QRIS Kena Biaya Admin 0,3%, Berikut Penjelasannya

Sebarkan artikel ini

QRIS Kena Biaya Admin 0,3%, Berikut Penjelasannya — Bank Indonesia (BI) memasang besaran harga Merchant Discount Rate (MDR) kepada merchant sebesar 0.3% mulai 1 Juli 2023.

MDR merupakan biaya yang akan dikenakan kepada pedagang oleh Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). Namun MDR tidak dapat dibebankan kepada pembeli. Sebelumnya, biaya MDR menjadi 0% atau gratis. Namun kebijakan tersebut berakhir pada 30 Juni kemarin.

Lantas, bagaimana biaya admin QRIS memengaruhi UMKM Indonesia? Simak penjelasan singkat Fastpay terkait biaya admin QRIS.

Mengenal QRIS

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) merupakan sebuah standar kode QR secara nasional yang dikeluarkan untuk memberikan fasilitas pembayaran digital dengan beberapa macam media, seperti dompet digital, mobile banking dan lainnya. Rilis pada 2019, kini QRIS memiliki berbagai opsi aplikasi pembayaran yang dapat dimanfaatkan pada berbagai sektor, terutama dalam urusan bisnis.

Selama digunakan untuk umum mulai Januari 2020, masyarakat mulai menggunakan QRIS sebagai opsi pembayaran atau penjualan. Hingga Desember 2022, jumlah merchant QRIS sebanyak 22 juta rupiah berdasarkan hasil data pada Katadata.

Tujuan Kenaikan MDR QRIS

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono memaparkan tujuan kenaikan MDR QRIS sendiri. Dalam wawancaranya dengan Kompas, kenaikan MDR QRIS bertujuan untuk menjaga keberlanjutan layanan transaksi pembayaran, khususnya untuk mengkover biaya yang timbul.

Tak hanya menjaga keberlanjutan layanan transaksi, kenaikan MDR QRIS diharapkan mampu meningkatkan layanan dan efisiensi transaksi sistem pembayaran digital, sehingga dapat menguntungkan pelaku usaha kecil dan mendorong inklusi keuangan.

Biaya Transaksi MDR QRIS

Bagi para pedagang, biaya MDR dalam setiap transaksi pembayaran berbeda-beda.

Untuk transaksi umum, besarnya 0.7% persen, transaksi pendidikan 0.6%, dan transaksi di SPBU 0.4%. Sedang untuk transaksi bantuan sosial, MDR tidak dipungut biaya.

Biaya Settlement QRIS

Tidak hanya biaya MDR, kini ada biaya settlement QRIS dengan harga yang berbeda-beda. Apa itu settlement? 

Settlement merupakan transfer dana ke rekening pedagang untuk 1 kali transaksi dalam 1 hari.

Untuk biaya admin settlement untuk transaksi Rp25.000 sampai Rp49.999 khusus Bank BCA, Mandiri, dan BRI dikenakan biaya admin sebesar Rp2.000. Untuk biaya admin settlement pada transaksi lebih dari Rp50.000 dikenakan biaya admin sebesar  Rp3.000.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay Terlengkap

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan terlengkap, menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan hanya modal kecil saja untuk bisnis PPOB Fastpay. Menjadi Agen Fastpay atau Mitra Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB terlengkap; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Bisa transaksi dan transfer uang menggunakan EDC Fastpay.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay QRIS Kena Biaya Admin 0,3%, Berikut Penjelasannya ic_temukan-di-googleplay QRIS Kena Biaya Admin 0,3%, Berikut Penjelasannya
asset-bisnis-ppob-terlengkap QRIS Kena Biaya Admin 0,3%, Berikut Penjelasannya

 

Meidira