Apa Itu Gerakan Nasional Non Tunai? Temukan Jawabannya di Sini

Sebarkan artikel ini

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini banyak sekali hal yang mulai berubah. Baik itu dalam sistem perekonomian atau dalam sistem perbisnisan. Pengurus bank Indonesia saat ini menginginkan segala transaksi kedepannya menggunakan GNNT atau transaksi non tunai. Hal ini akan membuat masyarakat lebih mudah dan efisien.

Namun, sebelum melakukan hal tersebut, Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu mengenai apa itu Gerakan Nasional Non Tunai? Ya, GNNT ini merupakan salah satu gerakan penggunaan alat pembayaran non tunai yang dirancang oleh bank Indonesia pada 14 Agustus 2014.

Tujuan adanya gerakan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, lembaga pemerintah serta pelaku bisnis. Selain itu, dengan melakukan sistem GNNT kini Anda tidak perlu repot bertransaksi menggunakan banyak uang dan menunggu kembalian. Sangat sederhana bukan sistem seperti ini? nah, untuk penjelasan selengkapnya, simak ulasan berikut.

Alasan Harus Menggunakan GNNT

Setelah mengetahui tentang apa itu Gerakan Nasional Non Tunai, kini Anda juga harus mengetahui berbagai alasan yang mengharuskan seluruh masyarakat menggunakannya. Bukan hanya untuk menghemat waktu saja, dengan melakukan sistem GNNT ini transaksi Anda juga akan lebih aman dan nyaman.

Menggunakan sistem ini sebenarnya sudah dilakukan sejak dimunculkan pada tahun 2014. Harapan ke depannya yaitu pada tahun 2024 seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan sistem ini. berbagai sosialisasi akan terus dilakukan untuk memajukan dan mendukung sistem ini agar berjalan dengan lancar.

Bukan hanya itu saja, hal ini juga memiliki tujuan khusus untuk kemajuan bangsa agar tidak tertinggal oleh negara maju lainnya. Pasalnya sudah hampir di seluruh ASEAN menggunakan sistem GNNT dalam melakukan transaksi. Hanya negara Indonesia saja yang hanya sebagian kecil yang menggunakannya. Nah, berikut beberapa alasan mengapa harus menggunakan GNNT:

  • Transaksi non tunai lebih higienis, karena biasanya jika melakukan transaksi menggunakan uang tunai, uang tersebut akan selalu ¬†berpindah tangan, sehingga akan mengandung banyak bakteri. Apabila menggunakan non tunai seperti menggunakan kartu tidak akan sering berpindah tangan. Hal ini berkemungkinan pertumbuhan bakteri tidak akan terlalu banyak
  • Transaksi non tunai lebih aman saat bepergian jauh. Hal ini dikarenakan ATM memiliki password yang tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Sedangkan menggunakan uang tunai akan rawan terkena copet atau semacamnya dan tentu saja akan sulit untuk melacaknya
  • Melakukan transaksi non tunai memiliki lebih banyak pilihan. Seperti misalnya Anda bisa menggunakan kartu kredit, debit, pembayaran online dan lain-lain
  • Melakukan transaksi non tunai berkemungkinan besar untuk mendapatkan diskon dan berbagai promo menarik
  • Transaksi non tunai dapat mengurangi peredaran uang palsu.

Kelemahan Penggunaan GNNT

Bukan hanya memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan para penggunanya saja. Sistem yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan. Ya, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Namun kelemahan yang dimilikinya bukan masalah besar yang menimbulkan berbagai hal negatif.

Apabila Anda bisa menjaga, merawat dan menggunakan uang elektronik dengan baik dan benar maka kelemahan tersebut tidak akan muncul. Begitupun sebaliknya apabila Anda teledor atau kurang teliti, maka akan terjadi beberapa masalah yang harus diselesaikan. Nah, berikut beberapa kekurangan yang terdapat dalam sistem GNNT:

  • Jumlah merchant yang menerima transaksi  menggunakan uang elektronik belum merata di seluruh Indonesia
  • Layaknya uang tunai yang hilang, apabila uang elektronik hilang kemungkinan saldo juga akan hilang
  • Sulitnya mengecek saldo, misalnya ketika Anda sedang berada di tempat-tempat tertentu yang susah sinyal akan sulit mengeceknya.

Kelebihan Transaksi Non Tunai

Memang masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Gerakan Nasional Non Tunai. Namun, GNNT ini berbeda dengan transaksi tunai yang mengandung banyak risiko, entah itu risiko kriminal seperti pencurian, perampokan dan lain-lain. Menggunakan GNNT akan lebih aman dan tentunya tidak beresiko tinggi.

Bukan hanya itu saja, kelebihan dari GNNT ini juga akan dinikmati jika Anda bisa menggunakan uang elektronik dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus teliti agar kartu ATM atau uang elektronik tersebut tidak mudah hilang. Nah, berikut beberapa kelebihan menggunakan sistem GNNT:

  • Dapat terus digunakan selama kartu belum rusak
  • Tidak ada saldo minimal dan dapat digunakan tanpa nilai minimum transaksi
  • Dapat digunakan kapan saja dan dimana saja serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan
  • Dapat digunakan untuk mengontrol pengeluaran dan budget.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai apa itu Gerakan Nasional Non Tunai yang bisa Anda pahami. Dengan memahami lebih dalam mengenai hal tersebut, kini Anda tidak perlu lagi untuk melakukan GNNT. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa GNNT ini memiliki banyak kelebihan dan kemudahan yang diberikan, transaksi Anda akan aman dan nyaman.

Tentunya, transaksi yang dilakukan tidak akan menyita banyak waktu dan tenaga. Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya atau masih ragu untuk menggunakannya, buruan gunakan sekarang juga dan jangan sampai ketinggalan zaman!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF