Cara Analisa Bisnis Ekspedisi dan Peluang Bisnis Ekspedisi

Sebarkan artikel ini

Bisnis ekspedisi banyak dibutuhkan oleh warga Indonesia jaman online sekarang. Baik itu oleh warga perkotaan ataupun pedesaan. Lalu, bagaimana peluang bisnis ekspedisi saat ini? Apakah masih menguntungkan?

Berikut beberapa insight yang bisa dijadikan referensi sebelum memulai bisnis ekspedisi.

  • Negara seluas Indonesia yang memiliki luas 1,905 juta kilometer persegi dan tersebar ke dalam 17.508 pulau, penting membangun jalur logistik yang mampu menjangkau seluruh wilayah.
  • Pada 2022, nilai transaksi e-commerce Indonesia mencapai Rp476,3 triliun
  • Pertumbuhan bisnis logistik 2022 mencapai 15,79 persen, akibat maraknya perdagangan elektronik.

Ekspedisi atau logistik menjadi bagian dari mata rantai e-commerce di Indonesia yang tidak dapat dipisahkan, selain pengiriman barang dan dokumen masyarakat. Bisnis ekspedisi menjadi bisnis yang menguntungkan dimasa sekarang.

Karena banyaknya orang yang menggunakan jasa ekspedisi tersebut, sebagai calon pebisnis yang sedang memulai usaha, kamu harus mengetahui analisa bisnis ekspedisi terlebih dahulu. Siapa tahu kamu juga berminat untuk membuka bisnis ekspedisi ini? Jika kamu berminat membuka jasa ekspedisi lakukan beberapa persiapan dengan benar.

Beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu dengan menyediakan modal, tempat usaha dan lain-lain. Selain itu, sebelum membuka jasa ekspedisi ini, pastikan bahwa kamu sudah memikirkannya dengan matang. Nah, untuk kamu yang ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai cara berbisnis ekspedisi yang baik dan benar. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Peluang Bisnis Ekspedisi

Menjalankan bisnis ekspedisi memiliki peluang yang sangat besar. Sebab, daya saingnya masih sedikit dan tidak terlalu ketat. Selain itu, tingginya jual beli online juga membuat jasa ekspedisi ini semakin banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Baik itu kalangan bawah maupun kalangan atas.

Seringkali untuk memulai bisnis ekspedisi harus merogoh kocek yang besar untuk promosi branding, keperluan outlet, dll. Namun ada peluang bisnis ekspedisi yang menawarkan kemudahan dalam berbisnis, gak ribet dan mudah dikelola bersama Fastpay.

Tidak banyak perusahaan ekspedisi atau logistik yang membuka peluang bisnis ekspedisi kemitraan. Selain faktor jaringan dan sebaran, juga mensyaratkan hal-hal yang justru memberatkan orang untuk membuka bisnis ekspedisi.

Salah satu perusahaan ekspedisi atau logistik yang menawarkan bisnis kemitraan yang mudah, murah adalah SiCepat Ekspress, dimana telah menjalin kerjasama resmi dengan Fastpay untuk menjadi Agen SiCepat Point yang terbuka diseluruh willayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Gak perlu modal besar hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah untuk membuka bisnis ekspedisi. Tidak harus membayar royalti dll. Hanya dengan paket Reguler Rp330.000 saja, kamu bisa menjadi Agen SiCepat Point resmi* dan punya 7 layanan bisnis lain.

Baca: Daftar Menjadi Agen SiCepat Point Resmi di Fastpay

Bisnis ekspedisi di Fastpay tidak ada syarat penjualan yang harus dicapai tiap bulan, semakin banyak transaksi pengiriman ekspedisi semakin banyak jumlah keuntungan yang kamu raih. Jadi tidak ada beban bagi pebisnis ekspedisi untuk pengiriman.

Prospek Bisnis Ekspedisi

Jasa pengiriman barang menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dengan fee yang tinggi hingga mencapai 20% dari biaya pengiriman. Sangat tinggi bukan?

Prospek kerja dalam bidang bisnis ekspedisi ini bisa dikatakan sangat menguntungkan, dimana dengan melakukannya secara benar akan mendatangkan berbagai kunci kesuksesan. Bisnis seperti ini memiliki prospek yang sangat bagus dalam jangka waktu yang lama. Masa depan usaha ekspedisi kamu juga akan terjamin seiring dengan bertambahnya transaksi e-commerce dan jual beli online.

Meski banyak orang yang membuka perusahaan yang serupa, semua perusahaan tersebut pasti laku dan tidak pernah sepi pelanggan. Bahkan, pada tahun-tahun berikutnya, telah diprediksi bahwa bisnis ini akan terus berkembang dan memiliki cabang yang sangat banyak. Jadi, kamu yang baru memulai jangan pernah menyerah dan lakukan yang terbaik.

Memulai Bisnis Ekspedisi

Sebelum memulai bisnis ekspedisi ini kamu harus bisa melakukan analisa bisnis ekspedisi terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan beberapa kebutuhan yang mungkin dibutuhkan. Jika semua sudah siap, lakukan promosi dengan cara menempelkan spanduk, banner, sebar brosur hingga memasang signboard atau sejenisnya agar semua orang bisa mengetahui usaha apa yang kamu jalankan.

Baca juga: Bisnis Ekspedisi SiCepat Point Tanpa Modal Pasti Untung di Tengah Pandemi

Memulai bisnis ekspedisi tidak memakan banyak modal, sehingga kamu yang memiliki sedikit modal bisa dengan mudah membuka bisnis ekspedisi ini. Selain itu, kamu juga tidak perlu menyediakan tempat yang terlalu besar. Sebab, untuk membuka jasa ekspedisi ini tidak membutuhkan ruangan yang besar, yang penting cukup untuk mewadahi barang-barang kiriman pelanggan.

Hanya saja sediakan ruangan yang cukup untuk pengumpulan barang sebelum barang diambil oleh pihak ekspedisi untuk dikirimkan.

Selain untuk tempat barang, persiapkan juga tempat administrasi dan lain-lain untuk kemudahan dalam menjalankan bisnis ekspedisi. Selain tempat, kamu juga harus menyediakan beberapa alat yang biasanya dibutuhkan. Misalnya seperti timbangan digital yang akurat, printer, PC atau laptop, alat ukur/meteran dan lain-lain.

Pelaku Bisnis Ekspedisi

Bisnis ekspedisi ini bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki keinginan untuk membuka jasa pengiriman barang. Selain bisa mendapatkan keuntungan yang besar, dalam membuka dan menjalankan bisnis ekspedisi tersebut juga terbilang sangat mudah.

Bahan Baku Bisnis Ekspedisi

Komponen yang mendukung kelancaran dalam berbisnis adalah bahan baku. Nah, beberapa bahan baku yang harus ada yaitu seperti lem, solasi, plastik packing, box dan lain-lain. Untuk mendapatkan barang-barang tersebut, Anda bisa membelinya di pasar terdekat. Baik itu pasar swalayan atau pun pasar tradisional.

Konsumen Bisnis Ekspedisi

Menurut sebagian orang, mencari konsumen tidaklah sulit. Apalagi jasa ekspedisi ini juga sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Selain itu, tingginya tingkat perbelanjaan online juga turut membuat jasa ekspedisi ini semakin mudah dalam mendapatkan konsumen, sehingga untuk kamu yang baru saja membuka jasa tersebut jangan merasa takut tidak dapat konsumen.

Maraknya toko online di marketplace membuat bisnis ekspedisi ini sangat dibutuhkan, terutama bagi para penjual untuk mengirimkan barang dagangan. Ekspedisi SiCepat juga telah menjadi pilihan kurir dibanyak marketplace.

Lokasi Strategis Dalam Melakukan Bisnis Ekspedisi

Nah, lokasi yang digunakan untuk melakukan jasa ekspedisi sebaiknya carilah tempat yang strategis. Bila perlu cari lokasi yang dekat dengan keramaian seperti di pinggir jalan, daerah perkotaan, dekat dengan pasar dan lain-lain. Sebab, hal ini bisa mendukung kelancaran bisnis yang akan dijalankan.

Namun kamu juga bisa melakukan bisnis ekspedisi di rumah atau kontrakan, namun jangan lupa pasang alat promosi yang menandakan bahwa kamu melayani jasa pengiriman barang.

Harga Jual

Patokan harga untuk jasa ekspedisi menggunakan harga per kg. Harga tersebut tergantung lokasi yang akan ditempuh (destination). Apabila semakin jauh lokasi yang ditempuh maka semakin mahal pula biaya pengirimannya dan juga sebaliknya.

Harga paket kiriman selain berpatokan pada harga per kg, juga berdasarkan volume bila barang yang akan dikirim besar. Semakin besar barang maka volumenya semakin besar pula. Disinilah perlunya alat ukur berupa meteran untuk menentukan volume barang.

Keuntungan yang Didapat Bisnis Ekspedisi

Banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapat dari bisnis ini salah satunya adalah dengan modal yang sedikit bisnis ini bisa berjalan. Cara mendapatkan pelanggan juga sangat mudah karena jasa pengiriman barang saat ini banyak dibutuhkan. Selain itu, modal yang digunakan juga bisa cepat kembali.

Bisnis ekspedisi SiCepat Point dari Fastpay bisa mendapatkan keuntungan hingga 20% dari harga paket. Oleh karena itu bisnis pengiriman di Fastpay sangat menguntungkan sekali.

Analisa Bisnis Ekspedisi

Dalam menjalankan bisnis tersebut, kamu harus mau membuat analisanya. Nah, untuk kamu yang belum bisa melakukan analisa bisnis ekspedisi. Berikut contoh analisa yang bisa kamu gunakan sebagai pedoman dalam menjalankannya.

1. Asumsi

  • Waktu pemakaian dari sepeda motor dalam jangka 5 tahun
  • Waktu pemakaian komputer dilakukan dalam jangka 5 tahun
  • Waktu pemakaian mesin packing bisa dilakukan dalam jangka 5 tahun
  • Waktu pemakaian dari tas anti air selama 5 tahun
  • Waktu pemakaian alat pembersih selama 5 tahun
  • Dan lain sebagainya

2. Investasi

  • Sewa toko
  • Dekor ruangan
  • Komputer
  • Alat tulis
  • Sepeda motor
  • Mobil pengantar barang
  • Dan sebagainya
    * Nilai lebihnya bila kamu tidak memerlukan sewa toko atau kios khusus maka semakin sedikit modal yang harus dikeluarkan.

3. Biaya Operasional Per Bulan

  • Penyusutan sewa toko 1/12 x Rp. 5.560.000
  • Penyusutan mesin packing 1/62 x Rp. 1.384.000
  • Penyusutan alat pembersih 1/44 x Rp. 122.300
  • Penyusutan alat tulis 1/44 x Rp. 65.000
  • Penyusutan peralatan tambahan 1/44 x Rp. 94.000
  • Dan lain sebagainya
    * Bila kamu tidak menggunakan sewa toko/kios, maka biaya operasional yang dikeluarkan tiap bulan semakin kecil sehingga keuntungan yang didapat semakin besar.

4. Total Biaya Operasional

Biaya tetap + biaya variabel

5. Biaya tetap + biaya variabel

Keuntungan per bulan bisa dihitung dengan cara:
Laba = total pendapatan – total biaya operasional

Lama Balik Modal

Dari analisa di atas dapat disimpulkan bahwa keuntungan yang akan diperoleh sangatlah besar. Hal ini bisa dibuktikan dari analisa yang sudah tertera di atas. Dengan demikian bagi kamu yang baru terjun ke dalam dunia jasa ekspedisi yakinlah akan mendapat keuntungan yang besar. Lama balik modal dari bisnis tersebut yaitu kurang lebih 3 bulan.

Berbicara tentang bisnis ekspedisi, waktu 3 bulan tentu bukanlah waktu yang lama untuk mendapatkan balik modal, karena bahkan ada jenis bisnis lain yang bahkan membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

Nah, seperti itulah analisa bisnis ekspedisi yang menguntungkan. Semua itu sudah tertulis lengkap di atas. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis tersebut, ikuti tips dan langkah yang bisa memperlancar bisnis. Semoga informasi tersebut bisa memudahkan kamu dalam melakukan bisnis ekspedisi ini.

Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Bisnis Ekspedisi?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Ekspedisi yang Paling Menguntungkan

ic_daftarfastpay Cara Analisa Bisnis Ekspedisi dan Peluang Bisnis Ekspedisi ic_temukan-di-googleplay Cara Analisa Bisnis Ekspedisi dan Peluang Bisnis Ekspedisi
asset-bisnis-ekspedisi-fastpay Cara Analisa Bisnis Ekspedisi dan Peluang Bisnis Ekspedisi

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/