Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G Tanpa ke Grapari

Sebarkan artikel ini
  • Jaringan 4G Telkomsel telah tersebar diseluruh Indonesia dengan kualitas 4G.
  • Migrasi kartu 4G Telkomsel sangat mudah, bisa online atau offline.
  • Rata-rata kecepatan 4G Telkomsel adalah download 13,4 Mbps dan upload 6,8 Mbps.

Era jaringan 3G sebentar lagi akan berganti dengan 4G. Cari tahu di sini cara uprade kartu Telkomsel 4G dengan mudah tanpa harus ke Grapari. Ini yang harus kamu siapkan.

Satu alasan utama dimatikannya sinyal 3G di Indonesia adalah agar operator seluler dapat memberikan layanan broadband seluler dan digital yang lebih baik ke pelanggan, yaitu dengan menggunakan jaringan 4G LTE bahkan selanjutnya ke jaringan 5G.

Layanan 4G memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari jaringan layanan 3G sehingga bebas dari hambatan. Banyak sekali manfaat 4G yang bisa kamu rasakan.

Dengan menggunakan layanan 4G LTE, kecepatan internet jadi lebih kencang. Lalu internet kencang bisa apa saja? Ya banyak! Streaming video jadi lebih lancar, upload konten juga cepat, kerja dari rumah atau sekolah daring lebih lancar, komunikasi dengan video call terasa nyaman, hingga main game tanpa lag.

Kecepatan 4G di Indonesia lebih kencang dibandingkan rata-rata kecepatan download jaringan Wi-Fi dari perangkat MiFi, alias hotspot portabel, dengan 6,8 Mbps, serta internet seluler 3G yang hanya mencapai 4,9 Mbps.

Menurut riset yang digelar OpenSignal, kecepatan download rata-rata dari layanan 4G di Indonesia adalah 15,1 Mbps.

kecepatan-download-4g-indonesia Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G Tanpa ke Grapari

Saatnya Ganti 4G

Ganti kartu Telkomsel 4G bisa dengan dua cara, beli kartu perdana 4G di konter pulsa atau menggunakan nomor yang kamu pakai.

Buat kamu yang mau ganti kartu SIM 4G dengan tetap menggunakan nomor existing kamu, Telkomsel memberikan sejumlah alternatif cara tukar kartu SIM 4G, baik secara offline maupun online.

Penggantian kartu 4G ini tidak berlaku bagi pelanggan yang nomornya terdaftar layanan mobile banking (m-banking). Pelanggan pascabayar atau prabayar yang nomornya terdaftar m-banking dapat mengganti kartu ke 4G di GraPARI terdekat.

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

Untuk opsi online, kamu bisa membeli kartu upgrade 4G melalui beberapa platform e-commerce yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia, JD.ID. Cukup dengan Rp5.000, kamu sudah bisa mendapatkan kartu 4G Telkomsel. Pembelian kartu upgrade 4G akan dikirim ke alamat kamu.

Tokopedia
Bagi pengguna Tokopedia, kamu bisa mendapatkan kartu perdana 4G di Official Store Telkomsel. Untuk langkah pembelian: klik tombol “+Keranjang”, masukkan kode promo jika ada, lalu klik tombol “Beli”. Di halaman berikutnya, kamu bisa lengkapi alamat pengiriman, jenis pengiriman, dan alat pembayaran. Klik tombol “Bayar” untuk selesaikan pesananmu.

Shopee
Cara tukar kartu lama ke kartu 4G lewat Shopee caranya mudah. Masuk ke halaman Telkomsel.official di Shopee, kemudian klik “Beli Sekarang”, lalu pilih “Checkout”. Masukan alamat pengiriman kartu, pilih jenis pengiriman yang kamu inginkan, dan selesaikan pesanan dengan menekan tombol “Buat Pesanan”.

Bukalapak
Di Bukalapak kamu bisa memberi kartu 4G melalui Telkomsel Official Store di BukaMall. Caranya mudah. Kamu tinggal klik “Beli Sekarang”, pilih alamat pengiriman, pilih jenis kurir, pilih “Metode Pembayaran”, dan klik “Bayar”.

JD.ID
Di JD.ID cara pembeliannya kurang lebih sama. Masuk ke Telkomsel Official Store, klik “Beli Sekarang” atau “Masukkan ke Troli”, lalu pilih alamat dan jenis pengiriman. Pilih alat pembayaran yang kamu inginkan dan selesaikan pembayaran tersebut. Pastikan kamu memasukkan alamat pengiriman yang tepat, agar tidak salah kirim.

Langkah Migrasi Kartu 4G

Siapkan kartu upgrade 4G kamu terlebih dahulu.

Pertama, kamu harus mendapatkan Token/PIN dari kartu SIM lama.

  • Hubungi *888*46#
  • Pilih Menu 1
  • Masukkan nomor kartu 4G
  • Pilih “Ya”
  • Catat Token/PIN yang muncul di layar.
  • Keluarkan kartu SIM lama dari ponsel

Setelah Token/PIN diterima, selanjutnya ganti ke kartu SIM baru. Berikut tahapan untuk langkah-langkah kedua:

  • Masukkan kartu SIM 4G ke ponsel
  • Hubungi *888*46#
  • Pilih Menu 2
  • Pilih “Ya”
  • Masukkan nomor lama
  • Masukkan Token/PIN
  • Pilih “Ya”
  • Permintaan ganti ke kartu 4G telah selesai
  • Tunggu SMS konfirmasi ganti ke kartu 4G berhasil
  • Matikan dan nyalakan kembali ponsel jika tidak menerima SMS konfirmasi dalam waktu 15 menit.

Pastikan smartphone yang kamu punya sudah mendukung jaringan 4G. Pastikan juga kamu berada di kota atau area yang sudah ter-cover oleh jaringan 4G Telkomsel.

peta-coverage-area-telkomsel Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G Tanpa ke Grapari

Ada keuntungan tambahan yang bisa kamu dapat dengan ganti kartu SIM lama 3G ke kartu SIM 4G. Kamu akan mendapatkan tambahan kuota hingga 30 GB untuk pemakaian selama satu bulan. Syaratnya, nomor tersebut sudah aktif digunakan selama minimal 6 bulan dengan jumlah penggunaan lebih dari Rp100.000 setiap bulan.

Pelanggan akan dikenakan biaya Rp10 pada saat proses migrasi kartu berhasil.
Bonus Kuota 4G tidak bisa didapatkan jika kartu dalam masa tenggang. Untuk mendapatkan bonus kuota 4G, pelanggan diminta untuk mengisi pulsa terlebih dulu

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Offline

Menukar kartu SIM untuk upgrade ke 4G secara luring bisa dilakukan dalam dua cara, yakni melalui MyGraPARI dan GraPARI.

MyGraPARI

  • Aktifkan 4G pada perangkat.
  • Tunjukkan KTP yang masih berlaku untuk warga negara Indonesia atau paspor/KITAP/KITAS untuk warga negara asing.
  • Berlaku untuk pengguna simPATI, Kartu As dan Loop.

GraPARI

  • Kunjungi gerai GraPARI untuk langsung dengan customer service Telkomsel yang akan membantu melakukan ganti ke kartu 4G.
  • Aktifkan 4G pada perangkat.
  • Tunjukkan KTP yang masih berlaku untuk warga negara Indonesia atau paspor/KITAP/KITAS untuk warga negara asing.
  • Ganti kartu SIM dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai Rp6.000 dari pemilik kartu SIM, e-KTP asli pemberi dan penerima kuasa, serta Kartu Keluarga (KK) asli, kecuali pelanggan VVIP dan VIP diberlakukan ketentuan khusus.
  • Penerima kuasa harus terdaftar dalam satu Kartu Keluarga (KK).

Untuk mengetahui apakah penukaran kartu dan perangkat yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G, caranya sebagai berikut:

  • Informasi kartu 4G yang digunakan melalui UMB *888*47# lalu pilih opsi 1 (Cek Kartu)
  • Informasi perangkat yang digunakan mendukung 4G melalui UMB *888*47# lalu pilih opsi 2 (Cek Ponsel)

Nah, buruan tukar kartu 3G Telkomsel kamu dengan kartu 4G melalui cara di atas dan nikmati kecepatan internet 4G untuk kebutuhan kamu. (tgh)

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay Terlengkap

Fastpay adalah aplikasi untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan terlengkap, menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan hanya modal kecil saja untuk bisnis PPOB Fastpay. Menjadi Agen Fastpay atau Mitra Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha bisnis PPOB terlengkap; agen pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; agen ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Bisa transaksi dan transfer uang menggunakan EDC Fastpay.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G Tanpa ke Grapari ic_temukan-di-googleplay Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G Tanpa ke Grapari
asset-bisnis-ppob-terlengkap Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G Tanpa ke Grapari

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/