9 Kelebihan Pakai Nomor Kartu Pascabayar

Sebarkan artikel ini

Telepon seluler merupakan hal yang penting untuk menunjang kebutuhan komunikasi sehari-hari. Pulsa dan internet menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia.

Kebutuhan pulsa selain untuk komunikasi, juga dapat menjadi paket data internet selain membeli secara khusus paket internet dari berbagai provider telekomunikasi yang ada, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Smartfren, AXIS dan Three. Paket internet menjadi kebutuhan mutlak masyarakat jaman sekarang untuk berbagai keperluan.

“Orang Indonesia lebih banyak menghabiskan uangnya untuk pulsa ponsel atau internet dibandingkan listrik. Namun, tidak pernah “teriak” saat tarif naik, berbeda dengan saat tarif listrik naik yang kerap menjadi sorotan dan bulan-bulanan”

Pengguna ponsel sendiri terbagi menjadi dua, pengguna prabayar dan pascabayar. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Meski dianggap nyaman, pengguna nomor telepon pascabayar masih belum sebanyak pengguna prabayar di masyarakat, karena cenderung dianggap mahal.

Jumlah pelanggan ponsel pascabayar sendiri di Indonesia telah mencapai 9,4 juta. Dengan Telkomsel Halo mempunyai jumlah pelanggan terbanyak sebanyak 6,4 juta pelanggan, disusul Indosat (Matrix) dengan 1,6 juta pelanggan, XL dengan 1,2 juta pelanggan, Smartfren sendiri punya sekitar 220 ribu pelanggan pascabayar.

Bandingkan dengan jumlah nomor seluler prabayar aktif mencapai 340 juta, artinya orang Indonesia ada yang memiliki lebih dari satu ponsel dan satu nomor yang digunakan. Bila dituliskan secara detil, jumlah masing-masing pelanggan prabayar dari 5 operator telko di Indonesia sebagai berikut:

  • Jumlah pelanggan Telkomsel prabayar 164,7 juta.
  • Jumlah pelanggan Indosat prabayar 56,4 juta.
  • Jumlah pelanggan XL prabayar 55,74 juta.
  • Jumlah pelanggan Smartfren prabayar 34,2 juta.
  • Jumlah pelanggan Tri prabayar 29 juta.

Bagi banyak orang, menggunakan nomor prabayar lebih murah dibandingkan pascabayar. Tapi anggapan tersebut salah. Harga paket internet prabayar lebih mahal apabila dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif dibandingkan dengan pascabayar.

Provider pascabayar juga melakukan beragam inovasi, sehingga makin memudahkan konsumen dalam memilih dan menggunakan internet. Kartu pascabayar yang memiliki banyak kelebihan sehingga dapat lebih memanjakan konsumen

Dengan banyaknya milenial yang suka berpergian, tentu tidak ingin kehabisan pulsa atau paket data saat ingin mengupdate media sosialnya. Atau berinternet dan menonton tayangan streaming yang banyak digunakan. Sehingga ponse pascabayar bisa menjadi pertimbangan untuk digunakan.

Tertarik menggunakan kartu pascabayar dalam waktu dekat? Intip dulu beberapa benefit yang akan kamu dapatkan begitu mulai berlangganan.

Keuntungan Menggunakan Ponsel Kartu Pascabayar

1. Tidak khawatir kehabisan pulsa

Keunggulan teratas bagi pengguna pascabayar tentu saja adalah pulsa yang selalu ada. Sesuai dengan namanya, kartu pascabayar menggunakan sistem pembayaran berupa tagihan di akhir bulan pemakaian.

Kamu cukup berlangganan paket sesuai dengan kebutuhan, lalu gunakan ponsel sebagaimana mestinya. Jika penggunaan sudah melewati limit tagihan, biasanya ada penurunan kecepatan akses internet. Kamu bisa berlangganan paket pascabayar unlimited atau bisa beralih ke mode hybrid di mana pengguna bisa beralih ke prabayar dan membeli pulsa tambahan.

Kamu dapat mengatur limit penggunaan. Jika seandainya penggunaan melewati batas limit, kamu bisa menghentikan penggunaan. Hal ini sangat cocok bagi para pekerja yang sebagian besar waktunya dihabiskan bersama ponsel dan juga jaringan yang tidak boleh putus.

Dengan menggunakan nomor pascabayar, penggunaan pemakaian dinilai lebih transparan serta bisa dicek kapan saja. Kamu bisa mengontrol penggunaan melalui aplikasi yang disediakan operator.

2. Banyak pilihan paket sesuai kebutuhan

Operator seluler pascabayar juga menyediakan beragam pilihan paket untuk para penggunanya. Paket ini ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan seperti paket data, paket telepon dan SMS, serta paket dobel seperti paket SMS, telepon dan data.

Beberapa operator bahkan mengeluarkan paket data unlimited. Sehingga jika paket data habis, kamu masih bisa menggunakannya meskipun kecepatan diturunkan. Tidak perlu kuatir kamu mengalami overkuota sehingga tagihan bulan depan menjadi bengkak.

Jika dibandingkan dengan kartu prabayar, paket-paket dari pascabayar terhitung jauh lebih murah. Oleh karena itu, pilihlah paket yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat menunjang aktivitas secara maksimal.

3. Jaringan dan koneksi internet cepat prioritas

Jaringan yang digunakan pada layanan pascabayar dinilai lebih baik daripada layanan prabayar. Provider memberikan koneksi internet yang jauh lebih cepat dan stabil, serta jangkauan sinyal juga lebih luas bagi pengguna pascabayar.

Jadi tidak usah khawatir kalau sedang traveling atau tengah berada di pelosok negeri, komunikasi dengan keluarga, tema, rekan kerja atau yang tersayang tetap mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan pihak provider memberikan jaringan prioritas untuk layanan ini dan jumlah penggunanya lebih sedikit dibandingkan kartu prabayar.

4. Masa aktif kartu panjang

Perbedaan kartu pascabayar dengan jenis kartu lainnya yang paling menonjol yaitu pada bagian masa aktif kartu yang panjang. Bagi para pengguna kartu pascabayar tentu tidak kaget mengenai masa aktif kartu hingga mencapai 10 tahun lebih. Tentu hal ini tidak akan pernah dijumpai pada beberapa jenis kartu prabayar.

Pulsa dan kuota yang kamu miliki tidak akan pernah hangus atau hilang karena masa aktif yang habis. Kamu dapat menggunakan satu nomor dalam jangka waktu yang lama.

Berbeda dengan kartu prabayar yang harus mengisi pulsa minimal Rp25.000 hanya untuk menambah masa aktif hingga 30 hari ke depan. Bahkan bila masa aktif bahkan masa tenggang habis dan pulsa dan kuota melimpah ruah, pulsa dan kuota akan hangus.

5. Tidak perlu ganti nomor saat ponsel hilang

Kehilangan ponsel adalah momok mengerikan, karena nomor ponsel seakan sudah menjadi identitas pemiliknya. Sehingga banyak pengguna ponsel yang terus mempertahankan nomor tersebut agar mudah untuk dihubungi.

Pengguna pascabayar tidak perlu khawatir lagi jika nomor tersebut hilang. Cukup lapor saja ke kantor polisi dan juga kantor operator, maka bisa mendapatkan nomor yang sama karena identitas sudah tercatat pada waktu mendaftar pertama kali.

Berbeda dengan pengguna kartu prabayar ketika mengalami kehilangan ponsel. Meskipun kamu bisa mengganti nomor prabayar yang sama, langkah yang dilakukan bisa dikatakan ribet karena pengecekan dan verifikasi dokumen sebagaimana persyaratan dari pihak operator.

Jadi, kartu pascabayar lebih mudah diurus kembali ketika pemilik kehilangan ponsel.

6. Pilih sendiri nomor sesuai keinginan

Selain dapat membuat nomor lebih mudah dihafal atau nomor cantik, penggunaan pascabayar dapat memilih jumlah nomor yang lebih sedikit, sekitar 10 sampai 11 nomor. Hal ini sangat cocok untuk memudahkan mengingat angka nomor telepon kamu.

Ketika mendaftar pertama kali menggunakan kartu pascabayar, kamu bisa memilih nomor cantik di operator seluler. Atau kamu bisa melakukan migrasi dari nomor prabayar kamu menjadi pascabayar dengan mudah.

Pemegang kartu pascabayar juga berhak memiliki nomor depan/prefix (4 digit pertama di nomor ponsel) yang berbeda dengan kartu prabayar. Perbedaan nomor prefix ini akan membuatmu lebih dikenali dan diingat oleh relasi dan menjadi prestise tersendiri.

Contoh pengguna Kartu Halo dari Telkomsel mendapatkan nomor prefix 0811 dan 0812 dengan jumlah digit 10 dan 11. Untuk XL menggunakan prefix 0817 dengan digit 10, 11 dan 12. Indosat Ooredoo 0855 Matrix 10 dan 11 digit, 0816 Matrix dan Mentari 10, 11 digit.

7. Banyak promo eksklusif

Provider kartu pascabayar menyediakan berbagai bonus dan paket promo yang ditawarkan kepada para penggunanya. Promo yang ditawarkan pun sangat eksklusif mulai dari mendapatkan extra kuota 4G, bonus telepon dan SMS, dll.

Operator kartu pascabayar ramai-ramai berusaha memberikan penawaran kepada pelanggan dan pengguna prabayar dengan paket promo yang menarik dengan bundle bonus beragam. Perang promo ini sangat menguntungkan pengguna, kamu tinggal pilih operator dan paket promo yang cocok dengan penggunaan kamu sehari-hari.

Promo-promo eksklusif dari masing-masing operator menyesuaikan kebutuhan kamu. Sehingga kamu bisa menekan tagihan bulanan agar tidak membengkak.

Dalam hal pelayanan customer service operator, pelanggan pascabayar tidak akan dikenai biaya saat menelepon call center operator, sepanjang apapun durasinya. Hal ini bisa terjadi karena identitas lengkap dan nomor pascabayar milikmu sudah tercatat dalam database operator dan mendapatkan prioritas dibandingkan pengguna prabayar.

8. Pengeluaran bulanan jadi lebih terarah

Tidak perlu khawatir dengan tagihan membengkak. Ketika kamu menggunakan kartu pascabayar dengan mengambil paket yang cocok, secara tidak langsung kamu menekan pengeluaran untuk kuota internet. Kamu bisa mengontol pemakaian menggunakan aplikasi yang tersedia.

Adanya paket-paket tersebut akan lebih bisa menekan tagihan kartu SIM agar tidak terlalu banyak. Sebenarnya bila dibandingkan dengan paket pada kartu prabayar, paket-paket pada kartu pascabayar justru jauh lebih murah.

Untuk paket tertentu seperti unlimited, kamu bisa menggunakan dengan bebas menggunakan sistem fair usage. Artinya ketika ketika kuota utama sudah terlampaui, kamu masih bisa menggunakan layanan internet pascabayar namun ada pembatasan kecepatan akses internet.

9. Bayar tagihan lebih mudah di Fastpay

Pengguna nomor pascabayar tidak perlu khawatir membayar tagihan pemakaian bulanan. Kamu bisa membayarkan tagihan ponsel pascabayar tepat waktu melalui Loket Toko Modern Fastpay terdekat atau menggunakan aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat.

Ada banyak Loket Toko Modern Fastpay disekitar kamu, cukup carilah loket tersebut bertanda Fastpay. Selain untuk pembayaran tagihan ponsel pascabayar, kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan lain seperti PLN pascabayar, tv dan internet, cicilan kredit, asuransi, BPJS, top up saldo emoney, voucher game, tiket perjalanan dan kebutuhan digital lainnya.

Nah, dari penjelasan di atas, kini telah tahu keuntungan menggunakan kartu pascabayar. Kamu bisa melakukan migrasi nomor kartu prabayar kamu menjadi nomor pascabayar ke provider yang ada.

Jangan lupa untuk pembayaran tagihan ponsel pascabayar yang kamu gunakan, bisa melalui Loket Toko Modern Fastpay atau menggunakan aplikasi Fastpay dengan mudah dan cepat.

Teguh Hartono

Penulis, desainer, gamer, https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono/