Akun DANA Tidak Aktif Terlalu Lama, Ini Penyebab dan Solusinya

Sebarkan artikel ini

Punya akun DANA pernah alami hal ini? Akun DANA tidak aktif terlalu lama sehingga kamu gak bisa akses aplikasi DANA. Ternyata ini penyebab dan solusinya yang musti kamu ketahui

Metode pembayaran cashless saat ini menjadi tren, terutama dikalangan milenial. Pembayaran dengan sistem cashless ini sesuai dengan gaya hidup jaman digital.

Banyak sekali dompet elektronik yang bermunculan sebagai solusi untuk pembayaran cashless ini, seperti OVO, Gopay, Shopeepay, DANA, LinkAja, Speedcash, dll adalah beberapa dompet digital yang banyak digunakan untuk bertransaksi.

Dengan menggunakan dompet digital, gak perlu lagi membawa uang cash banyak di dompet, selain demi keamanan juga faktor kemudahan dalam menggunakan dompet elektronik.

DANA sebagai dompet elektronik dengan jumlah pengguna terbanyak nomor empat di Indonesia, menawarkan berbagai fitur menarik. Banyak fitur ditawarkan di DANA yang membuat DANA berada di posisi ke empat dalam pengguna terbanyak.

Baca juga: 5 Dompet Digital Paling Banyak Dipakai di Indonesia https://www.fastpay.co.id/blog/5-dompet-digital-paling-banyak-dipakai-di-indonesia.html

Belakangan ini banyak user DANA yang mengeluhkan akun DANA tidak aktif terlalu lama saat login. Bahkan penulis sendiri akhir-akhir ini sering muncul notifikasi “Kamu tidak aktif terlalu lama” saat login akun DANA. Hal ini terjadi karena gagalnya login ke aplikasi DANA. Lalu, apa penyebab?

6 Penyebab Akun DANA Tidak Aktif Terlalu Lama

Berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kendala diatas.

1. Koneksi internet terputus

Terkadang notifikasi gagal login akun DANA ini juga muncul karena koneksi internet yang tiba–tiba hilang atau terputus atau kualitas jaringan internet yang cenderung tidak stabil. Tentunya jika permasalahan pada koneksi internet akan lebih mudah mengatasinya.

Penulis beberapa kali mengalami notifikasi “Kamu tidak aktif terlalu lama” ketika menggunakan jaringan Wifi. Kemungkingan jaringan Wifi yang tidak stabil menyebabkan gagal masuk ke aplikasi DANA. Solusinya dengan merubah koneksi pada smartphone ke paket data. Dan berhasil.

Selain DANA tidak aktif terlalu lama, koneksi terputus juga biasanya ditandai dengan notifikasi error connection time out.

2. Sistem mendeteksi aktivitas janggal

Aplikasi DANA adalah aplikasi keuangan yang mempunyai sistem keamanan berlapis. Biasanya setelah memasukan email atau nomor telepon yang teregistrasi, kamu harus memasukan PIN sebagai kode keamanan aplikasi.

Jika login aplikasi gagal, kemungkinan sistem membaca adanya aktivitas yang tidak biasa pada akun kamu. Sehingga kamu gagal masuk ke dalam aplikasi ini dan tertera tulisan pada akun DANA kamu tidak aktif terlalu lama.

3. Proteksi penyalahgunaan akun DANA

Sebagai salah satu upaya memberikan keamanan bagi penggunanya, DANA memperketat keamanan untuk menjamin data, saldo dan informasi akun pengguna tetap aman. Salah satunya dengan membatasi waktu login aplikasi DANA.

Oleh karena itu, saat login ke aplikasi DANA muncul notifikasi akun DANA tidak aktif terlalu lama untuk membatasi range waktu login pengguna.

Tujuannya agar akun tidak logout dan login dalam rentang waktu yang pendek untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan percobaan login akun DANA.

4. Server error

Selayaknya aplikasi lain yang memiliki waktu-waktu tertentu sebagai waktu untuk maintenance, Aplikasi DANA juga memiliki beberapa masa atau waktu tertentu, untuk masa pemeliharaan aplikasi.

Jika kamu mencoba login pada masa maintenance aplikasi, sudah dipastikan bahwa kamu akan gagal masuk ke dalam aplikasi ini. Itulah beberapa masalah penyebab sulitnya masuknya ke dalam akun DANA dan tertera tulisan kamu sudah tidak aktif terlalu lama.

5. Akun DANA dibekukan

Gagal login DANA karena akun dibekukan terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Adanya penyalahgunaan akun DANA.
  • Indikasi peretasan atau hack akun.
  • Pengguna DANA salah login akun terus menerus.
  • Pengguna DANA sering melakukan logout dan login atau mengakses aplikasi DANA dalam jeda waktu terlalu pendek.
  • Transaksi DANA yang tidak wajar.

5 hal diatas merupakan indikasi awal yang menyebabkan akun DANA tidak aktif terlalu lama karena dibekukan saat mengakses ke aplikasi DANA.

Jika dijumpai penyalahgunaan akun, maka akun akan dibekukan atau bahkan di blokir dan tidak bisa login kembali. Untuk itu kamu harus segera melakukan banding melalui customer service DANA agar akun kamu kembali normal.

6. Cache aplikasi DANA penuh

Cache adalah ruang penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan aktivitas terakhir yang dilakukan di aplikasi DANA. Semakin banyak aktivitas di aplikasi DANA, maka semakin besar pula cache yang tersimpan.

Cache aplikasi yang full dapat menyebabkan DANA tidak bisa login karena proses perekaman aktivitas gagal saat masuk ke akun DANA.

Cara Mengatasi DANA Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama

1. Mengingat PIN dengan benar

Ketika mencoba masuk kembali ke dalam akun DANA kamu yang sudah tidak aktif terlalu lama, pastikan bahwa kode keamanan atau PIN yang masukan benar. Bila PIN lupa, kamu bisa melakukan reset PIN melalui fitur yang ada.

2. Login DANA setelah 30 menit hingga 1 jam

Setelah mengalami error akun DANA tidak aktif terlalu lama, berikan jeda waktu untuk mengakses dan login kembali dalam rentang waktu 30 hingga 60 menit.

3. Gunakan jaringan internet yang stabil

Pastikan kamu menggunakan jaringan telepon seluler untuk mengakses aplikasi DANA. Jika kamu login ke dalam aplikasi DANA, hindari menggunakan jaringan Wifi. Hal ini sebenarnya untuk keamanan akun kamu sendiri.

Jika ternyata koneksi internet kamu lola, berikut beberapa opsi meningkatkan kualitas internet yang dapat kamu pilih:

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router Wifi

4. Hapus data & cache

Jika kamu merasa rentang waktu logout dan login ke akun DANA terlalu lama, kamu bisa memilih opsi Hapus Data & Cache. Menghapus Data & Cache di aplikasi DANA akan mereset semua data di aplikasi DANA termasuk data login.

Kamu harus melakukan verifikasi ke nomor HP kembali saat login setelah hapus Data.

Berikut cara menghapus Data & Cache DANA:

  • Buka Pengaturan/Setting pada ponsel kamu.
  • Buka Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Cari aplikasi DANA.
  • Pilih Hapus Data lalu Konfirmasi. Kemudian klik Hapus Cache lalu Konfirmasi.
  • Setelah itu, buka kembali aplikasi DANA lalu login menggunakan nomor HP dan password DANA kamu.

Apabila masih ada kendala terhadap akun DANA kamu, bisa hubungi customer service DANA berikut:

WhatsApp: 08191500445.
Email: help@Dana.id.
Telepon: 1500 445.

Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu dalam mengatasi masalah akun DANA tidak aktif terlalu lama. (tgh)

Peluang Bisnis PPOB Digital dan Top UP E-Money

Fastpay membuka kesempatan buat kamu untuk menjadi agen PPOB, top up emoney yang dibutuhkan masyarakat Indonesia, seperti Gopay, Ovo, DANA, LinkAja, Shopeepay, Speedcash, saldo e-toll Mandiri, BRIZZI, BNI TapCash , dll.

Gak cuma berbisnis top up emoney, kamu juga bisa bisnis PPOB, bisnis tiket travel, bisnis pulsa internet, dll. Semua layanan bisnis ada di Fastpay.

__________

Tentang Bisnis PPOB Fastpay Terlengkap

Fastpay adalah platform untuk bisnis Layanan Keuangan Digital dan Bisnis PPOB Terlengkap dan Terbaik di Indonesia. Bisnis tiket di Fastpay sangat menguntungkan. Kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan terlengkap, menjual tiket pesawat, kereta api, kapal PELNI dan bus AKAP dengan keuntungan yang besar. Tidak ada resiko dan hanya modal kecil saja untuk bisnis PPOB Fastpay. Menjadi Agen Fastpay atau Mitra Fastpay akan menaikkan level kamu menjadi entrepreneur digital.

Mengapa berbisnis PPOB Fastpay?

Bisnis PPOB Fastpay merupakan solusi bisnis bagi masyarakat Indonesia yang ingin mempunyai usaha pembayaran PPOB terlengkap; bisnis pulsa murah; bisnis tiket travel pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal PELNI; bisnis top up Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, dll; bisnis ekspedisi; bisnis voucher game murah dan lengkap; layanan transfer uang, dll.

  • Sistem bisnis PPOB yang mudah dijalankan sebagai bisnis utama atau bisnis sampingan.
  • Komisi dan bonus yang menguntungkan dari bisnis PPOB, bisnis pulsa bisnis tiket travel, bisnis voucher game, bisnis ekspedisi, dll.
  • Bisa transaksi dan transfer uang menggunakan EDC Fastpay.
  • Tidak ada kewajiban atau target transaksi, semakin banyak transaksi pelanggan semakin besar pendapatan bonus yang diterima.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/