6 Tips Memilih Provider Untuk Paket Internet Sesuai Kebutuhan

Sebarkan artikel ini

Berselancar di dunia maya memang sangat menyenangkan. Saking asiknya, terkadang Anda sampai tak sadar berapa data internet yang sudah dihabiskan. Terlebih lagi jika jaringan internet yang Anda nikmati kencang dan stabil, maka data internet pun akan jauh lebih boros.

Eits tapi tak perlu khawatir, karena Anda pun bisa menghemat paket internet baik yang digunakan untuk bermain media sosial, mencari informasi melalui browser dan lain sebagainya.

Tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menghemat paket internet di ponsel? Tak harus dengan meng-offline-kan data internet, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini :

1. Ubah Fitur Maps pada Mode Offline

Tips pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mengubah fitur Maps ke Mode Offline. Aplikasi penunjuk arah ini selain cukup menguras baterai telepon juga cukup menguras kuota internet lho. Sayangnya, banyak pengguna smartphone yang belum menyadari hal ini, sehingga membiarkannya selalu offline.

Padahal jika Anda mengubah aplikasi yang menawarkan layanan built-in navigation turn-by-turn dan melihat traffic secara real time serta melihat map melalui mode satelit ini maka kuota internet pada ponsel Anda bisa jauh lebih hemat.

2. Gunakan Browser yang Efisien

Tahukan Anda jika pemilihan browser yang Anda gunakan juga sangat berpengaruh pada boros tidaknya kuota internet? Ya, beberapa jenis browser biasanya akan memakan kuota internet yang lebih banyak, terutama browser bawaan ponsel.

Untuk menghemat pemakaian internet harian atau bulanan, Anda bisa beralih ke browser yang lebih efisien, semisal Opera Mini. Browser andalan ini sudah menggunakan fitur data-saving “video boost” yang fungsinya adalah untuk mengurangi proses buffer serta bisa memaksimalkan kualitas gambar tanpa harus menyedot data internet besar.

Selain Opera Mini, Google Chrome juga termasuk pilihan lain yang bisa Anda gunakan. Hanya saja untuk browser ini Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu, yakni dengan klik tiga titik di bagian kanan atas. Selanjutnya pilih Setting dan pilih Bandwith, lalu aktifkan Data Saver.

3. Non Aktifkan Opsi Sinkronisasi

Secara default ada begitu banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis dan ini akan membuat kuota internet Anda terkuras langsung. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menonaktifkan sinkronisasi akun yang tidak diinginkan atau yang jarang digunakan.

Caranya cukup mudah, yakni dengan masuk ke menu Setting-Accounts- lalu pilih akun yang ingin Anda sinkronisasikan. Cara menghemat paket internet satu ini  sangat cocok untuk Anda yang sangat jarang terhubung dengan WiFi.

4. Aktifkan Peringatan Penggunaan Data

Pada smartphone masa kini, fitur peringatan penggunaan data sudah bisa digunakan dengan sangat mudah. Dengan mengaktifkan peringatan ini Anda bisa mengetahui berapa penggunaan data pada hari dan bulan tersebut.

Ketika Anda sudah menggunakan data internet melebihi batas maksimal yang ditetapkan, maka akan muncul peringatan dan Anda bisa menonaktifkan data internet sesegera mungkin atau pilih untuk terus menggunakan data internet.

Pengaturannya ada di Setting-Data usage-Cellular data-Set cellular data limit kemudian tap aktifkan dan pilih data maksimal harian yang diinginkan.

5. Batasi Penggunaan Data pada Background

Terkadang, habisnya kuota internet bukan karena penggunaannya yang terlalu banyak namun karena background otomatis yang terus memakan data internet. Kabar buruknya, hal ini kerap tidak disadari oleh pengguna.

Untuk membatasi penggunaan data di background Anda bisa masuk ke menu Settings-Data Usage-Tap Tiga garis vertikal pada kanan atas-Restrict background data-OK.

Ketika Anda sudah melankuka pengaturan tersebut, ada risiko yang harus diterima yakni masuknya notifikasi yang lebih lambat.

6. Batasi Update Aplikasi

Selain sinkronisasi, update aplikasi secara otomatis juga akan sangat menyita kuota internet. Untuk itulah, Anda bisa menghemat paket internet dengan cara membatasi update aplikasi kecuali jika sedang terhubung dengan WiFi.

Anda bisa masuk ke Google Play Store kemudian masuk ke menu Settings-Auto update app-Auto update apps over WiFi Only. Setelah dilakukan pengaturan, maka aplikasi tidak akan melakukan update otomatis saat hanya menggunakan data internet.

Jika pun Anda ingin update aplikasi tanpa menggunakan WiFi, maka Anda harus melakukannya secara manual dan satu persatu dari aplikasi yang diinginkan/semua.

7. Gunakan Aplikasi Kompresi Data

Cara menghemat paket internet lainnya yakni dengan menggunakan aplikasi kompresi data.  Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Onavo Extend yang mampu menganalisa semua aplikasi yang terinstal pada smartphone Android Anda.

Sayangnya, aplikasi tersebut belum menyediakan layanan kompresi video, sehingga hanya bisa dimaksimalkan untuk konten berupa teks dan juga gambar saja. Meski begitu namun Anda tetap bisa melakukan opsi lain untuk menghemat internet pada penayangan video, semisal dengan penayangan video berkualitas rendah.

Itu dia 7 cara menghemat paket internet yang bisa Anda praktikkan pada smartphone Anda. Yuk mulai lebih bijak menggunakan data internet dan perhemat pula pengeluaran Anda untuk membeli data internet.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 6 Tips Memilih Provider Untuk Paket Internet Sesuai Kebutuhan

Tim SBF