Macam-Macam Tagihan PLN, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Anda Memilihnya

Sebarkan artikel ini

Selain air dan udara, kini listrik juga seakan menjadi “komponen utama” sebuah kehidupan. Semakin majunya peradaban manusia saat ini, rasanya akan sangat mustahil untuk memisahkan listrik dari kehidupan sehari-hari. Contohnya saja sekarang ini hampir semua peralatan rumah tangga yang membutuhkan tenaga listrik.

Di Indonesia sendiri listrik dikelola oleh Pemerintah melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan didistribusikan kepada masyarakat Indonesia. Untuk tarif listriknya, PLN membagi menjadi beberapa jenis, antara lain: Golongan rumah tangga, golongan kantor, golongan industri, dan golongan bisnis.

Sementara untuk sistem pembayarannya, macam-macam tagihan PLN terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sistem pascabayar dan sistem prabayar. Jika dulu hampir seluruh pengguna listrik menggunakan sistem pascabayar. Tapi, mulai dari tahun 2016 pemerintah sudah menggalakkan pembayaran listrik dengan sistem pascabayar.

Lalu apakah ada kekurangan dari sistem pascabayar? Berikut beberapa sistem tagihan PLN beserta kekurangan dan kelebihannya masing-masing:

Sistem Pembayaran Pascabayar

Macam-macam tagihan PLN yang paling dulu digunakan adalah sistem pembayaran Pascabayar. Sistem pascabayar sendiri merupakan sistem pembayaran yang dibebankan pada akhir bulan, adapun nominalnya sesuai dengan jumlah energi yang terpakai. Namun sistem ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti:

1. Kelebihan

  • Ketersediaan Listrik Tanpa Batas

Hingga tenggat waktu pembayaran berakhir, listrik akan selalu tersedia untuk Anda, sehingga tidak khawatir tiba-tiba listrik mati. Sistem pembayaran Pascabayar ini lebih cocok digunakan untuk Anda yang menjalankan bisnis, seperti home industri, warung internet (warnet), fotocopy, percetakan, dan kebutuhan listrik dalam jumlah tinggi lainnya.

  • Tidak Repot Membeli Pulsa Listrik

Macam-macam tagihan PLN dengan sistem pembayaran pascabayar ini juga cocok untuk Anda yang sibuk atau sulit untuk keluar rumah karena suatu alasan. Dengan tagihan pascabayar, Anda cukup membayarnya sekali sebulan tanpa harus repot membeli setiap pulsa listrik habis.

  • Perhitungan Listriknya Teliti dan Tepat

Karena sudah tersistem, tagihan PLN pascabayar juga akan tercatat secara teliti oleh petugas PLN.

2. Kekurangan

  • Pemakaian Sulit Terkendali

Macam-macam tagihan PLN dengan sistem pembayaran pascabayar juga memiliki kekurangan yang terkadang jarang disadari. Karena pembayaran listrik hanya dibebankan pada akhir bulan atau satu bulan sekali, Anda mungkin akan sulit mengetahui dengan pasti berapakah energi listrik yang sudah dihabiskan.

  • Listrik Akan Dipadamkan Jika Terjadi Penunggakan

Memang hingga tenggat waktu pembayaran belum berakhir, listrik akan selalu tersedia. Tapi jika Anda melakukan penunggakan pembayaran, maka secara otomatis aliran listrik pun akan dipadamkan oleh petugas PLN.

  • Sedikit Mengganggu Privasi

Bagi Anda yang tertutup dan memiliki privasi, mungkin akan sedikit risih jika petugas PLN akan kerap masuk ke halaman rumah Anda. Meskipun hal tersebut hanya terjadi 1 bulan sekali.

 

Sistem Pembayaran Prabayar

Macam-macam tagihan PLN lainnya yang kini juga sudah banyak diterapkan adalah sistem pembayaran prabayar. Jika pada sistem pascabayar Anda akan dikenakan pembayaran di akhir bulan atau satu bulan sekali, maka pada sistem prabayar Anda akan membayar tagihan sesuai dengan kebutuhan saja.

Dengan memanfaatkan voucher pulsa, Anda sudah bisa menggunakan listrik sistem prabayar dengan kelebihan dan kekurangannya, antara lain:

1. Kelebihan

  • Pemakaian Listrik Terkontrol

Karena Anda sendiri yang membeli/mengisi listrik tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam mengukur jumlah listrik yang sudah terpakai.

  • Tidak Ada Sanksi atau Denda Karena Keterlambatan

Pada macam-macam tagihan PLN sistem prabayar, Anda tidak akan khawatir terkena denda karena keterlambatan dan sanksi pemutusan aliran listrik.

  • Masa Aktif Tak Terbatas

Jangan khawatirkan pulsa yang sudah Anda beli akan hangus begitu saja saat tidak terpakai dalam waktu yang lama. Misal Anda sudah membeli pulsa listrik yang sekiranya cukup untuk 2 minggu, tapi kemudian Anda pergi selama 3 minggu, Anda tidak perlu khawatir karena pulsa tersebut masih bisa digunakan.

  • Pembelian Pulsa Disesuaikan Dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Sistem prabayar ini merupakan sistem tagihan yang bersahabat karena jumlah pulsa yang Anda beli bisa menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

  • Privasi Tidak Terganggu

Privasi tidak akan terganggu dengan sering datangnya petugas PLN ke rumah Anda.

  • Tidak Ada Biaya Beban Bulanan

Jika pada sistem pascabayar Anda akan dikenakan biaya beban setiap bulannya, maka pada sistem prabayar Anda tidak akan dikenakan biaya beban apapun.

2. Kekurangan

  • Listrik Bisa Mati Sewaktu-waktu

Macam-macam tagihan PLN dengan sistem prabayar juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Jika Anda lupa mengisi pulsa listrik, maka bukan tidak mungkin listrik rumah Anda akan mati tiba-tiba. Namun jangan khawatir, karena sebelum listrik mati, meteran listrik rumah Anda akan berbunyi sebagai pertanda listrik akan habis.

  • Harus Selalu Ingat Kapan Waktu Terakhir Pengisian Pulsa

Jika Anda lupa kapan terakhir mengisi pulsa listrik, maka bukan tidak mungkin Anda akan kehabisan pulsa tanpa disadari. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa membuat tanda di kalender sebagai pengingat.

  • Telaten untuk Menyimpan Struk Token Pembayaran

Jangan lupa untuk selalu menyimpan struk token pembayaran listrik agar jika suatu saat dibutuhkan, Anda sudah memiliki bukti pembayaran.

Dari berbagai macam-macam tagihan PLN, pastikan Anda menggunakan sistem pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda. Apapun sistem pembayaran tagihan Anda, sebaiknya Anda tetap mencoba untuk hemat listrik dan menggunakannya dengan bijak. Selain itu, pastikan Anda membayar tagihan listrik tepat waktu. Kini Anda bisa membayar tagihan listrik pascabayar maupun membeli token listrik hanya di Fastpay. Transaksi akan lebih mudah dan dapatkan cashback untuk pendapatan tambahan Anda. Coba Fastpay sekarang juga!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

Tim SBF