Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Setelah Resign

Sebarkan artikel ini

Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Setelah Resign — BPJS Kesehatan merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan tiap karyawan. Bagaimana cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan dari perusahaan ke mandiri? Simak terus artikel di bawah ini.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan setelah resign, perlu diketahui syarat mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan ke mandiri.

Syarat Pindah kepesertaan BPJS perusahaan ke mandiri

Dikutip Kompas, peserta yang sudah tidak ditanggung oleh pemberi kerja karena berakhirnya hubungan kerja wajib berpindah status menjadi PBPU (Pekerja Bukan Pemberi Upah).

Opsi lainnya dalam Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Setelah Resign bisa dilakukan apabila pekerja berhenti sebagai PPU yang ditunjukan dengan status peserta dinonaktifkan oleh perusahaan atau menunjukan surat PHK.

Peserta PPU yang menjadi peserta PBPU pada bulan berjalan sebelum dinonaktifkan, maka pembayaran iuran akan dapat dibayarkan pada tanggal 1 bulan berikutnya, dengan status kepesertaan PBPU akan aktif sejak iuran dibayarkan.

Berikut ketentuan menjadi peserta PBPU BP:

  1. Tidak dikenakan masa administrasi 14 hari jika peserta membayar iuran dalam N+1 sejak dinonaktifkan;
  2. Tidak dikenakan masa administrasi 14 hari jika peserta membayar iuran;
  3. Dikenakan administrasi 14 hari jika peserta membayar iuran lebih dari N+1 atas kewajiban iuran pada bulan berjalan.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Mengaktifkan BPJS Kesehatan Setelah Resign

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Buku Tabungan
  4. Paklaring atau surat pengunduran diri
  5. Formulir Pindah Kepesertaan (akses disini)
  6. Formulir Kesepakatan Autodebet (baca lebih lanjut)

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan Setelah Resign dengan JKN

Salah satu cara mudah dalam mengaktifkan BPJS Kesehatan setelah anda resign ialah dengan mengunduh aplikasi JKN:

  1. Buka aplikasi JKN;
  2. Klik menu ‘Ubah Data Peserta’
  3. Di bagian ‘peserta’, klik tanda panah >
  4. Ubah data dari Pegawai Swasta (Pilihan Peserta Saat Ini) menjadi Pekerja Mandiri (Tujuan Pilihan Peserta). NB: Pengalihan pilihan ini harus dalam kondisi non-aktif atau non-aktif pada akhir bulan.
  5. Klik selanjutnya
  6. Ikuti langkah berikutnya sampai selesai
  7. Status kepesertaan akan aktif lagi

Opsi lain yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan BPJS Kesehatan dengan menghubungi Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di 08118165165 dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Membayar BPJS dengan Fastpay

Membayar tagihan BPJS sangat mudah dengan Fastpay. Cukup datangi agen Fastpay terdekat dari lokasi anda dan ikuti langkah-langkah yang diinstruksikan oleh agen untuk mempermudah proses pembayaran tagihan BPJS anda.

Peluang Bisnis Fastpay Modal Kecil Menguntungkan

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan terlengkap, menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan hanya modal kecil saja untuk bisnis PPOB Fastpay. Menjadi Agen Fastpay atau Mitra Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB terlengkap; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Bisnis Fastpay itu produk dan layanannya dibutuhkan masyarakat Indonesia sampai kapanpun untuk bayar tagihan, beli pulsa, internet, tiket perjalanan, kirim barang, dll. Semua kebutuhan itu bisa dilakukan di Agen Fastpay.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Bisa transaksi dan transfer uang menggunakan EDC Fastpay.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
ic_daftarfastpay Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Setelah Resign ic_temukan-di-googleplay Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Setelah Resign
asset-bisnis-ppob-terlengkap Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Setelah Resign

Meidira