Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Online

Sebarkan artikel ini

Terhitung pada 1 Januari 2019 mendatang, pemerintah Indonesia menargetkan agar seluruh warganya sudah harus memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Hal ini juga telah dibahas secara tertulis dalam Undang-undang SJSN Nomor 24 Tahun 2011. Tujuannya tentu agar Anda dan seluruh warga Indonesia lain mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan terjangkau tanpa dipusingkan oleh masalah biaya.

Sebagai peserta BPJS, Anda diharuskan untuk membayar iuran dalam jumlah tertentu setiap bulannya. Jumlah iuran ini bisa berbeda pada setiap orang, biasanya tergantung dari kelas fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan. Begini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk cek tagihan BPJS secara online.

Melalui website resmi BPJS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk bayar BPJS online adalah dengan melalui website resmi BPJS di bpjs-kesehatan.go.id. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudahnya di bawah ini:

  1. Pada halaman utama website BPJS Kesehatan, klik menu “Cek Pembayaran Iuran”. Sebagai alternatif, Anda juga bisa langsung membuka alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  2. Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan tanggal lahir Anda pada kolom yang telah tersedia
  3. Masukkan juga angka validasi yang tertera untuk konfirmasi, lalu klik “Cek”
  4. Rincian tagihan pembayaran BPJS Online akan muncul pada layar, isinya meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan tagihan yang belum dibayarkan

SMS Gateway BPJS

Selain melalui website, Anda juga bisa cek tagihan BPJS melalui layanan SMS Gateway yang telah disediakan oleh pemerintah. Layanan satu ini akan memudahkan Anda dan peserta BPJS lain yang cenderung jarang mengakses internet.

Nantinya, Anda bisa mendapat informasi tentang jumlah tagihan iuran bulanan BPJS. Jika memiliki tunggakan, informasi jumlah denda yang harus dibayarkan juga akan diberikan melalui SMS Gateway ini. Cara menggunakan layanan SMS Gateway ini sangat mudah sekali, Anda hanya perlu mengirimkan pesan berisi nomor kartu BPJS Kesehatan ke nomor 0877-5500-400 dengan format seperti di bawah ini:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS
Contoh: Tagihan 0010987654321

Mendatangi Toko Modern FastPay terdekat

Cek tagihan BPJS Online juga bisa Anda lakukan dengan mendatangi toko modern FastPay terdekat. Menerapkan sistem Payment Point Online Bank (PPOB), FastPay tidak hanya mampu membantu Anda cek tagihan BPJS, tetapi juga sekaligus bayar BPJS online. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai cabang toko modern FastPay di tempat tinggal Anda.

Tak hanya cek tagihan dan bayar BPJS, FastPay juga menyediakan layanan-layanan lain yang memudahkan berbagai aspek kehidupan, yaitu:

  • Layanan penjualan barang – menyediakan ratusan ribu barang siap jual
  • Layanan tiket dan reservasi – tiket pesawat, kereta api, kapal bus, dan hotel
  • Layanan tur dan travel – menyediakan ribuan paket wisata domestik dan mancanegara
  • Layanan pembayaran tagihan – BPJS, PLN, PDAM, telepon, internet, pulsa, BPJS, dan lain-lain)
  • Layanan keagenan – asuransi, koran, TV berlangganan, dan lain-lain
  • Layanan perbankan – buka rekening baru, setor tunai, tarik tunai, dan pencairan dana
  • Layanan ekspedisi – pengiriman barang dan dokumen ke seluruh wilayah Indonesia

Sekarang adalah saat yang tepat untuk bergabung dan merasakan sendiri keuntungannya melalui Toko Modern FastPay. Tak hanya membantu orang lain untuk cek tagihan BPJS, Anda juga bisa sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan lain melalui layanan-layanan tersebut. Mari bergabung dengan Toko Modern FastPay sekarang juga!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF