Orang Indonesia Lebih Banyak Main Game, Belanja Online dan Media Sosial

  • Orang Indonesia ternyata lebih banyak menghabiskan paket internet untuk bermain game online, belanja online dan media sosial.
  • Rata-rata penggunaan kuota internet orang Indonesia mencapai 20-30GB tiap bulan
  • Pengguna internet di Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun memiliki waktu rata-rata selama 7 jam 59 menit per hari untuk berselancar di dunia maya.

Telepon seluler telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Bukan hanya untuk menelepon atau berkirim pesan, ponsel menjadi sarana berbagai aktivitas di media sosial, mencari lokasi, serta bermain game online.

Telkomsel, Tri, Indosat, dan XL Axiata mencatat peningkatan penggunaan internet saat libur Natal dan tahun baru. Layanan data paling banyak digunakan untuk bermain game online dan berbelanja online.

Ada lebih dari 65 juta gamer di Indonesia dari 175 juta pengguna internet di Indonesia. Orang Indonesia ternyata gemar main game baik offline dan online.

Peningkatan penggunaan internet yang terbesar yakni untuk bermain game online. Beberapa game yang mengalami peningkatan jumlah user dan menjadi paling banyak dimainkan sepanjang libur akhir tahun hingga tahun baru.

Game online bertipe battle royale paling banyak dimainkan, dengan total pemain terbanyak di Indonesia sepanjang tahun 2020 yaitu: Garena FreeFire dengan 32,2 juta pemain, disusul PUBG Mobile dengan 20,5 juta pemain, Mobile Legends dengan 13,5 juta pemain.

Lonjakan pemanfaatan internet juga terlihat dari penggunaan aplikasi sepanjang tahun 2020. Mesia sosial masih mendominasi sebesar 36% disusul video streaming 32%, belanja e-commerce mencapai 28%, jasa antar makanan 28%, layanan video call/online meeting 27%, pembayaran dgital 27% dan pesan singkat mencapai 26%.

Pemanfaatan internet untuk menggunakan media sosial meningkat saat libur Natal dan tahun baru. Untuk WhatsApp naik 20%, sementara TikTok, Instagram, dan Facebook 13%.

Selama masa liburan, penggunaan internet untuk mengakses aplikasi wisata untuk online booking mencapai 13%.

Penggunaan internet untuk bermain media sosial dan aplikasi pesan instan meningkat 17,58%. Sedangkan untuk berselancar di internet atau browsing naik 17,31%, streaming video 12,22%, dan gim 10,79%.

Hal tersebut menandakan bahwa kebutuhan akan kuota internet masyarakat Indonesia meningkat pesat dan menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Bersama Fastpay kamu bisa menjalankan bisnis pulsa dan kuota internet dengan mudah dan untung. Berbagai jenis paket internet all operator bisa kamu tawarkan kepada masyarakat sekitar. Di Fastpay tersedia paket internet Telkomsel, paket internet Indosat Ooredoo, paket internet XL, dll.

Peluang bisnis pulsa dan paket telepon di Fastpay
Bersama Fastpay kamu dapat menjalankan bisnis atau usaha menjadi agen pulsa dan data internet dengan keuntungan melimpah. Karena dengan menjadi outlet Toko Modern Fastpay, kamu dapat menjalankan 8 bisnis sekaligus, yaitu menjadi agen pembayaran, agen keuangan perbankan digital, agen top up e-money terlengkap, agen pulsa dan internet murah, agen tiket perjalanan, agen ekspedisi/logistik dan agen penjualan barang

__________

Toko Modern Fastpay adalah bisnis keagenanan keuangan digital & sistem pembayaran terlengkap yang melayani berbagai macam kebutuhan orang Indonesia seperti layanan perbankan setor tunai, tarik tunai dan transfer uang antar bank murah, daftar merchant QRIS tercepat, layanan ekspedisi kirim dokumen dan barang kemana aja, top up saldo e-money lengkap, layanan tiket pesawat dan kereta, layanan pembayaran tagihan terlengkap, layanan pembelian pulsa, internet dan voucher game lengkap, dengan keuntungan jutaan rupiah tiap bulan. Tertarik bisnis menguntungkan ini? Daftar sekarang disini

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/