Tiket Kapal PELNI Kembali Dibuka di Agen Fastpay, Ini Syarat Naik Kapal PELNI

Mau bepergian pakai kapal PELNI? Tiket kapal PELNI kini bisa dibeli kembali di Agen Fastpay. Ikuti syarat naik kapal PELNI yang berlaku di wilayah PPKM.

PELNI sebagai operator transportasi laut milik negara, hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di pulau-pulau dengan pelabuhan laut utama, dapat menggunakan armada PELNI sebagai alternatif transportasi selain pesawat udara.

Tiket kapal PELNI kini bisa dibeli kembali di Agen Fastpay, setelah sebelumnya hanya diberlakukan di kantor cabang PELNI karena pembatasan dan masa PPKM.

Syarat Baru Beli Tiket PELNI Menggunakan NIK

Skrining awal calon penumpang dimulai sejak pembelian tiket kapal PELNI di Agen Fastpay dan channel-channel tiket PELNI lainnya.

Persyaratan terbaru dari PELNI, bagi penumpang wajib menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk WNI atau nomor paspor untuk WNA pada saat pembelian tiket.

“Pembelian tiket PELNI di Fastpay telah terintegrasi dengan PeduliLindungi menggunakan NIK”

Jika NIK/nomor paspor calon penumpang teridentifikasi telah menerima vaksinasi pada aplikasi PeduliLindungi, maka Agen Fastpay dan channel pembelian lain akan memproses tiket pelanggan.

Layanan Fastpay untuk pembelian tiket kapal PELNI telah mendukung identifikasi NIK bagi calon penumpang. Informasikan NIK kepada Agen Fastpay tempat kamu membeli tiket.

Lalu, bagaimanakah bagi penumpang yang belum vaksin karena alasan medis atau NIK nya tidak terdaftar di PeduliLindungi?

Ada dua kondisi yang bila dialami oleh penumpang:

  1. Bila calon penumpang belum melakukan vaksin dikarenakan alasan medis, wajib menyertakan surat keterangan yang menyatakan calon penumpang tidak bisa divaksin dari dokter rumah sakit.
  2. Bila calon penumpang belum terdaftar di PeduliLindungi

Bila mengalami dua kondisi di atas, calon penumpang bisa melakukan booking melalui loket PELNI dengan membawa surat pengantar/surat keterangan yang divalidasi oleh KKP setempat.

Syarat beli tiket PELNI

Syarat Perjalanan Penumpang Kapal PELNI Selama Masa PPKM

  1. Pada waktu pembelian tiket, calon penumpang wajib menginfokan NIK untuk pengecekan terdaftar di PeduliLindungi di channel pembelian tiket. Minimal telah vaksin pertama.

    Bila calon penumpang NIK nya tidak terdaftar atau tidak divaksin karena kondisi medis, wajib menyertakan surat keterangan yang menyatakan calon penumpang tidak bisa divaksin dari dokter rumah sakit. Booking tiket PELNI hanya bisa dilakukan di loket PELNI resmi dengan membawa surat pengantar/surat keterangan yang divalidasi oleh KKP setempat.
  2. Penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR test yang pengambilan sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif rapid test antigen yang pengambilan sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam atau di pelabuhan sebelum keberangkatan.
  3. Penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah yang menerapkan PPKM dengan level yang berbeda, maka wajib memenuhi ketentuan persyaratan perjalanan pada wilayah yang menerapkan PPKM Level tertinggi.
  4. Penggunaan dokumen persyaratan perjalanan sebagaimana dimaksud pada poin 1 dan poin 2, tidak berlaku bagi penumpang kapal laut yang akan melakukan perjalanan di wilayah perintis, daerah 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Perbatasan), dan pelayaran terbatas, dan dilaksanakan berdasarkan kebijakan sesuai kondisi daerah masing-masing.
  5. Penumpang kapal laut usia di bawah 12 tahun untuk saat ini tidak diperkenankan berangkat.
  6. Penumpang yang menunjukkan gejala indikasi Covid-19 walaupun berdasarkan surat keterangan RT-PCR test atau rapid test antigen menunjukkan hasil negatif, maka penumpang tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan diwajibkan untuk melakukan tes diagnostik RT-PCR serta isolasi mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan.
  7. Penumpang dengan kepentingan khusus medis yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter spesialis dapat melakukan perjalanan dengan menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR test yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan.
  8. Penumpang kapal laut wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan.

Bagi penumpang yang hendak bepergian menggunakan kapal PELNI, pastikan persyaratan di atas terpenuhi. Pembelian tiket kapal PELNI bisa melalui Agen Fastpay dengan memberikan info NIK sebagai syarat pembelian tiket sebagaimana syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Seluruh kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan akan diverifikasi oleh KKP di pelabuhan keberangkatan. Setelah dokumen dinyatakan valid oleh KKP, calon penumpang dapat melakukan cetak boarding pass melalui vending machine.

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan tiket perjalanan bisa dibeli di Agen Fastpay, mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI.

Semua kebutuhan tiket perjalanan bisa dilakukan di Loket Fastpay, sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPOB dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/