Tak Punya Kampung Halaman? Inilah 7 Cara Liburan Murah Selama Lebaran

Sebarkan artikel ini

Libur lebaran tahun ini terbilang cukup panjang jika dibandingkn dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu selama sepuluh hari. Bagi Anda yang tidak punya kampung halaman, tentu mudik bukan menjadi bagian dari tradisi selama lebaran. Tertarik untuk berlibur selama musim lebaran? Simak tujuh cara liburan murah ala Fastpay berikut ini.

Liburan saat weekdays

Sudah bukan rahasia lagi jika momentum lebaran menjadi masa high season di mana seluruh harga penjualan tiket dan penginapan jadi lebih mahal. Namun, hal tersebut bisa Anda siasati dengan memilih waktu liburan yang tepat. Alih-alih berlibur di akhir pekan lebaran, Anda bisa memilih untuk berlibur pada saat weekdays atau menggunakan pilihan hari Senin-Kamis. Biasanya, di hari-hari tersebut harga yang ditawarkan cenderung lebih murah.

Menginap di rumah teman

Cara liburan murah selanjutnya adalah dengan menginap di rumah teman atau kerabat yang ada di kota tujuan Anda berlibur. Dengan begitu, Anda tak perlu menyediakan bujet lebih untuk menginap di hotel atau penginapan jenis lainnya. Namun, karena ini musim lebaran, ada baiknya jika Anda terlebih dulu menanyakan ketersediaan ruangan di rumah teman tersebut.

Paket liburan rombongan lebih murah

Tips liburan menyenangkan bersama rombongan tentu dengan memanfaatkan paket liburan yang disediakan oleh beberapa travel agent. Umumnya, jika Anda membeli paket untuk lebih banyak peserta, maka harga yang diberikan pun jauh lebih murah sekali pun di musim lebaran. Pastikan Anda sudah menentukan ke mana tujuan liburan irit kali ini. Tak ada salahnya untuk mencari referensi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi beramai-ramai.

Gunakan strategi cari tiket murah

Liburan Anda akan semakin irit dengan menggunakan strategi cari tiket murah. Baik itu tiket kereta api atau pesawat, Anda bisa memesannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik. Terlebih ketika musim lebaran ada banyak pemburu tiket murah, sehingga Anda harus sudah memantau harga tiket jauh sebelum waktu keberangkatan. Berburu tiket di malam hari biasanya memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi.

Ikut komunitas traveling

Saat ini ada berbagai macam bentuk komunitas yang bisa Anda jumpai, termasuk komunitas traveling. Nah, Anda bisa mengikuti kegiatan yang ditawarkan komunitas tersebut sebagai alternatif cara liburan murah yang menarik. Biasanya, masing-masing komunitas akan mengadakan open trip dengan harga yang terjangkau untuk para anggota. Jelas lebih irit, bukan?

Kunjungi tempat wisata baru launching

Wisata di Indonesia akhir-akhir ini tengah menjadi sorotan dunia. Ada banyak tempat wisata yang baru launching dan menawarkan promosi menarik untuk Anda yang tidak punya kampung halaman. Daripada bosan di rumah dan ke mal yang isinya itu-itu saja, cobalah untuk berkunjung ke tempat wisata baru tersebut. Biasanya ada harga tiket masuk yang lebih murah di awal pembukaan, tentu sayang untuk dilewatkan.

Cari kuliner lokal yang murah dan terkenal

Terakhir, cara liburan murah yang patut Anda coba selanjutnya adalah dengan menikmati ragam kuliner lokal yang terkenal karena kelezatan rasa sajian dan harga jual yang terjangkau. Biasanya Anda bisa menemukan tempat-tempat makan tersebut dari ulasan pengunjung yang pernah datang. Cari tahu lebih dulu di internet, jika memang mendapat banyak review positif, maka tidak ada salahnya Anda mencicipi kuliner lokal tersebut.

Jadi, siapa bilang liburan itu mahal? Beberapa cara liburan murah tadi wajib Anda coba. Jangan lupa, untuk lebih berhemat manfaatkan layanan pembelian tiket pesawat, kereta api, maupun kapal (PELNI) secara online di toko modern Fastpay yang sudah tersebar di berbagai kota Indonesia.

Tim SBF