Kategorisasi Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia

Sebarkan artikel ini

Daya listrik tentu jadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Mulai dari rumah tangga hingga industri besar pun tentu butuh daya listrik untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan. Saat ini hampir semua alat-alat di rumah dan industri sudah terkoneksi dengan listrik. Hal tersebut membuat tingginya permintaan terhadap listrik.

PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai penyedia dan pengelola ketenagalistrikan untuk kepentingan masyarakat umum tentu berupaya untuk meratakan persebaran listrik. Oleh karena itu, PLN menyediakan layanan kelistrikan dengan berbagai daya.

Salah satu kelompok yang punya kebutuhan tinggi terhadap kelistrikan adalah kebutuhan rumah tangga. Berikut pembahasan seputar daya listrik rumah tangga di Indonesia serta cara bayarnya dengan mudah!

Kategori Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia

oktober-week-3-artikel-3-pic-2 Kategorisasi Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia
Daya Listrik di Indonesia

Untuk pemakaian listrik di rumah tangga, listrik yang disalurkan punya tegangan yang rendah. Dalam pengembagannya berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016, listrik rumah tangga terbagi dalam tiga kategori golongan yakni golongan R-1, R-2, dan R-3.

Golongan R-1 ditujukan untuk rumah tangga dengan kebutuhan listrik yang kecil. Pada golongan ini terbagi jadi beberapa daya dalam satuan Volt Ampere yakni 450 VA, 900 VA, 900 VA-RTM, 1300 VA, dan 2.200 VA.

Untuk rumah dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA adalah rumah yang masih mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah. Jadi pengeluaran listrik mereka entah dipotong beberapa persen. Bagi pemilik daya 450 VA, maka tiap bulannya akan mendapatkan sekitar 80 ribu rupiah subsidi. Kemudian untuk pemilik daya 900 VA akan mendapat sekitar 90 ribu rupiah setiap bulannya.

Dikutip dari web.pln.co.id, di tahun 2021 ada total 24,3 juta rumah tangga dengan daya 450 VA dan 8,2 juta rumah tangga dengan daya 900 VA yang mendapatkan subsidi listrik.

Berlanjut pada golongan R-2 atau rumah tangga yang punya kebutuhan listrik rumahan tingkat menengah. Daya dalam golongan ini terbagi antara 3.500 VA hingga 5.500 VA.

Terakhir ada golongan R-3 yang punya kebutuhan listrik rumah tangga yang besar. Besaran daya yang dibutuhkan oleh jenis rumah tangga ini mulai dari 6.600 VA ke atas.

Baca juga : Berapa Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Bagaimana Prosedurnya?

2 Kategorisasi Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia

Tarif Daya Listrik Rumah Tangga di Setiap Kategori

oktober-week-3-artikel-3-pic-1 Kategorisasi Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia
Tagihan Daya Listrik di Indonesia

Di Indonesia per tahun 2022 jumlah pelanggan listrik untuk kebutuhan rumah tangga berdasarkan statistik PLN 2022 mencapai 78.327.897 pelanggan. Jumlah ini sekitar 91,47% dari total rumah tangga di Indonesia.

Berdasarkan statistik PLN 2022 juga didapat tarif dasar listrik rata-rata di total 34 provinsi. Provinsi dengan tarif listrik rata-rata terendah dipegang oleh aceh dengan 895,83 rupiah/kWh. Sementara untuk tarif tertinggi dipegang oleh Jakarta dengan 1.437,51 rupiah/kWh.

Namun, jika dibedah berdasarkan daya listrik yang digunakan di setiap rumah tangga maka berikut adalah tarif dasar listrik sejak bulan Oktober 2022:

  1. Daya 450 VA bersubsidi 415 rupiah/kWh
  2. Daya 900 VA bersubsidi 605 rupiah/kWh
  3. Daya 900 VA tanpa subsidi 1.352 rupiah/kWh
  4. Daya 1300-2.200 VA 1.444,70 rupiah/kWh
  5. Daya lebih dari 3.500 1.699,53/kWh

Cara Bayar Listrik Mudah dan Cepat Tanpa Antri

Pembayaran listrik sekarang bisa dilakukan dengan cepat memanfaatkan sistem transaksi online. Entah itu pembayaran pascabayar maupun prabayar. Anda bisa membayarkan tagihan listrik pascabayar atau membeli token listrik prabayar di Fastpay.

Fastpay menyediakan layanan PPOB terlengkap mulai dari listrik, air, telepon, dan masih banyak lagi. Tinggal unduh aplikasinya di Google Play Store atau datang ke loket pembayaran Fastpay terdekat.

Anda bisa memulai bisnis digital bersama Fastpay. Banyak paket usaha dengan modal yang terjangkau. Bersama Fastpay Anda hanya perlu memasarkan produk digital yang sudah tersedia di Fastpay. Ditambah lagi Anda juga bisa sekaligus jadi agen ekspedisi. Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda!

ic_daftarfastpay Kategorisasi Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia
Daftar Jadi Mitra Fastpay
ic_temukan-di-googleplay Kategorisasi Daya Listrik Rumah Tangga di Indonesia
Unduh Fastpay di Playstore

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari