Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR

Sebarkan artikel ini

Dalam game online terutama game yang bersifat gacha, memiliki tingkat kelangkaan atau rarity. Rating rarity game seperti R, SR, SRR punya arti masing-masing.

Di dalam dunia game, istilah gacha akrab dengan game online yang ada sistem pembelian di dalamnya. Terutama pada game pay to win atau game free to playGacha sendiri merupakan sebuah sistem undian untuk mendapatkan berbagai jenis item game seperti senjata, armor, skill, aksesoris atau hero secara acak. Biasanya diistilahkan dengan summon.

Pada saat melakukan gacha atau undian di dalam game, ada tingkat kelangkaan pada item atau karakter/hero. Semakin langka sebuah item atau karakter, semakin banyak kelebihan yang dimiliki.

Tingkat kelangkaan atau rarity biasanya berupa kode atau bintang yang muncul atau penamaan istilah lain yang menandakan tingkatan. Selain itu item atau karakter langka biasanya berharga mahal, meski ada pula yang ditebus menggunakan diamond atau currency lain yang didapat gratis atau berbayar.

Tingkat rating game untuk rarity item atau karakter gacha pada game biasanya ditulis seperti: N, R, SR, SSR, UR, LE, LR, Elite atau Mystical.

Bila kamu memainkan game online yang menampilkan kelangkaan dalam jenis bintang, atau kode seperti di atas, kamu perlu tahu arti dari kode-kode tersebut.

Banyak sekali game-game yang menerapkan sistem gacha, seperti Genshin Impact, game-game bergenre Idle Game, dll. Atau Mobile Legends dan Free Fire juga menggunakan sistem gacha untuk mendapatkan skin item.

Macam Jenis Rarity Item atau Karakter

Setiap game online yang menggunakan sistem gacha memiliki berbagai jenis tipe rarity atau kelangkaan yang berbeda-beda. Jenis type rarity yang biasa digunakan seperti berikut.

Sistem Level Bintang

Salah satu sistem rarity gacha yang sering dipakai dalam game untuk item atau karakter adalah ⭐ “bintang”. Semakin banyak bintang pada item atau karakter, semakin tinggi tingkatan item atau karakter tersebut. Sistem dengan level bintang umumnya berwarna kuning.

Sebagai standar, tingkatan rarity atau kelangkaan bintang dalam game gacha sampai dengan 5 bintang saja. Dalam skala derajat, satu bintang ⭐ sama dengan “Common”, dua bintang ⭐⭐ sama dengan “N”, tiga bintang ⭐⭐⭐ sama dengan “R”, empat bintang ⭐⭐⭐⭐ sama dengan “SR” dan lima bintang ⭐⭐⭐⭐⭐ sama dengan “SSR”.

Level rarity bisa naik lagi untuk jenis karakter yang menerapkan awakening atau menggabungkan hero sejenis. Biasanya berupa bintang warna merah yang menandakan di atas 5 level hingga mencapai 10 level, dst.

ark-legends-gacha-sistem Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR
Rarity dalam game Ark Legends menggunakan bintang untuk hero

Common

Item/karakter “Common” atau item/karakter biasa didalam game gacha, biasanya masih kisaran antara rarity item N dan R. Rarity Common, N atau R sangatlah standar.

Dalam sistem rarity bintang, Common dan N adalah bintang 1 ⭐.

N

Rarity “N” didalam game gacha merupakan singkatan dari “Normal”, sifatnya Common atau biasa. Rarity Common atau N sering muncul disaat gacha.

Item dengan rarity N dalam game online baik itu MMORPG, Idle Game atau game genre lain, biasanya hanya dibuang dan dijadikan tumbal untuk upgrade item, skill, dll pada item yang memiliki rarity lebih tinggi.

Atau bila pada karakter/hero, dijadikan upgrade untuk mendapatkan derajat rarity lebih tinggi, biasanya N+

R

Rarity “R” dalam game gacha adalah singkatan dari “Rare” atau langka. Dalam sistem level bintang, “R” biasanya mempunyai ⭐⭐⭐. Rarity R memilik kualitas yang standar atau biasa saja, tidak terlalu buruk dan tidak terlalu bagus.

Contoh game yang mengadopsi sistem rarity R, SR, SSR adalah One Punch Man.

rarity-rating-one-punch-man Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR
One Punch Man menggunakan sistem rariry R, SR, SRR

SR

Rarity “SR” singkatan dari “Super Rare” alias sangat langka dalam ketegorinya. Dalam sistem bintang biasanya ⭐⭐⭐⭐. Item, hero atau skill dengan rarity “SR” cukup lumayan, berada dipertengahan dan cocok digunakan di awal-awal saat memainkan game.

Contoh dalam game Valor Legends yang termasuk genre Idle Game atau Ark Legends bergenre Role Playing, menggunakan sistem bintang.

rarity-sistem-bintang-valor-legends Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR
Valor Of Legends menggunakan sistem rarity bintang

SSR

Rarity “SSR” atau “Super Super Rare” atau “Super Special Rare” berkategori sangat-sangat langka. Dalam rarity bintang punya ⭐⭐⭐⭐⭐.

Item, hero atau equip yang bertipe SSR sangat susah didapatkan. Prosentase mendapatkan rarity SSR 1:10 dalam sistem summon. Seperti contoh summon hero dalam game Ark Legends, untuk mendapatkan hero bintang 5 Iselda 1:10.

hero-rarity-ark-legends Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR
Rarity Ark Of Legends 1:10 untuk mendapatkan SSR atau bintang 5

rarity-bintang-5-ark-legends Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR

UR

Rarity “UR” dalam game gacha adalah “Ultra Rare” yang dibeberapa game, derajatnya sama dengan item SSR dan susah didapat. Bahkan ada yang membutuhkan biaya yang besar.

sistem-gacha-star-genshin-impact Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR
Genshin Impact berikan rarity hero dan item secara bersamaan

LE

Rarity “LE” adalah “Limited Edition” yang muncul-muncul pada event-event tertentu. Item, hero atau skill “Limited Edition” biasanya dibeli dengan mahal menggunakan diamond, gold, dll.

LR atau Legendary

Rarity “LR” adalah singkatan dari “Legendary Rare”, gamer menyebutnya Legendary yang punya derajat kelangkaan di atas “SSR” dan “UR”. Untuk dapatkan item atau hero Legendary sangat susah, biasanya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pada sistem gacha atau event.

Mythic

Rarity “Mythic” biasanya untuk item atau karakter/hero yang mempunyai tipe dewa alias God dari mitologi Yunani atau item-item dewa yang mempunyai damage besar.

Untuk memperoleh item atau karakter Mythic ini sangat sulit, bahkan membutuhkan biaya yang besar. Contoh item Mythic di game League of Legends seperti: Galeforce, Kraken Slayer, Immortal Shieldbow, Sunfire Aegis, dll.

Rarity yang lain adalah hasil dari penggabungan hero atau item yang ditandai dengan bintang merah dengan skala 1-5 yang merupakan bintang 6 hingga bintang 10-12. Bahkan ada juga tingkatan setelah bintang merah 1-5 naik level menjadi bintang gold. Tentunya untuk mendapatkan rarity hingga level ini butuh waktu lama juga biaya.

Semuanya tergantung dari developer masing-masing.

Cukup sekian pembahasan tentang rating rarity dari game online. Semoga bermanfaat.

Peluang Bisnis Voucher Game

Fastpay membuka kesempatan buat kamu untuk menjadi agen voucher game murah seperti voucher Valorant Points, voucher Google Play, diamond FreeFire, Garena, PUBG Mobile, Call Of Duty: Mobile, diamond Mobile Legends, Arena Of Valor, voucher Steam, Lyto, dll.

Gak cuma berbisnis voucher game, kamu juga bisa bisnis PPOB, bisnis tiket travel, bisnis pulsa internet, dll. Semua layanan bisnis ada di Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay & Voucher Game

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis voucher game, PPOB dan pulsa murah di Fastpay sangat menguntungkan. Tidak ada resiko dan modal kecil untuk bisnis PPOB dan bisnis pulsa Fastpay. Menjadi Loket Toko Modern Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

  1. Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; bisnis transfer uang, dll.
  2. Fastpay tersedia berbagai jenis voucher game terlaris seperti: Valorant Points, diamond FF, diamond Mobile Legends, Genesis Crystal Genshin Impact, voucher Garena, PUBG Mobile, CODM, Ragnarok M, PointBlank, Google Play, dll.
  3. Sistem bisnis PPOB mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan
    Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  4. Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.
  5. Dan banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan.
ic_daftarfastpay Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR ic_temukan-di-googleplay Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR
asset-bisnis-voucher-game-murah Arti Rating Rarity Game R, SR, SSR

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/