Sistem Tagihan Listrik di Indonesia dan Cara Mudah Bayarnya

Sebarkan artikel ini

Tagihan listrik menjadi salah satu hal yang tentu rutin dibayarkan oleh setiap rumah tangga. Hampir semua rumah tentu memiliki aliran listrik untuk kelancaran berbagai aktivitas mereka.

Listrik tentu penting bagi kehidupan masyarakat karena dapat membantu adanya akses penerangan dan menyalakan berbagai peralatan elektronik. Akses untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga tentu membuat Anda harus paham cara bayar tagihan listrik.

Namun, sudahkah Anda paham sistem pembayaran listrik di Indonesia?

Pahami Sistem Listrik Prabayar dan Pascabayar

week-2-artikel-3-picture-1 Sistem Tagihan Listrik di Indonesia dan Cara Mudah Bayarnya
Listrik Pascabayar dan Prabayar

Layanan pembayaran listrik di Indonesia terbagi menjadi dua macam yakni listrik prabayar dan listrik pascabayar. Keduanya tentu punya masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Semua tergantung pada pilihan Anda sebagai pemakai listrik setiap harinya.

Tentang Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah sistem pembayaran yang ditetapkan PT. PLN (Persero) dengan penghitungan pemakaian listrik selama satu bulan. Jadi pengguna listrik akan terlebih dahulu menggunakan listrik selama satu bulan baru kemudian melakukan pembayaran di berbagai loket pembayaran listrik.

Sistem pembayaran tagihan listrik secara pascabayar ternyata mendapatkan banyak keluhan dari penggunanya yakni masyarakat. Hal ini karena ada permasalahan seperti kesalahan untuk pencatatan meteran listrik yang dikonsumsi dan jumlah tagihan yang tidak menentu setiap bulannya.

Selain itu, dengan sistem listrik pascabayar pun terkadang ada masyarakat yang mengalami keterlambatan pembayaran sehingga harus diputus pemakaian listriknya. Bisa jadi keterlambatan itu karena tagihan listrik yang melonjak tidak seperti perkiraan awal.

Tentang Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah sistem pembayaran listrik yang dibuat agar pembeli atau pengguna listrik bisa membeli voucher listrik terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listrik. Tentunya pembelian voucher tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap pembeli.

Listrik prabayar pertama kali diterapkan sejak tahun 2010 sebagai salah satu solusi setelah munculnya banyak ketidakpuasan terhadap sistem listrik pascabayar. Dengan sistem listrik prabayar, semua akhirnya berfokus pada pola pemakaian listrik setiap rumah tangga.

Voucher listrik yang telah dibeli akan memberikan kuota listrik yang bisa digunakan pengguna listrik. Namun, lama waktu habisnya voucher tersebut juga kembali lagi pada setiap pengguna.

Baca juga : Macam-Macam Tagihan PLN, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Anda Memilihnya

Tips agar Bayar Tagihan Listrik Lebih Hemat

Karena tarif dasar listrik yang bisa saja naik kapanpun, pengguna listrik di setiap rumah tangga harus menerapkan asas hemat. Tujuannya adalah agar dana untuk memenuhi tagihan listrik rumah tangga tidak membengkak. Jadi Harus dikontrol pemakaian peralatan yang membutuhkan listrik setiap harinya.

Anda bisa menghemat listrik untuk menghemat tagihan pemakaian listrik dengan melakukan hal-hal berikut:

  1. Nyalakan lampu sesuai kebutuhan
  2. Matikan alat yang membutuhkan listrik jika tidak dipakai
  3. Manfaatkan peralatan listrik berdaya rendah (low watt)
  4. Jangan biarkan pengisi daya terus terhubung ke stop kontak
  5. Manfaatkan ventilasi udara dan tanaman hias untuk sirkulasi udara yang baik

Bayar Tagihan Listrik dengan Mudah dan Cepat di Loket Fastpay

week-2-artikel-3-picture-2 Sistem Tagihan Listrik di Indonesia dan Cara Mudah Bayarnya
Bayar Tagihan Listrik dengan Mudah di Fastpay

Tagihan listrik baik pascabayar maupun prabayar bisa Anda bayarkan di loket pembayaran digital Fastpay. Anda bisa temukan di sekitar rumah Anda jika sudah ada mitra Fastpay atau Anda bisa unduh aplikasinya di Google Play Store. Bayar di mitra Fastpay tentu terjamin keamanannya.

Mulai Bisnis Bayar Tagihan Online bersama Fastpay

Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis tetapi bingung mau bisnis apa? Tenang dan jangan panik karena Anda bisa mulai bisnis dengan modal minimal tapi dapat untuk maksimal.
Jawabannya adalah Anda bergabung jadi mitra Fastpay dan mulai bisnis beragam produk digital Payment Point Online Bank (PPOB). Dengan berbisnis PPOB, anda bisa mengakomodir pembayaran berbagai tagihan online masyarakat di sekitar rumah Anda.

Daftarkan diri Anda di sini dan dapatkan beragam keuntungan awal bergabung jadi mitra Fastpay. Bersama Fastpay, bangun bisnis UMKM Anda lebih digital dan lebih menguntungkan.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari