Ingin Memulai Bisnis yang Menjanjikan? Kenali Dulu Apa Itu FMCG

Sebarkan artikel ini

Mempunyai bisnis sendiri merupakan keinginan semua orang. Namun, untuk memulainya tidak mudah bagi sebagian orang yang belum pernah melakukan bisnis. Sebelum melakukan bisnis baik secara online atau secara offline Anda harus mengenal terlebih dahulu tentang apa itu FMCG?

Ya, Fast Moving Consumer Good atau yang sering disebut dengan FMCG ini merupakan salah satu bisnis yang sedang populer saat ini. Oleh karena kepopulerannya tersebut, tak heran jika banyak orang yang mengincar posisi tertentu dalam perusahaan yang memproduksi kebutuhan rumah tangga ini.

Selain memiliki banyak keuntungan seperti mendapat pengalaman baru, mempunyai kesempatan untuk bekerja di berbagai negara dan lain-lain. Bisnis yang satu ini juga bisa membuat taraf hidup Anda semakin maju. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai bisnis FMCG yuk, simak ulasan berikut ini.

Keuntungan Bisnis FMCG

Setelah mengetahui lebih tentang apa itu FMCG tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh bukan? Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan bisnis tersebut.

1. Kesempatan untuk Belajar

Biasanya perusahaan ini membutuhkan talenta yang bisa bekerja dengan kondisi yang selalu berubah. Oleh karena itu, perusahaan FMCG memberikan kesempatan untuk para karyawan agar terus belajar terutama di bagian lini pertama. Contohnya yang sering Anda temui adalah training untuk sales atau pada bagian operasional.

2. Benefit yang Menarik

Jika berbicara tentang benefit, perusahan yang satu ini biasanya memiliki tingkat benefit yang menarik. Tingkatannya selalu berada di atas rata-rata industri lainnya. Hal ini yang biasa menjadi alasan para pekerja yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai karyawan perusahaan.

Biasanya perusahaan FMCG tidak hanya memberikan gaji saja, namun juga memberikan beberapa bonus untuk para karyawannya. Bonus tersebut biasanya berupa car ownership, asuransi kesehatan dan lain-lain.

3. Jangkauan Bisnis Luas

Biasanya perusahaan yang satu ini selalu membuat produk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga wilayah pemasarannya sangat luas. Perusahaan seperti ini cenderung mempunyai jaringan bisnis yang luas di sebuah  negara.

Bahkan tidak sedikit juga perusahaan FMCG ini yang melakukan bisnis hingga ke luar negeri. Tentu hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pembisnisnya. Selain bisa mendapat keuntungan dan berkesempatan melihat negri lain, Anda juga bisa mendapat pengalaman yang baru.

4. Tenaga Kerja yang Dinamis

Jika Anda merupakan orang yang senang dengan tantangan dan kondisi kerja yang dinamis maka bekerja di perusahaan FMCG cocok menjadi pilihan. Dengan bekerja di perusahaan ini, Anda akan semakin tertantang karena industri persaingannya sangat ketat. Serta membutuhkan tenaga kerja yang kuat dan suka dengan tantangan.

Cara Menggunakan Fastpay

Oleh karena pengaruh globalisasi dan saat ini zaman sudah semakin modern. Kegiatan jual beli banyak yang dilakukan secara online. Sebab, hal ini lebih simpel dan mudah dilakukan daripada membeli barang secara langsung. Selain mudah, dengan membeli secara online Anda juga tidak perlu berjalan ke luar rumah.

Bahkan ada juga yang menawarkan ongkir gratis. Hal ini tentu semakin menarik minat para pembeli di luar sana. Salah satu cara agar dapat menarik minat pembeli dan menawarkan gratis ongkir yaitu Anda harus bergabung dengan fastpay. Cara menggunakan aplikasinya sangatlah mudah yaitu seperti di bawah ini.

  • Pertama, Anda harus log in di aplikasi mobile fastpay
  • Kemudian klik menu grosir
  • Klik barang yang akan di bel kemudian klik proses
  • Isi jumlah barang yang akan dibeli
  • Pastikan jumlah barang minimal harganya mencapai Rp. 100.000 agar bisa mendapat gratis ongkir
  • Setelah itu, klik lanjutkan
  • Isi pin fastpay Anda kemudian klik bayar sekarang
  • Setelah itu, akan ada pesan konfirmasi dan lanjutkan.

Mudah bukan cara menggunakan aplikasinya? Yang lebih kerennya lagi, untuk wilayah Surabaya dan Sidoarjo setiap melakukan pembelian minimal Rp. 100.000 akan mendapat gratis ongkir. Tentu hal ini bisa menarik para pelanggan lebih banyak lagi.

Cara Belanja Grosir Langsung

Nah, setelah menerapkan sistem online dalam penjualan kebutuhan rumah tangga, Anda bisa melakukan belanja barang secara langsung di grosir yang sudah terjamin. Seperti bisa membelinya di pasar tradisional atau tempat lain semacamnya. Nah, sebelum membeli barang grosiran alangkah  baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Catat Barang yang Akan Dibeli

Nah, langkah awal dalam belanja barang yaitu dengan mencatat semua barang yang akan dibeli. Pikirkan baik-baik apa yang akan dibeli dan sering dibutuhkan kebanyakan orang. Hal ini dilakukan agar saat sampai di tempat grosir Anda tidak bingung untuk memilih barang yang akan dibeli.

2. Survey Barang dan Harga Saat di Grosir

Sebelum membeli barang di salah satu grosir hal yang perlu dilakukan pertama kali yaitu survey barang. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan saat akan membeli barang. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan harga barang yang akan dibeli. Jadi tingkat pengeluaran modal bisa lebih terkontrol.

3. Cek Kembali Barang Belanjaan

Jika sudah membeli semua barang belanjaan, alangkah baiknya cek kembali barang tersebut apakah ada yang masih kurang atau belum. Apabila terjadi kesalahan atau terdapat kekurangan pembelian bisa langsung ditambahkan saat itu juga.

Jadilah pebisnis yang teliti dalam segala hal termasuk dalam membeli barang untuk stok. Dengan demikian bisnis yang akan dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan.

4. Bayar dengan Uang Cash

Nah, setelah membeli semua barang dan sudah dipastikan semuanya benar-benar terbeli. Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan uang cash di tempat. Namun, membawa uang terlalu banyak ke tempat terbuka sangat berisiko.

Jadi, untuk Anda yang akan belanja di grosir sebaiknya lebih waspada saat membawa uang. Bila perlu gunakanlah kartu kredit untuk membayar semua barang belanjaan. Hal ini bisa membuat Anda lebih aman.

5. Bayar dengan Non Tunai agar Lebih Aman

Apabila Anda sudah memahami apa itu FMCG langkah terakhir yang bisa dilakukan setelah melakukan belanja di grosir adalah membayarnya. Jika Anda takut membawa uang yang berlebihan ke grosir lebih baik di bayar menggunakan kartu debit atau bisa dibilang dengan uang non tunai.

Hal ini bisa lebih aman dan mencegah terjadinya kerampokan. Selain itu, dengan membayar menggunakan kartu kredit juga bisa membuat Anda lebih mudah  melakukannya.

Nah, Seperti inilah pembahasan mengenai apa itu FMCG. Setelah mengetahui tentang bisnis yang satu ini tentu Anda menjadi semakin tertarik dalam dunia bisnis bukan? Selain bisa mendapat keuntungan yang besar, Anda juga bisa bekerja di berbagai negara dan mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan demikian, usaha yang selama ini sudah dibangun akan lebih maju dan lebih sukses lagi. Namun, untuk memulai usaha apapun sebaiknya rencanakan segala sesuatunya dengan matang. Semoga informasi tersebut berguna untuk Anda yang akan memulai bisnis FMCG.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner Ingin Memulai Bisnis yang Menjanjikan? Kenali Dulu Apa Itu FMCG

Tim SBF