Ingin Mencoba Untuk Menggunakan E-Wallet? Ketahuilah Program Cashless Terlebih Dahulu

Apakah Anda pernah menggunakan Go-Pay, E-Toll atau T-Cash untuk melakukan transaksi pembayaran suatu hal? Nah, ketiga sarana tersebut merupakan beberapa contoh metode transaksi cashless yang sedang populer saat ini. pembayaran menggunakan metode cashless kini mulai bermunculan dalam bidang perekonomian di Indonesia.

Ya, pasalnya program cashless ini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Selain mudah digunakan dan tidak ribet, dengan menggunakannya juga tidak menguras banyak waktu. Bukan hanya itu saja, Anda juga tidak perlu mengeluarkan dompet berkali-kali untuk melakukan transaksi pembayaran apapun.

Nah, secara bahasa cashless ini merupakan salah satu program non tunai. Jadi, saat Anda melakukan transaksi apapun tidak perlu menggunakan uang tunai. Melainkan bisa menggunakan media elektronik seperti handphone dan lain-lain. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan Program Cashless

Cashless merupakan salah satu program yang memiliki berbagai kelebihan. Tentunya kelebihan tersebut sangat menguntungkan para penggunanya. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan apa saja kelebihan dari program yang satu ini, berikut beberapa kelebihannya:

Nyaman dan Efisien

Apabila dibandingkan dengan transaksi menggunakan uang tunai metode cashless ini akan lebih efisien dan nyaman. Jika menggunakan uang tunai Anda harus mengeluarkan beberapa lembar uang kemudian menunggu kembalian. Hal ini tentu saja kurang efisien dan memakan banyak waktu.

Nah,  untuk menghemat waktu Anda bisa menggunakan metode yang satu ini. Terdapat beberapa metode yang bisa Anda gunakan salah satunya yaitu dengan menggesek kartu, menggunakan sistem tap atau ditempel seperti Flazz, T-cash dan lain-lain.

Mempermudah Dalam Meninjau Transaksi

Pernahkah Anda mencari kemana saja pengeluaran yang sudah dikeluarkan selama ini? Tentunya hal tersebut sangat membingungkan. Namun, dengan menggunakan program cashless ini Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut lagi. Sebab, setelah Anda melakukan transaksi menggunakan cashless ini akan ada jejak atau rincian transaksi yang dilakukan.

Terdapat Beragam Penawaran dan Promo

Siapa sih yang tidak suka dengan apapun yang berbau promo? Sebagian besar orang tentu saja sangat menyukai hal ini terutama para wanita. Terdapat beberapa transaksi cashless di Indonesia yang menawarkan promo dengan merk tertentu yang bekerja sama dengan mereka.

Tentu saja berbagai promo tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah. Misalnya seperti pada produk T-cash yang memberikan promo di beberapa bioskop dan rumah makan cepat saji. Saat ini, beragam produk cashless terus bermunculan dan mendatangkan banyak promo. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan program ini sekarang juga.

Kekurangan Program Cashless

Selain memiliki berbagai kelebihan yang menarik, program yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan lho. Ya, hal ini dikarenakan tidak ada yang sempurna di dunia ini termasuk program cashless. Nah, kelemahan program tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

Cenderung Lebih Boros

Dengan menggunakan metode yang satu ini tentu saja akan membuat Anda lebih boros. Pasalnya, Anda tidak akan melihat bentuk uang yang dikeluarkan saat bertransaksi. Hal inilah yang bisa menyebabkan Anda memiliki kebiasaan belanja yang tidak terkontrol.

Oleh karena bentuk uang tidak terlihat seberapa banyaknya, Anda akan cenderung melakukan transaksi secara terus menerus tanpa memperhatikan jumlahnya. Namun, apabila Anda bisa mengontrolnya, hal ini tidak akan terjadi begitu saja.

Perlu Pemahaman Teknologi

Oleh karena metode ini berbasis sistem elektronik, para penggunanya harus memiliki pemahaman yang baik mengenai teknologi dan cara pemakaiannya. Sistem ini menuntut para pengguna untuk menggunakan perangkat elektronik baik itu mesin EDC, ATM ataupun smartphone.

Jika Kartu Hilang Akan Sangat Merugikan Penggunanya

Nah, salah satu risiko terbesar yang harus ditanggung oleh para pengguna cashless adalah jika kartu menghilang. Hal ini akan menyebabkan uang Anda hilang tanpa jejak. Maka dari itu, pastikan Anda menyimpan kartu di tempat yang aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menghadapi Era Cashless

Bagi Anda yang akan menggunakan program yang satu ini untuk melakukan berbagai transaksi, tentunya harus memperhatikan beberapa hal penting. Dengan demikian Anda bisa melakukan transaksi dengan aman dan nyaman. Beberapa hal tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Harus familiar dengan berbagai jenis e-wallet
  • Aktifkan e-wallet paling sering digunakan
  • Belajar cara bertransaksi dengan menggunakan e-wallet
  • Jangan lupa untuk mengisi saldo

Demikian ulasan mengenai program cashless yang perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari program ini. Namun, jika Anda menggunakannya dengan baik dan benar maka yang akan menonjol adalah kelebihannya.

Selain bisa digunakan dimana saja dan kapan saja Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik lainnya lho. Sangat menarik bukan program yang satu ini? Nah, bagi Anda yang belum memiliki e-wallet ini buruan gunakan sekarang juga!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF