Daftar Operator Seluler di Indonesia, Mana yang Paling Cepat

Sebarkan artikel ini

Indonesia tentu merupakan negara dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar. Hal itu membuat pasar telekomunikasi bisa jadi peluang bisnis yang tepat. Ada banyak perusahaan operator seluler yang menawarkan produknya.

Salah satu pertimbangan tentu adalah akses kecepatan internet, ketangguhan dan kestabilan sinyal, serta harga yang kompetitif. Setidaknya ada 4 induk operator seluler di Indonesia yang berusaha mengambil market share di industri telekomunikasi. Walaupun di beberapa operator seluler ada anak perusahaan tersendiri yang menjual brand operator seluler. Simak hingga akhir ya!

Daftar Operator Seluler di Indonesia

week-4-artikel-10-pic-1-1 Daftar Operator Seluler di Indonesia, Mana yang Paling Cepat

1. Telkomsel

Telkomsel merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia. Sebagai salah satu operator seluler di Indonesia tentu Telkomsel telah melayani konsumennya dengan berbagai paket layanan seluler.

Berdasarkan publikasi dari Open Signal tentang Mobile Network Experience Report pada Juni 2023, pengguna Telkomsel di Indonesia mengatakan bahwa mereka merasakan pengalaman menonton video terbaik pada resolusi 720p atau lebih.

Selain itu, kecepatan akses internet pun menjadi milik Telkomsel. Dibanding operator seluler lain, Telkomsel berhasil mencapai 22 Mbps untuk kecepatan unduhnya. Untuk kecepatan unggahnya Telkomsel mencapai kecepatan 9,5 Mbps. Angka tersebut naik beberapa persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga : Paket GigaMAX Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

2. Indosat

Indosat berhasil memuaskan pelanggannya terkait konsistensi. Diungkapkan dalam laporan Open Signal bahwa operator seluler tersebut berhasil konsisten untuk memenuhi batas minimum penggunaan operator seluler seperti panggilan video atau unggah konten di media sosial.

3 (Tri)

3 (Tri) dalam laporan Open Signal didapati bahwa Tri menghadirkan kualitas pengalaman terbaik saat menggunakan layanan aplikasi suara seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messanger. Walaupun demikian operator lain pun juga hampir tidak jauh berbeda dengan tri karena meraih predikat cukup memuaskan.

4. XL

Selanjutnya ada XL yang ternyata tangguh untuk memberikan pengalaman bermain game multiplayer seluler. Jadi tentu para gamers akan cukup tenang jika mereka menggunakan operator XL.

5 Smartfren

Terakhir ada Smartfren yang menurut Open Signal paling berhasil secara coverage untuk menyediakan ketersediaan layanannya bagi pengguna. Jadi jika pengguna Smartfren pergi kemanapun akan tetap terhubung ke sinyal seluler dengan rerata mencapai 98,5%. Rerata tersebut lebih tinggi dibanding provider lain yang mencapai cakupan rerata 96,3%

Operator Seluler dan Jaringan Sinyal 3G

Pemerintah di awal tahun 2022 telah menghentikan layanan jaringan 3G. Hal ini agar operator seluler fokus untuk menyediakan layanan jaringan 4G dan 5G. Peningkatan ke jaringan 4G bahkan 5G tentunya untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan akses internet yang cepat dan stabil.

Tantangan dalam Bisnis Operator Seluler di Indonesia

Bisnis operator seluler dalam pasar telekomunikasi tentu bersaing ketat untuk merebut market share. Namun, mereka tentu tidak bisa melupakan tantangan bahwa di Indonesia ini akses jaringan seluler terutama internet belum merata kualitas, kestabilan, dan kecepatannya. Hal itu tentu harus diperhatikan agar bisa menjadi langkah evaluasi agar bisa menyediakan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga berbagai pelosok Daerah.

Mulai Bisnis Jual Beli Pulsa dan Paket Internet Operator Seluler

Anda tentu melihat adanya peluang terhadap kebutuhan masyarakat untuk mebeli pulsa dan paket internet. Hal itu bisa Anda manfaatkan sebagai ladang bisnis. ANda bisa menjual berbagai produk digital seperti pulsa dan paket internet bersama Fastpay.

Terdapat berbagai operator seluler yang dijual di Fastpay. Anda hanya perlu gencar mempromosikan produk digital tersebut. Bahkan tidak hanya pulsa dan paket internet, melainkan juga layanan transfer bank, top up e-money, pembayaran tagihan bulanan, pembelian tiket transportasi dan masih banyak lagi.

Penasaran untuk berbisnis bersama Fastpay? Daftarkan diri anda di sini dan dapatkan pengalaman jadi Juragan yang raih omset hanya dari rumah!

Tentang Fastpay Bukan Bisnis PPOB Biasa

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. 7 layanan bisnis utama di Fastpay sangat menguntungkan, yaitu layanan pembayaran, pembelian tiket transportasi, pulsa dan data, layanan transfer bank, pengiriman barang, top up 8 jenis e money, voucher game online, dengan keuntungan yang besar, tanpa resiko resiko dan modal kecil.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

– Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.

– Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.

– Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Nita Novita Sari