8 Tips Sukses untuk Membangun Usaha Toserba

Sebarkan artikel ini

Membuka sebuah bisnis merupakan salah pilihan bagi sejumlah orang untuk tetap mendapatkan penghasilan. Ada berbagai macam jenis bisnis yang bisa Anda lakukan untuk bisa meraup keuntungan.

Jika dikelola dengan baik, bisnis tentu bisa menghasilkan pendapatan yang tidak Anda sangka sebelumnya. Nah, salah satu jenis bisnis atau usaha yang mempunyai peluang baik di masyarakat adalah usaha Toserba.

Toserba (Toko Serba Ada) merupakan toko yang berisikan berbagai macam kebutuhan pokok, seperti sembako dan lain sebagainya. Barang yang dijual adalah barang kebutuhan sehari-hari sehingga sangat kecil kemungkinan toko ini bisa bangkrut.

Namun, bukan berarti Toserba tidak bisa gulung tikar. Manajemen yang tidak baik tentu akan membuat toko tersebut mengalami kebangkrutan dan bahkan tutup.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengantisipasinya dengan menggunakan beberapa tips yang akan disajikan di bawah ini. Bahkan, tips-tips berikut juga bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan pendapatan dari usaha Toserba.

1. Rencanakanlah Usaha dengan Matang

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai sebuah usaha ialah dengan merencanakannya sampai matang terlebih dahulu. Hal-hal yang harus Anda perhatikan dengan baik dalam tahap perencanaan ialah modal, riset pasar, produk yang akan dijual, resiko keuntungan dan kerugian yang akan didapat bahkan pengembangan usaha.

Semua hal tersebut harus bisa diperhatikan dengan baik. Baru setelah itu Anda bisa menjalankan usaha yang dimiliki secara perlahan.

2. Melakukan Riset Pasar

Jangan sampai Anda tidak melakukan tips yang satu ini. Melakukan riset pasar sangat baik untuk mengetahui peluang usaha yang Anda jalankan. Tak hanya itu, dengan melakukan riset pasar, Anda juga bisa mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa didapat nantinya.

Dengan begitu, Anda akan lebih paham dan lebih teliti lagi dengan usaha yang akan dibangun nantinya. Agar usaha Toserba dapat berjalan dengan lancar, lakukanlah beberapa riset pasar seperti memperhatikan lokasi usaha, melihat tingkat persaingan dan melihat tingkah laku konsumen.

3. Perhitungkan Modal

Bisa dibilang bahwa modal merupakan komponen bisnis yang paling utama. Terlebih jika Anda ingin membangun sebuah toko sembako. Jika Anda sudah memiliki modal untuk membangun toko, maka gunakanlah modal tersebut secara bijak.

Alangkah baiknya jika Anda tidak membeli stok barang yang akan dijual dalam jumlah yang besar. Belilah stok barang dalam jumlah yang menurut Anda cukup, apabila barang tersebut laris di pasaran, maka Anda bisa menambah stok barang itu lagi.

4. Pilih Lokasi yang Strategi

Lokasi toko juga mempengaruhi tingkat keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Pilihlah toko dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian. Nah, jika Anda memilih lokasi yang ramai, maka besar kemungkinan usaha Toserba akan mendapatkan banyak keuntungan.

Pilihlah lokasi yang kiranya banyak dilalui orang seperti lokasi yang dekat dengan pasar tradisional, perkantoran atau pabrik, kos-kosan atau yang lain sebagainya.

5. Siapkan perlengkapan toko yang dibutuhkan

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan saat membangun sebuah usaha Toserba ialah dengan memperhatikan peralatan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Di dalam sebuah Toserba biasanya ada etalase, meja dan kursi untuk kasir, rak, timbangan, kalkulator, buku nota, keranjang belanja dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Anda juga harus menata berbagai macam barang dengan rapi dan disusun sesuai dengan kategorinya. Selain mempermudah pembeli untuk mencari barang yang dibutuhkan, hal tersebut juga membuat pembeli merasa nyaman saat berbelanja di toko Anda.

6. Perhatikan Kebersihan dan Tata Letak Barang

Seperti yang telah dijelaskan bahwa tata letak barang harus ditata dengan rapi dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Jangan lupa pula perhatikan kebersihan toko. Toko yang terlihat bersih dan rapi pastinya akan membuat pembeli merasa nyaman saat berbelanja di tempat Anda.

Jadi, sebelum toko dibuka pastikan bahwa toko sudah bersih dan barang-barang ditata dengan rapi.

7. Carilah Agen yang Terpercaya

Ternyata, untuk bisa memajukan usaha Toserba yang Anda miliki, bukan hanya harus melakukan beberapa hal di atas saja. Namun, wajib pula bagi Anda untuk mencari agen terpercaya yang akan bekerja sama dengan Anda nantinya.

Carilah agen terbaik dengan kualitas pelayanan yang baik dan harga barang yang terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa menekan angka pengeluaran namun tetap bisa mendapatkan harga barang yang terbaik.

8. Beri Pelayanan yang Ramah

Salah satu hal yang membuat toko tersebut memiliki banyak pengunjung ialah adanya pelayanan yang ramah. Jadi, meskipun toko  yang Anda bangun memiliki barang yang cukup komplit, namun jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang ramah maka hal tersebut akan menurunkan jumlah pengunjung.

Membuat sebuah usaha Toserba memang lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan beberapa jenis usaha lainnya. Akan tetapi, untuk membangun jenis usaha tersebut juga dibutuhkan beberapa tips untuk membuatnya mendapatkan banyak keuntungan.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 8 Tips Sukses untuk Membangun Usaha Toserba

Tim SBF