalah. Namun, jika kondisi keuangan Anda terbatas, maka Anda harus bijak untuk mencari modal.

Nah, terkait modal usaha minimarket rumahan, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya. Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal yang bisa dijadikan solusi untuk mencari modal tersebut. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Tips Mendapatkan Modal Usaha Minimarket Rumahan

Seiring fungsi modal yang sangat penting dalam usaha minimarket rumahan, tentu saja Anda harus mempersiapkannya dengan baik dan bijak. Nah, dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tersebut. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Finansial Pribadi

Tentu, menggunakan uang pribadi adalah hal yang sangat realistis untuk memulai sebuah usaha, termasuk usaha minimarket rumahan. Ya, modal dengan uang sendiri cenderung aman karena Anda termasuk leluasa untuk mengatur bagaimana perputaran modal tersebut. Tentu, terkait perputaran ini, Anda akan cenderung lebih bebas dan tidak ada target kecuali yang Anda buat sendiri.

Selain itu, ide modal ini juga sangat menguntungkan karena tidak ada kewajiban pengembalian dalam waktu tertentu. Hanya saja, memang Anda harus bijak dalam menggunakan finansial pribadi untuk modal. Jangan sampai kebutuhan pribadi Anda kacau gara-gara uang yang terlalu banyak digunakan untuk modal usaha minimarket rumahan tersebut.

  • Meminta Bantuan Keluarga

Jika keuangan pribadi dirasa belum mencukupi, maka meminta bantuan keluarga adalah hal yang bisa dijadikan solusi untuk mencari modal usaha minimarket rumahan. Cara ini cenderung efektif karena memanfaatkan pendekatan keluarga dalam urusan bisnis. Tentu, keluarga akan cenderung lebih mudah memberikan bantuan dibandingkan dengan orang lain.

Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi beberapa anggota keluarga Anda yang sekiranya memiliki potensi untuk membantu Anda memberikan modal untuk usaha minimarket rumahan. Selain kedekatan yang menguntungkan, keuntungan lain meminta bantuan keluarga untuk modal usaha adalah tidak adanya riba di dalamnya.

Ya, meminjam dana ke keluarga atau saudara terdekat tentu saja berbeda dengan meminjam di bank. Selain tidak ada syarat khusus, tidak ada pula tambahan cicilan atau bunga di dalamnya. Namun, tentu, untuk memberikan keyakinan pada mereka agar mau memberikan tambahan modal, Anda tetap harus menjelaskan konsep bisnis yang ingin Anda buat.

  • Menjual Aset yang Dimiliki

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan modal usaha minimarket rumahan adalah dengan menjual aset. Ini adalah cara yang bisa dikatakan cukup simple dan tentu saja efektif untuk dilakukan. Ya, dengan menjual aset maka Anda akan langsung mendapatkan dana yang bisa dijadikan modal usaha.

Dalam hal ini, cobalah cek beberapa aset yang ada di rumah. Jangan-jangan, Anda memiliki beberapa aset yang sebenarnya berharga dan bisa dijadikan tambahan modal namun tidak terpakai. Jika demikian, Anda bisa langsung memilih, memilah dan menjualnya.

Selain itu, menjual aset juga memberikan keuntungan lainnya. Misalnya saja, Anda akan menggunakan salah satu ruang untuk usaha minimarket rumahan. Nah, dengan menjual aset, maka Anda akan mendapatkan space yang cenderung kosong untuk dimanfaatkan menjadi minimarket rumahan yang tepat.

  • Melalui Joint Venture

Pernahkah Anda mendengar tentang joint venture? Ya, bisa dikatakan bahwa joint venture adalah salah satu hal yang wajar dan bisa dijadikan solusi mengatasi keterbatasan modal dalam membuat usaha, termasuk minimarket rumahan. Dalam hal ini, jika Anda memiliki keterbatasan modal, maka cobalah untuk mendapatkannya melalui joint venture.

Secara umum, joint venture diartikan sebagai patungan modal. Anda bisa mengajak beberapa pihak untuk menanamkan modal pada usaha minimarket rumahan yang akan Anda buat. Tentu, Anda bisa menawari kerabat, saudara atau pihak lainnya untuk joint venture tersebut.

Joint venture tentu saja berbeda dengan meminta bantuan modal usaha minimarket rumahan pada keluarga. Dengan cara ini, maka ada skema bagi hasil yang nantinya akan diterapkan. Saat ini, usaha minimarket memang banyak yang dibangun dengan joint venture.

Cara ini memang cukup menguntungkan. Hanya saja Anda harus mempersiapkan detail perjanjian dengan tepat agar semua pihak bisa mengetahui seluk beluk modal dengan jelas.

Beberapa poin di atas bisa diandalkan untuk membantu Anda mendapatkan modal usaha minimarket rumahan yang Anda inginkan. Tentu, terkait modal, selain harus berusaha keras mendapatkannya, Anda juga harus memiliki perhitungan yang cermat agar modal tersebut bisa digunakan dengan efisien.


jangan lupa follow media sosial untuk mendapatkan tips lainnya di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Tips Mendapatkan Modal Usaha Minimarket Rumahan

Tim SBF