Belanja di Google Play Store Bisa Pakai Apa Saja?

  • Terdapat 3,451,774 aplikasi di Google Play Store (termasuk game di dalamnya).
  • Indonesia adalah negara dengan
  • download terbanyak Google Play ke 5 di dunia setelah China, India, Amerika dan Brazil.Nikmati jutaan aplikasi, game, musik, film, TV, buku, majalah & konten Android terbaru lainnya, kapan pun, di mana pun, di seluruh perangkat kamu.

Google Play sebagai toko digital berbagai jenis aplikasi, game, film, tv, buku dan majalah, mempunyai lebih dari 3 juta layanan aplikasi (3,451,774) yang bisa didapat secara gratis atau dengan membayar (beli).

Sebanyak 3,337,255 bisa didapat secara gratis dan sekitar 114,362 aplikasi merupakan berbayar. Perbandingan aplikasi gratis dan berbayar ada pada grafik di bawah.

Ada dua jenis aplikasi dan game berbayar, yaitu membeli lisensi dan in-app purchase.

Aplikasi berbayar adalah pengguna membeli lisensi aplikasi tersebut untuk dapat menggunakannya secara penuh, selain versi gratisnya dengan pembatasan fitur. Ketika membeli lisensi atau berlangganan dengan pilihan bulanan, tahunan atau bahkan seumur hidup, bisa menggunakan secara penuh fitur yang disediakan.

In-app purchase, adalah pembelian di dalam aplikasi untuk melengkapi fitur gratis yang sudah disediakan dengan fitur yang lebih lengkap atau premium. In-app purchase lebih banyak digunakan didalam aplikasi berjenis game. Kamu dapat melihatnya ketika hendak menginstall game terdapat keterangan “in-app purchase”.

Game-game yang beredar di Google Play Store hampir semuanya menyediakan in-app purchase, seperti pada game MagicRush: Heroes untuk pembelian diamond, game Free Fire atau Mobile Legends, untuk membeli diamond, PUBG Cash, Big Car Coin dan Zeny dalam game Ragnarok M: Eternal Love, dll sesuai mata uang yang berlaku di dalam game.

Untuk mendukung pembelian aplikasi berbayar dan in-app purchase, Google Play mempunyai empat alat pembayaran yang resmi bisa digunakan di Indonesia oleh penggunanya.

Empat metode pembayaran yang diakui sebagai alat pembayaran resmi tersebut adalah: voucher Google Play, Gopay, pulsa dan kartu debit atau kartu kredit.

Voucher Google Play

Ada dua jenis voucher Google Play, yaitu voucher fisik yang bisa didapatkan di gerai-gerai minimarket dan voucher elektrik/digital yang bisa dibeli melalui Loket Toko Modern Fastpay atau melalui aplikasi Fastpay.

Voucher Google Play murah di Fastpay

Denom Google Play yang bisa dibeli di Loket Toko Modern Fastpay mulai dari Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp150.000, Rp300.000 dan Rp500.000 (perlu dicatat untuk pembelian voucher Google Play bisa dikenakan pajak pembelian 10% dari harga jual)

Voucher Google Play berupa kode 16 digit yang diredeem didalam akun Google Play sehingga akan menambah saldo akun Google Play kamu. Selanjutnya bisa digunakan untuk pembelian aplikasi atau in-app purchase.

Gopay

Gopay telah menjadi alat pembayaran resmi di Google Play Store sehingga mudah digunakan. Cukup menambahkan nomor seluler yang terdaftar di Gopay/Gojek dan masukkan kode verifikasi, selanjutnya pembelian aplikasi atau in-app purchase akan langsung memotong saldo Gopay kamu.

Beli di Play Store pakai saldo Gopay

Untuk kemudahan isi saldo Gopay sebelum belanja di Google Play Store, kamu bisa lakukan top up saldo Gopay di Loket Toko Modern Fastpay atau melalui aplikasi Fastpay. Tersedia denom Gopay mulai dari Rp10.000 – Rp500.000

Pulsa

Pulsa merupakan salah satu alat pembayaran resmi di Google Play Store, namun hanya tiga operator saja yang bisa digunakan di Google Play yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL/AXIS. Kamu cukup mengisi pulsa sesuai kebutuhan dari salah satu operator diatas yang kamu gunakan, tambahkan di akun Google Play nomor kamu, lakukan verifikasi yang diminta dan selanjutnya dapat digunakan untuk pembelian.

Untuk pembelian pulsa murah untuk di Play Store bisa melalui Loket toko Modern Fastpay atau melalui aplikasi Fastpay. Tersedia pulsa-pulsa reguler murah dan pulsa transfer.

Kartu debit atau kartu kredit

Kartu debit dapat digunakan sebagai alternatif bila kamu tidak memiliki kartu kredit. Namun tidak semua kartu debit bisa dipakai untuk membayar di Google Play Store contohnya Mandiri dan ATM BCA meskipun bisa dipakai untuk belanja online tapi tidak bisa dipakai untuk beli aplikasi di Google Play Store karena transaksinya harus menggunakan 3D secured atau OTP di Google Play Store.

Syarat utama kartu debit yang bisa digunakan di Google Play adalah bertanda VISA. Beberapa kartu debit bank lokal yang “kemungkinan besar” bisa digunakan untuk membeli aplikasi Android di Google Play Store diantaranya Visa BTN, Visa BTN Syariah, Visa Permata & Permata Syariah, Visa BNI & BNI Syariah (menggunakan VCN), VISA Jenius BTPN, DigiBank DBS.

Untuk kartu kredit semuanya bisa digunakan atau ditambahkan sebagai alat pembayaran di Google Play Store. Cukup memasukkan nomor kartu kredit, CVC dan masa berlaku kartu kredit.

Bila kamu menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayar di Google Play Store, jangan lupa untuk membayar tagihan kartu kredit kamu di Loket Toko Modern Fastpay terdekat atau melalui aplikasi Fastpay.

Nah dari empat pilihan pembayaran di Google Play Store, mana yang lebih mudah?

Semoga bermanfaat.

bisnis voucher game murah

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/