Berapa Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak dan Bagaimana Prosedurnya?

Sebarkan artikel ini

Meteran listrik adalah alat yang berfungsi untuk mengukur daya listrik dan melihat pemakaian listrik. Bila meteran listrik rusak, berapa biaya ganti meteran listrik rusak dan bagaimana prosedurnya.

Meteran listrik ada dua jenis, untuk listrik prabayar (token) dan listrik pascabayar (tagihan bulanan). Dengan melihat angka yang ada pada meteran listrik, kita bisa mengetahui berapa besar pemakaian listrik kita.

Untuk listrik pascabayar bisa dilihat jumlah pemakaian daya listrik, sehingga bisa melakukan penghematan bila dirasa berlebihan dibanding bulan sebelumnya. Ada banyak usaha dan cara untuk melakukan penghematan listrik.

Baca: 11 Solusi Hemat Listrik
Baca: 4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Menghemat Tagihan Listrik

Karena meteran listrik termasuk alat elektronik, ada kalanya meteran listrik yang digunakan tersebut bisa rusak. Angka yang ditunjukkan tidak akurat atau bahkan sama sekali tidak berfungsi.

Penyebab Meteran Rusak

Beberapa penyebab meteran listrik rusak:

1. Instalasi Listrik Tidak Sempurna

Hal ini bisa menjadi pemicu kerusakan meteran jika sering terjadi listrik putus akibat salah instalasi atau korsleting. Pastikan instalasi listrik dirumah kamu rapi dan teratur. Bila sering terjadi korsleting listrik, segera temukan sumbernya dan perbaiki.

2. Kelebihan Beban Pemakaian

Jika terlalu banyak menggunakan alat elektronik yang melebihi kapasitas bisa membuat meteran rusak karena beban yang berlebihan dari daya yang digunakan. Sehingga membuat meteran listrik sering terputus, hal ini bila sering terjadi membuat meteran bisa rusak.

3. Meteran Rusak Kelalaian Pelanggan

Pelanggan yang mengutak-atik meteran listrik sendiri untuk hal diluar kewajaran, bisa menyebabkan meteran rusak. Atau sengaja merusak komponen meteran listrik.

4. Pemasangan Meteran Listrik Salah

Pemasangan kawat atau kabel yang salah pada meteran listrik bisa menyebabkan kerusakan. Kamu bisa memanggil petugas PLN untuk memperbaikinya dengan terlebih dahulu membuat laporan. Bila hal ini tidak segera diperbaiki, bisa menyebabkan meteran listrik rusak.

Agar tetap bisa menggunakan dan mengecek pemakaian listrik, maka harus segera mengganti meteran listrik yang rusak tersebut. Bila kamu atau kerabat mengalami kendala meteran rusak, prosedur awal kamu atau pelanggan yang bersangkutan wajib lapor kepada pihak PLN setempat atau menghubungi contact center PLN 123.

Laporan tersebut ditindaklanjuti petugas teknisi untuk dilakukan pengecekan meteran. Meteran yang dipastikan rusak wajar secara otomatis bakal mendapatkan ganti meteran baru.

Berapa Biaya Ganti Meteran Rusak?

Ada 2 poin yang menjadi ketentuan dari PLN untuk bisa mengganti meteran rusak. Jika rusak akibat kelalaian dari pelanggan/pemilik rumah nantinya akan tetap dikenakan biaya. Namun jika meteran listrik bukan di sebabkan oleh pelanggan atau bukan karena tindakan perusakan segel maupun tindakan perubahan komponen yang ada, maka akan bebas biaya. Syaratnya, asalkan pelanggan mau mengikuti prosedur yang menjadi ketentuan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Biaya ganti meteran gratis bila kerusakan secara alami bukan karena perusakan atau perubahan komponen oleh pelanggan”

1. Penggantian Meteran Prabayar atau Token

Untuk meteran listrik prabayar atau token (pulsa), penggantiannya cenderung lebih panjang dari pada penggunaan meteran pascabayar. Meteran listrik token dimana mengalami kerusakan akan diganti terlebih dahulu dengan meteran siaga. Nantinya dengan meteran inilah beberapa hari kedepan baru penggantian meteran listrik token baru.

Dalam pengoperasian meteran siaga, pelanggan diminta untuk tidak mengisikan pulsa terlalu banyak. Karena saat penggantian ke meteran baru nanti, sisa pulsa yang ada dimeteran siaga tidak bisa dialihkan.

2. Penggantian Meteran Pascabayar

Untuk penggantian meteran listrik pascabayar yang mengalami rusak, para pengguna hanya perlu melaporkan kerusakan apa yang terjadi pada meteran. Kemudian penggantian meteran akan segera di lakukan oleh petugas PLN.

Untuk penggantian meteran biasa atau pascabayar, penggantian meteran baru maksimal 3 hari tanpa menggunakan meteran siaga.

Prosedur Ganti Meteran Listrik

Untuk mengajukan perbaikan atau penggantian meteran listrik rusak, kamu bisa mendatangi unit PLN terdekat atau menghubungi layanan call center PLN 123.

Proses perbaikan meteran yang rusak tidak akan memakan waktu yang lama, tapi kamu memang harus bersabar untuk menunggu petugas datang untuk memperbaiki.

Ada 5 tahapan untuk mengganti meteran listrik

1. Datang ke Kantor Pelayanan PLN

Kamu harus datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat sesuai domisili/lokasi rumah untuk melaporkan kerusakan dan meminta penggantian meteran listrik. Jangan lupa membawa:
– Fotokopi kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku.
– Denah/peta lokasi rumah.
– Surat kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan.

2. Syarat Kondisi Meteran Listrik

Jika kerusakan meteran listrik disebabkan oleh kelalaian pelanggan PLN, maka kerusakan bukan menjadi tanggungan PLN. Pelanggan harus membayar sejumlah uang perbaikan/penggantian meteran listrik yang dibebankan.

3. Tunggu Petugas Datang

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu petugas PLN datang untuk memperbaiki atau mengganti KwH listrikmu yang baru. Pastikan bahwa petugas resmi dari PLN yang datang untuk melakukan perbaikan.

Sebaiknya waspada terhadap oknum petugas yang ingin mengambil keuntungan dari kejadian kerusakan meteran tersebut. Biasanya mereka meminta biaya besar untuk penggantian meteran listrik meskipun kerusakan bukan disebabkan oleh pelanggan.

Alasannya karena meteran yang terpasang di setiap pelanggan itu milik PLN, maka jika mengalami kerusakan yang bukan disebabkan kesalahan pemilik rumah, maka sudah menjadi tanggung jawab PLN untuk memperbaikinya tanpa ada pungutan biaya apa pun.

Jika kamu mendapatkan pengalaman seperti ini, kamu bisa menghubungi dan melaporkan kejadiannya melalui call center PLN 123 atau menghubungi sosial media PLN (Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 123).

4. Waktu Penggantian

Waktu penggantian meteran listrik pascabayar bisa lebih cepat karena tidak menggunakan meteran siaga. Meteran siaga hanya bisa digunakan untuk penggantian meteran prabayar (token) yang memakan waktu hingga 3 hari. Ketersediaan meteran siaga yang terbatas membuat proses penggantian meteran listrik prabayar lebih lama.

Bila kamu beralih dari meteran pascabayar ke meteran prabayar, proses penggantiannya memakan 1 hari kerja saja.

5. Meteran Siap Digunakan

Setelah meteran baru dipasang, bisa segera digunakan. Pastikan kamu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan meteran listrik rusak seperti bahasn di atas.

Untuk memperlancar kegiatan pembayaran tagihan bulanan listrik pascabayar atau pembelian token listrik, kamu bisa melakukannya di Loket Fastpay terdekat dengan mudah dan cepat.

Tahukah kamu, bila ada potensi peluang bisnis dari pengisian token listrik, pembayaran tagihan listrik dan tagihan lainnya. Kebutuhan digital masyarakat seperti pulsa, paket data, saldo emoney hingga pembelian tiket transportasi dapat dipenuhi dari bisnis Fastpay.

bisnis ppob Fastpay bukan ppob biasa

Terbuka Peluang Bisnis PPOB Terlengkap dan Agen Tiket

Bisnis agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Fastpay Bukan PPOB Biasa memberikan peluang buat kamu yang sedang mencari bisnis atau usaha yang tempat, dapat dijalankan dimana saja oleh siapa saja dengan layanan sangat lengkap

Kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Bayar tagihan, beli tiket transportasi, top up emoney, voucher game dan voucher digital, dll semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPOB dan agen tiket bersama Fastpay.

Fastpay bukan bisnis PPOB biasa

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay dan Tiket

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/