Memulai Bisnis Referral di Era Digital

Sebarkan artikel ini

Referral saat ini sudah jadi salah satu hal biasa dalam dunia bisnis terutama bisnis digital. Ingin tahu lebih banyak tentang bisnis referral dan cara memulainya? Simak di artikel ini!

Tren di dunia marketing semakin berkembang pesat. Banyak pembaruan dilakukan guna peningkatan strategi marketing dalam menjangkau target pasar. Salah satunya adalah pemanfaatan referral marketing. Nah tentu menarik untuk diulas lebih dalam terkait bisnis referral dan cara pengembangannya.

Apa itu Bisnis Referral

week-3-artikel-10-pic-1 Memulai Bisnis Referral di Era Digital
Arti Bisnis Referral

Referral adalah strategi dalam pemasaran yang membuat pelanggan akan mengajak orang lain agar bergabung jadi pelanggan juga dalam suatu brand. Perkembangan teknologi membuat referral menjadi mungkin untuk dilakukan. Hal ini karena referral akan berkaitan dengan salah satu komponen marketing yakni Paid To Click (PTC).

Dengan menggunakan referral orang akan jauh lebih percaya karena ia melihat bukti nyata yang terjadi pada seseorang. Misal seseorang yang sukses memulai bisnis mengajak orang lain untuk memulai bisnis, maka orang yang diajak tersebut akan punya tingkat kepercayaan tinggi. Hal ini disebabkan karena kesuksesan yang didapatkan terlihat dan bukan omong kosong.

Berdasarkan survei yang dilakukan Nielsen, di atas 70% orang dari berbagai generasi percaya pada orang yang membagikan referral. Tentunya karena adanya pendekatan dan latar belakang yang sama dengan pemilik referral.

Keuntungan Berbisnis Memanfaatkan Adanya Referral

Referral bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Bermodal membagikan kode khusus, maka sudah bisa berpeluang mendapatkan komisi dari brand. Jadi tentunya dengan bisnis referral akan lebih hemat dan efisien karena tidak perlu memikirkan bentuk fisik dari sebuah produk.

Bisnis referral membutuhkan adanya pengelolaan dan edukasi terkait bisnis yang dijalankan. Katakanlah Anda mengembangkan bisnis agen toko, lalu Anda bercerita tentang omset dan kemudahan lain yang Anda dapat sejak menjadi agen. Tentunya cerita kesuksesan tersebut akan membuat orang lain tertarik untuk tahu lebih dalam seputar proses pengembangan bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga : 10+ Ide Bisnis Zaman Sekarang yang Kekinian dan Menguntungkan di 2023

Cara Optimalkan Kesuksesan di Bisnis Referral

week-3-artikel-10-pic-2 Memulai Bisnis Referral di Era Digital
Sukseskan Bisnis Referral

Untuk mengoptimalkan bisnis referral, maka tentu Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Mengenali orang-orang yang berpeluang tertarik di bisnis referral

Dengan mengenali orang-orang yang akan Anda targetkan untuk diajak, maka akan berpengaruh pada cara pendekatan yang Anda lakukan. Semakin Anda kenal mereka berikut kebiasaan hingga latar belakangnya, maka Anda bisa mengambil celah untuk mempromosikan bisnis referral.

2. Membuat konten-konten yang fokus menjelaskan tentang bisnis

Sebagai pemilik bisnis Anda harus siap di dengan gempuran konten digital. Namun, Anda bisa menjadikannya sebagai strategi promosi. Tentunya setelah Anda menentukan fokus konten yang akan Anda bagikan. Tujuannya agar akun media sosial yang akan Anda pakai sudah punya ciri khas tersendiri. Konten yang punya ciri khas akan berpengaruh pula pada algoritma media sosial yang sering memunculkan konten Anda.

3. Membagikan konten digital ke berbagai media sosial

Tentunya upaya untuk publikasi bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial. Anda bisa mulai mengatur jadwal kapan saja konten akan dibagikan dan kepada siapa konten akan dikonsumsi.

Mulai Bisnis Referral Bersama Fastpay

Bisnis referral mudah yang bisa Anda coba salah satunya adalah Fastpay. Fastpay sebagai salah satu platform bisnis digital di Indonesia akan tidak hanya memfasilitasi Anda untuk melayani bisnis PPOB tetapi juga ada peluang referralnya. Peluang referral tersebut akan bisa Anda dapatkan setelah mendaftar jadi mitra Fastpay. Anda pun bisa membagikan kode referral Anda ke orang lain yang punya minat sama dengan Anda dalam dunia bisnis.

Sukseskan bisnis Anda bersama Fastpay karena Anda bisa mendapatkan banyak tips dan strategi promosi terbaru untuk toko Anda. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau daftarkan diri anda di sini.

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari