Syarat Terbaru Terbang Naik Lion Air Group dan Maskapai Domestik

Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru terkait perjalanan menggunakan pesawat terbang. Berikut aturan baru perjalanan bagi penumpang pesawat Lion Air grup yang juga berlaku bagi seluruh maskapai domestik.

  • Aturan baru perjalanan ini untuk maskapai Lion Air, Wings Air dan Batik Air, serta maskapai domestik lainnya, yang berlaku per 1 April 2021.
  • Ketentuan tersebut mengacu pada aturan mengenai pandemi COVID-19.
  • Tes Covid-19 yang berlaku sebagai syarat dokumen perjalanan adalah negatif PCR/Swab, rapid antigen dan GeNose C19.

Pastikan dokumen test negatif Covid-19 terpenuhi sebelum berangkat, dan beli tiket pesawat bisa di Loket Toko Modern Fastpay terdekat atau melalui aplikasi Fastpay.

Saat pandemi seperti ini tentu saja berkendara menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang penting untuk diperhatikan berbagai keamanan dan syaratnya.

Berikut syarat wajib baru bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan menggunakan Lion Air, Wings Air dan Batik Air yang berlaku mulai 1 April hingga waktu yang belum ditentukan:

  1. Surat Edaran Nomor 26 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
  2. Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2021 Satuan Tugas Penanganan COVID-19 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Penerbangan tujuan Bali:
Berlaku pada 23 Maret 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut, sesuai Surat Edaran Gubernur Bali No. 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat Berbasis Desa/ Kelurahan dalam Tatanan Era Baru di Provinsi Bali.

Wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen paling lama 2×24 jam, atau Swab test RT/PCR yang berlaku paling lama 3×24 jam atau hasil negatif GeNose C-19 yang sampelnya diambil paling lama 1×24 jam di bandara. Termasuk juga mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik e-HAC.

Ketentuan Uji Kesehatan, guna mempermudah verifikasi pengelompokan berdasarkan usia:

  1. Kategori dewasa: tetap menunjukkan identitas resmi dan masih berlaku seperti KTP, Passport, SIM atau lainnya.
  2. Kategori anak-anak dan balita: bagi yang belum memiliki identitas resmi, wajib menunjukkan surat keterangan seperti akte kelahiran, surat lahir, kartu keluarga atau lainnya.

Layanan GeNose test di bandara
Layanan GeNose test telah tersedia di empat bandara, yaitu Yogyakarta International Airport, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang, dan Bandara Husein Sastranegara Bandung dengan harga Rp40.000,00

Untuk tempat GeNose test bagi penumpang pesawat bisa dilakukan dilokasi-lokasi berikut, yaitu:

  • Lobi Terminal 1, Juanda Surabaya (SUB) mulai pukul 11.00-19.00.
  • Sisi Timur Lantai Mezzanine Gedung Penghubung Yogyakarta International Airport (YIA) mulai pukul 04.00 -19.00.
  • Skybridge LRT, Lantai 3, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (PLM) mulai pukul 05.30-19.30.
  • Area selasar, keberangkatan Internasional, Husein Sastranegara Bandung (BDO) mulai pukul 06.00-17.00.

Khusus bagi penumpang yang hendak menggunakan layanan GeNose test ada ketentuan yang wajib diperhatian, sebagai berikut:

  1. Calon penumpang untuk tidak bertumpu dan mengandalkan layanan GeNose C-19 saja karena keterbatasan kapasitas pemeriksaan mesin GeNose C-19 setiap jamnya.
  2. Pemeriksaan GeNose C-19: mulai pendaftaran hingga menerima hasil sekitar 20-30 menit.
  3. Tiba di bandar udara 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan.

Adapun syarat dan prosedur sebelum melakukan pemeriksaan GeNose C-19 yang wajib diikuti:

  1. Calon penumpang telah memiliki tiket penerbangan.
  2. 2. Calin penumpang harus dalam kondisi sehat.
  3. 3. Calon penumpang dilarang merokok, makan, minum, (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan.
  4. Calon penumpang mendaftar dan membayar sesuai nomor urut di tempat yang sudah disediakan.
  5. Petugas memberikan kantong GeNose C-19 pada calon penumpang setelah proses pembayaran.

Dapatkan tiket pesawat Lion Air, Wings Air, Batik Air dan maskapai domestik lainnya di Loket Toko Modern Fastpay terdekat dengan mudah atau melalui aplikasi Fastpay.

Bisnis tiket mudah dan menguntungkan
Bisnis tiket kini mudah dijalankan oleh siapa saja dengan hasil yang menguntungkan. Bisnis tiket di Fastpay mudah dikelola dengan modal yang kecil. Kamu bisa menjual tiket pesawat, tiket kereta, tiket kapal PELNI dan tiket bus AKAP sesuai kebutuhan masyarakat.

Bisnis tiket di Toko Modern Fastpay tidak mahal dan tidak perlu ijin yang ribet. Hanya menggunakan smartphone bisa menjalankan bisnis tiket dimana saja kapan saja.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/