Strategi Bertahan Bisnis Supermarket Menghadapi Geliat Pasar Online

Sebarkan artikel ini

Tidak bisa dimungkiri bahwa saat ini perkembangan teknologi terutama internet berkembang dengan sangat pesat. Akibatnya, orientasi dari aktivitas masyarakat pun kini merujuk pada dunia digital, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan harian mereka. Di satu sisi perkembangan tersebut memudahkan masyarakat, namun di sisi yang lain mengancam kelangsungan bisnis supermarket.

Ya, supermarket yang menjadi pusat perbelanjaan dan sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat kini seolah terkikis dengan munculnya pasar online. Kemudahan yang ditawarkan oleh pasar online dan juga harga yang bersaing membuat masyarakat kini cenderung memilih pasar online sebagai media pemenuhan kebutuhan mereka.

Ini adalah fakta yang harus dihadapi oleh para pemilik bisnis supermarket. Tentu, para pemilik bisnis supermarket harus memiliki strategi yang tepat agar bisnis yang mereka jalankan bisa survive.

Beberapa Strategi Supermarket Menghadapi Pasar Online

Berbincang tentang fakta persaingan pasar online dan supermarket, ada beberapa strategi yang bisa dijalankan oleh pemilik supermarket untuk menghadapi gempuran perkembangan pasar online. Beberapa strategi yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mempertahankan Loyalitas dari Pelanggan

Bisa dikatakan bahwa salah satu kelebihan supermarket yang memiliki toko offline adalah adanya loyalitas dari para pelanggan. Terlebih, supermarket yang dikelola adalah supermarket yang suda ada sejak lama. Perlu diketahui bahwa pelanggan yang loyal ini akan dengan senang hati menerima perubahan yang terjadi pada supermarket.

Nah, mempertahankan pelanggan yang loyal adalah salah satu strategi yang sangat penting, terutama untuk menghadapi persaingan dengan pasar online yang semakin lama semakin ketat. Anda tentu bisa membuat kebijakan yang tepat dan menyenangkan bagi pelanggan yang sudah loyal tersebut seperti diskon atau lainnya.

2. Mengembangkan Pemasaran Online

Jika dilihat dari fakta yang ada, tampaknya sistem penjualan online ini akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Semakin lama, sistem yang ada akan cenderung semakin canggih. Oleh karena itu, ada kalanya jika Anda harus berpikir untuk mengikuti arus yang sudah ada. Ya, caranya adalah dengan mengembangkan pemasaran secara online.

Perlu diketahui bahwa penggunaan pasar online ini tidak lantas mengubah pola bisnis dari offline menjadi total online. Hal ini dikarenakan cukup banyak pelanggan yang menggunakan pasar online sebagai referensi awal untuk melihat detail harga sebelum nantinya mereka melakukan pembelian secara offline.

Nah, terkait pengembangan pemasaran online ini, maka Anda harus bijak dalam membuat strategi. Profesionalisme menjadi hal yang paling penting. Tentu, ketika Anda merupakan pemilik supermarket, maka identitas online yang dibangun harus lebih elegan dan mencerminkan bahwa Anda dan bisnis Anda adalah kalangan yang profesional.

3. Menerapkan Teknologi Terbaru Dalam Bisnis

Ketika Anda memiliki bisnis supermarket maka bukan berarti bahwa Anda menutup diri dari perkembangan informasi dan teknologi dan hanya berkutat pada pasar offline saja. Turut dan menggunakan teknologi yang berkembang adalah hal yang begitu penting. Dengan penyesuaian ini, bisnis Anda bisa bergerak sesuai alur dan bisa survive dengan lebih mudah.

Saat ini, ada cukup banyak teknologi yang bisa diterapkan dalam menjalankan bisnis retail atau supermarket yang Anda miliki. Beberapa teknologi seperti pengelolaan inventaris, pemasaran, kontrol pembelian dan lainnya sudah tersedia. Bahkan, ada software yang bisa dimanfaatkan secara gratis.

Nah, aplikasi teknologi terbaru dalam bisnis supermarket merupakan hal yang bisa dikatakan cukup penting. Dengan demikian, maka bisnis Anda akan cenderung lebih ringkas dan efisien untuk perkembangan yang lebih maju.

4. Meningkatkan Kinerja Para Staff

Hal lain yang menjadi strategi yang cukup penting untuk mempertahankan eksistensi bisnis supermarket adalah dengan meningkatkan kinerja para staf. Ya, kinerja para staf secara langsung akan cukup berpengaruh pada bisnis supermarket yang dijalankan –dan sebenarnya pada segala jenis bisnis. Oleh karenanya, pastikan jika seluruh staf memiliki kinerja yang bagus.

Pelatihan bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Dengan pelatihan tersebut, maka para staf akan memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang menjadi tugasnya dan bagaimana sikap yang tepat untuk menghadapi konsumen.

Selain itu, pelatihan juga diperlukan agar para staf memahami software atau teknologi baru yang digunakan dalam menjalankan bisnis.

5. Melakukan Inovasi

Inovasi adalah hal yang cukup penting dan juga krusial untuk dilakukan. Ya, dengan inovasi yang dilakukan, maka bisnis supermarket yang Anda miliki akan cenderung bisa berjalan dengan lebih lancar. Inovasi di sini juga bisa dilakukan dengan mengikuti trend yang sedang berkembang di pasaran.

Tentu, inovasi bukan berarti mengganti seluruh barang yang Anda sediakan, namun melakukan penyesuaian sepanjang yang diperlukan. Juga, tetap lakukan promosi secara masif ke kalangan masyarakat. Dengan promosi yang masif, eksistensi supermarket akan terjaga dan potensi mendapatkan pelanggan akan semakin besar.

Nah, beberapa poin di atas bisa dijadikan referensi alternatif untuk menjaga eksistensi bisnis supermarket di tengah perkembangan pasar online. Bagi pebisnis, tentu kondisi ini adalah tantangan zaman untuk mengetes kemampuan bisnis mereka.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Strategi Bertahan Bisnis Supermarket Menghadapi Geliat Pasar Online

Tim SBF