7 Ide Membuat Usaha Toko Kelontong Modern yang Sukses

Sebarkan artikel ini

Berbagai jenis bisnis terus dilakukan oleh manusia dengan tujuan meraih keuntungan, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu jenis bisnis yang mudah untuk dilakukan adalah membuka usaha toko kelontong modern. Selain bisa digunakan sebagai penghasilan utama, usaha toko kelontong juga bisa digunakan sebagai jenis usaha sampingan. Meskipun begitu, keuntungan yang diperoleh begitu menjanjikan.

Agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak tentunya Anda juga harus mampu menjual barang dagangan dalam jumlah yang banyak pula. Lantas bagaimana caranya agar penjualan bisa meningkat? Saat ini orang-orang lebih senang dengan hal-hal yang lebih modern, sehingga Anda juga harus membuat toko kelontong yang modern.

Berikut ini penjabaran tentang ide membuat usaha toko kelontong menjadi lebih modern yang dapat Anda terapkan.

  1. Update Varian Terbaru
    Masyarakat saat ini cenderung lebih menyukai hal-hal yang serba modern. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang begitu pesat, sehingga berbagai informasi dapat menyebar dengan begitu cepatnya menembus ruang dan waktu. Kebiasaan masyarakat yang menyebut dirinya modern cenderung akan membeli produk-produk yang sedang populer dan tentu saja merupakan varian terbaru.
    Oleh karena itu, sebagai pemilik toko kelontong modern Anda harus menyediakan barang-barang dengan varian terbaru juga. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan kesempatan baik tersebut. Jika toko kelontong yang Anda kelola menyediakan varian terbaru maka akan diburu oleh para pembeli yang saat ini senang dengan hal-hal modern.
  2. Tambahkan Barang yang Menarik Setiap Hari
    Cara kedua yang harus Anda lakukan untuk membuat usaha toko kelontong modern adalah dengan menambahkan barang yang menarik setiap harinya. Fungsi utama toko kelontong memang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat seperti sembako, bumbu dapur, peralatan dapur, peralatan bersih-bersih, serta peralatan kamar mandi.
    Namun, untuk menarik banyak pembeli maka Anda juga bisa menambahkan barang-barang unik lainnya untuk dijual, seperti majalah, koran, bunga potong segar, dan berbagai barang yang dicari orang setiap hari. Adanya barang-barang unik akan menjadi daya tarik tersendiri dari toko kelontong modern yang Anda kelola sehingga eksistensinya bisa bertahan secara berkelanjutan.
  3. Suasana yang Terang dan Permainan Grafis
    Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana caranya agar toko kelontong yang dikelola bisa dikunjungi oleh banyak pembeli. Ternyata salah satunya adalah dengan menciptakan suasana yang terang pada toko kelontong. Selain mudah dilihat oleh calon pembeli, adanya cahaya yang terang juga akan membuat toko kelontong menjadi lebih modern.
    Anda harus memastikan jika toko kelontong modern yang dibuat terlihat lebih terang daripada lingkungan sekitarnya agar mudah terlihat. Seperti yang dilakukan oleh toko modern seperti alfamart, indomaret, dan supermarket lainnya. Mereka selalu memberi penerangan yang super di toko agar orang-orang yang melintas dapat dengan mudah melihatnya.
    Selain itu, Anda juga harus menerapkan permainan grafis yang menarik. Permainan grafis ini akan membuat toko kelontong menjadi lebih modern. Seperti yang dilakukan oleh toko-toko unik dan café yang ada di negara-negara maju. Mereka tidak memerlukan tempat yang besar, namun memanfaatkan penerapan psikologi warna serta grafis yang menarik.
    Desain grafis yang menarik ini  dapat Anda terapkan di bagian depan toko dan juga di dalam toko. Sebagai kombinasinya, tambahkan pula desain rak gondola yang unik.
  4. Pintu Lebih dari Satu
    Ide membuka usaha toko kelontong agar lebih modern  yang selanjutnya adalah dengan membuat pintu toko lebih dari satu. Agar jumlah pelanggan toko bertambah banyak, maka Anda bisa menyiasatinya dengan menambah jumlah pintu masuk apabila memungkinkan.
    Apabila jumlah pintu masuk toko lebih dari satu maka konsumen akan merasa lebih mudah saat berbelanja dan memilih barang-barang yang dibutuhkan. Saat masuk ke dalam toko juga menjadi lebih mudah, karena tidak harus mengantri karena jumlah pintunya yang hanya satu.
    Dalam membuat dua pintu, Anda juga harus memperhatikan pula letak rak gondola, alur, dan meja kasirnya. Usahakan agar semuanya bisa terlihat dengan baik agar pelanggan tidak merasa bingung saat berbelanja.
  5. One Stop Store
    Meskipun merupakan toko kelontong, namun Anda bisa menerapkan konsep one stop store agar konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja. Konsep toko yang satu ini sangat menguntungkan bagi pelanggan dan juga pemilik toko tentunya.
    Praktis dalam berbelanja merupakan alasan yang kuat mengapa para pelanggan akan kembali berbelanja di toko Anda. Karena mereka tidak harus keluar masuk ke berbagai toko yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
    Dalam menerapkan konsep toko yang satu ini Anda tidak perlu menyediakan stok barang yang terlalu banyak, namun cukup dengan menyediakan jenis dan varian barang lengkap untuk toko kelontong Anda. Berbagai kebutuhan sehari-hari sebaiknya disediakan seperti kebutuhan bahan makanan, ATK, cleaning, house hold, fresh food, daily produk, serta mainan anak.
    Saat berbagai kebutuhan sehari-hari tersebut bisa didapatkan di toko kelontong yang Anda kelola maka jumlah pelanggan akan semakin banyak. Pastikan untuk menjual barang-barang dengan kualitas yang baik dan terjamin.
  6. Tempat Parkir Rindang
    Tempat parkir juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membuat toko kelontong yang modern. Sebenarnya banyak sekali pengunjung toko yang memberikan keluhan saat tempat parkir sempit atau tidak tersedia, panas, tidak aman, dan bahkan berbayar. Berbagai keluhan tersebut  tentu saja akan berimbas pada jumlah pembeli di toko kelontong yang Anda kelola apabila tidak  segera dibenahi.
    Untuk itulah, Anda harus berusaha menyediakan tempat parkir yang rindang, aman, nyaman, dan luas untuk parkir kendaraan, sehingga para konsumen akan tertarik berbelanja di toko kelontong modern yang Anda miliki. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberikan layanan jaminan parkir gratis kepada setiap pelanggan toko yang berbelanja untuk menambah jumlah pelanggan.
  7. Spot Center (Idea Of The Day
    Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat akan membuat toko kelontong yang modern adalah dengan membuat spot center. Seperti yang telah dilakukan di salah satu pangkalan ojek yang selalu memajang kata-kata mutiara unik terbaru setiap harinya, sehingga menjadikannya viral di berbagai media sosial.
    Ide ini sungguh unik dan menarik, sehingga mampu membuat orang yang lewat menyempatkan diri menoleh dan membaca kata-kata mutiara  yang dipajang tersebut. Dalam hal ini, Anda juga bisa menerapkan hal serupa untuk toko kelontong yang dikelola agar bisa menarik banyak pelanggan.
    Selain itu, Anda juga bisa memasang slogan-slogan berisi kata-kata unik yang berkaitan dengan proses berbelanja. Dengan begitu para pelanggan akan berbelanja sekaligus memperoleh nasihat dari kata-kata  yang dipajang tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membuat usaha toko kelontong modern yang sukses. Saat melakukannya Anda harus benar-benar konsisten agar para pelanggan lebih percaya saat berbelanja di toko kelontong modern. Tingkatkan terus fasilitas dan pelayanan di toko kelontong yang Anda miliki. Selain itu, memanfaatkan pelayanan melalui sosial media juga bisa Anda lakukan guna menunjang keberhasilan usaha.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner 7 Ide Membuat Usaha Toko Kelontong Modern yang Sukses

Tim SBF