Cara Naik Lion Air Tanpa Check-in di Bandara

Sebarkan artikel ini

Pengguna maskapai Lion Air, Batik Air, Wings Air kini bisa bepergian tanpa check-in. Silahkan simak cara naik Lion Air tanpa check-in di bandara agar perjalanan kamu semakin mudah bersama Lion Air.

Traveler yang bepergian menggunakan pesawat sering diribetkan dengan proses check-in di bandara yang memakan waktu lama dan antri. Terlebih bila banyak penerbangan yang dilayani oleh sebuah maskapai.

Bayangkan saja, kita ambil contoh di Bandara Soekarno-Hatta di check-in counter Lion Air. Bila dalam sehari terdapat beberapa rute perjalanan dalam satu waktu, penumpang harus antri untuk check-in, meskipun check-in counter yang disediakan sudah banyak.

Terlebih bila kamu tiba di tempat check-in di bandara mepet dengan jadwal keberangkatan, tentunya akan membuat kamu serasa diburu karena takut ketinggalan pesawat.

Untuk memudahkan proses check-in bagi penumpang, Lion Air memberikan kemudahan bagi para pelanggannya. Yakni dengan memberikan layanan baru di mana penumpang pesawat Lion Air Group tidak perlu lagi check-in di bandara.

Lion Air Group menyediakan layanan city check-in yang memudahkan calon penumpang dalam menyiapkan rencana penerbangannya.

Fasilitas city check-in Lion Air tersedia di seluruh kantor penjualan (ticketing sales office), antara lain Lion Air Tower Jakarta Harmoni, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, Pekanbaru, Padang, Yogyakarta, Semarang, Banda Aceh, Pontianak, Solo, Batam dan kota lainnya.

Keuntungan Menggunakan City Check-in Lion Air

Ada banyak keuntungan bagi penumpang menggunakan city check-in tanpa harus ke bandara.

  1. Simpel, calon penumpang tidak perlu antre di area konter check-in bandara.
  2. Fasilitas ini berlaku untuk penerbangan langsung dan tiket lanjutan menggunakan maskapai Lion Air Group.
  3. Layanan City Check-in tersedia selama 24 jam di Lion Air Tower Jakarta, sedangkan di kantor penjualan yang lain menyesuaikan dengan jam operasional.
  4. Calon penumpang bisa bebas memilih tempat duduk tanpa biaya tambahan, selama persediaan tempat duduk masih ada.
  5. Calon penumpang bisa beli kuota bagasi tambahan (pre-paid baggage) maksimal 30 kilogram per penumpang dengan diskon hingga 35 persen.
  6. City check-in berlaku bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan dengan prioritas tanpa bagasi. Apabila calon penumpang membawa bagasi, maka saat di terminal keberangkatan wajib melaporkan kembali bagasi di konter check-in.

Syarat City Check-in dan Mobile Check-in

Untuk menggunakan fasilitas city check-in ini ada syaratnya, lho.

  • Menyiapkan syarat kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Syarat kesehatan ini sebagaimana menjadi syarat perjalanan domestik menggunakan pesawat dari pemerintah.Baca juga: Berlaku 17 Juli, Ini Syarat Perjalanan Terbaru
  • Menyiapkan sejumlah dokumen seperti identitas resmi (KTP, paspor), dan dokumen lainnya yang diperlukan.
  • Boleh membawa bagasi kabin (cabin baggage) terdiri 1 (satu) personal item dengan berat maksimal 7kg, ukuran untuk bagasi pesawat jet 40cm x 30cm x 20cm serta bagasi pesawat propeller (baling-baling) 35cm x 30cm x 20 cm. Apabila membawa bagasi tercatat atau atau bagasi yang dititipkan (Checked Baggage), tetap harus melakukan pelaporan bagasi di check in counter.
  • City check-in dibuka 24 jam hingga 4 (empat) jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Calon penumpang yang sudah memiliki boarding pass dan tidak membawa bagasi tercatat atau bagasi yang dititipkan (checked baggage), dapat langsung menuju boarding gate tanpa harus cetak (print) boarding pass kembali di bandara.
  • Harus berada di ruang tunggu 40 menit sebelum waktu keberangkatan, sesuai jadwal yang tertera di boarding pass.
  • Harap melakukan konfirmasi ulang kepada petugas layanan di boarding gate mengenai aktual nomor ruang tunggu (gate) sesuai nomor dan jadwal penerbangan.
  • Bila terjadi perubahan jadwal terbang oleh pihak maskapai, penumpang harus melakukan pengecekan jadwal terbaru di website dan melapor kembali di counter check-in terminal keberangkatan.
  • City check-in dapat diwakilkan dengan cara membawa identitas valid dan masih berlaku bagi calon penumpang dan KTP pihak yang membantu untuk melakukan proses city check-in.

Untuk kemudahan melakukan check-in Lion Air tanpa harus ke bandara, kamu juga bisa melakukan check-in menggunakan HP atau laptop.

Cara Check in Online Lion Air Lewat HP

Check-in Lion Air dapat dilakukan melalui aplikasi mobile Lion Air, kamu bisa download mobile app Lion Air di Play Store dan App Store.

  • Mobile check-in dapat dilakukan 10 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan.
  • Buka Mobile Apps dan pilih menu Check-in
  • Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) yang terdiri dari 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) dari penumpang yang akan melakukan penerbangan.
  • Dihimbau untuk berada di ruang tunggu terminal bandara 40 menit sebelum keberangkatan.
  • Bila tidak membawa bagasi tercatat dapat langsung menuju ruang tunggu dan tunjukkan e-boarding pass.
  • Bila membawa bagasi tercatat maka harus melapor kepada petugas di konter check-in dan mencetak ulang boarding pass.

Cara Check in Online Lion Air Melalui Website

  • Buka laman resmi https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/web-check-in
  • Kemudian pilih “Lion Air”. Akan muncul tampilan pengisian data.
  • Masukkan kode pemesanan atau kode booking berjumlah 6 huruf kapital. Isi juga kolom bagian nama belakang penumpang
  • Klik “Pencarian Data” hingga muncul tampilan informasi soal barang-barang yang dilarang dibawa penumpang di pesawat.
  • Baca seluruh peraturannya, lalu pilih “Continue to Check In”.
  • Penumpang bisa melakukan pemilihan kursi. Jika sudah selesai memilih, pilih “Check In”.
  • Boarding pass akan muncul dan ada pilihan untuk mengirim lewat e-mail ataupun mencetaknya.

Kapan Bisa Melakukan Check-in Online Lion Air?

Check-in online Lion Air bisa dilakukan dalam kurun waktu 23 jam sampai dua jam sebelum keberangkatan pesawat dan hanya bisa untuk penerbangan domestik.

Setelah melakukan check-in Lion Air secara online, pastikan semua informasi yang tertulis di boarding pass sudah benar. Jika terdapat kesalahan, segera hubungi maskapai yang bersangkutan.

Layanan Check-in Online dan City Check-in Tidak Berlaku dengan Kriteria Ini

  • Jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking).
  • Penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara misalnya: dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya.
  • Kategori bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk.

Hadirnya fasilitas city check-in dan online check-in diharapkan menjadi cara yang cepat dan nyaman untuk penumpang Lion Air Group yang check-in tanpa harus ke bandara.

Terbuka Peluang Bisnis Agen Tiket dan PPOB

Bisnis tiket dan agen PPOB menjadi bisnis yang menguntungkan. Meski di masa pandemi, namun kebutuhan digital masyarakat Indonesia menjadi hal yang utama, seperti bayar tagihan, beli pulsa data internet, voucher game, top up saldo emoney atau kebutuhan beli tiket pesawat, kereta, bus AKAP, atau pengiriman barang.

Semua bisa dilakukan di Loket Fastpay sebagai bisnis PPOB yang menjanjikan. Bisnis Fastpay bisa dikelola oleh siapa saja dengan modal kecil. Kesempatan masih terbuka lebar untuk membuka bisnis PPON dan agen tiket bersama Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB dan Tiket Fastpay

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB dan Agen Tiket Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/