Daftar Terminal Tipe A di Pulau Jawa

Sebarkan artikel ini

Terminal jadi salah satu fasilitas transportasi umum yang penting bagi masyarakat. Banyak orang masih membutuhkan terminal untuk pergi ke berbagai kota di baik itu dalam provinsi maupun antar provinsi.

Sebagai penumpang bus, tentu penting untuk tahu lebih dalam tentang terminal di Indonesia. Apalagi ternyata terdapat beberapa kategori dan karakteristik dari transportasi umum tersebut.

Tipe Terminal di Indonesia

Di Indonesia terdapat tiga kategori atau tipe terminal yakni tipe A, tipe B, dan tipe C. Pengelompokkan tersebut karena imbas peraturan yang berlaku terkait pengelolaannya.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengelolaan terminal sekarang dikelola oleh masing-masing skala pemerintahan. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah punya kewenangan untuk mengelola terminal di daerah.

Untuk penentuan tipe terminal didasarkan pada fungsi pelayanan, fasilitas, dan kewenangannya. Terminal tipe A merupakan tipe terminal yang melayani kendaraan berpenumpang umum untuk Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Lintas Batas Antar Negara, Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Angkutan Kota (AK), dan Angkutan Pedesaan (ADES).

Berlanjut di terminal tipe B dimana menerima layanan untuk kendaraan umum dengan trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Angkutan Kota (AK), dan Angkutan Pedesaan (ADES). Jadi sedikit kurang lengkap untuk menerima jenis angkutan.

Terakhir ada tipe C yang mana jenis terminal ini hanya melayani jenis Angkutan Pedesaan (ADES) sehingga kapasitasnya tentu lebih sempit.

Baca juga : Kenali Macam-Macam Jenis dan Kelas Bus untuk Perjalanan yang Semakin Nyaman

Daftar Terminal di Pulau Jawa Lengkap dengan Alamatnya

Berikut daftar terminal di Pulau Jawa berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia:

Peluang Bisnis Perjalanan di Fastpay

Melihat tingginya volume penggunaan transportasi umum termasuk bus, maka hal tersebut bisa jadi peluang bisnis. Anda bisa menjadi penyedia jasa pemesanan tiket online. Bisa dimulai dari orang-orang di sekitar rumah Anda terlebih dahulu.

Anda bisa mulai bisnis keagenan tiket perjalanan termasuk tiket bus bersama Fastpay. Fastpay merupakan bisnis asli Indonesia yang menyediakan berbagai layanan keuangan dan pembayaran PPOB terlengkap di Indonesia.

Saat ini sudah ada lebih dari 500.000 orang yang bergabung bersama Fastpay. Dengan jadi agen tiket perjalanan bersama Fastpay, Anda bisa mendapatkan komisi dan keuntungan lainnya.

Daftarkan diri Anda segera dan mulai bisnis digital sekarang juga!

Daftar Jadi Mitra Fastpay
Daftar Jadi Mitra Fastpay
Unduh Fastpay di Playstore
Unduh Fastpay di Playstore

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan model kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.
– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari