6 Tips Jualan Tiket Pesawat Agar Cepat Maju dan Berkembang

Menjadi agen penjualan tiket pesawat saat ini mulai menjadi bisnis sampingan yang disukai beberapa kalangan. Jelas saja, bisa Anda pahami sendiri, saat ini sudah semakin banyak orang yang memanfaatkan transportasi udara ini. Baik itu kepentingan bisnis, ibadah ke tanah suci, atau bahkan kepentingan berlibur ke luar negeri. Mengingat hal itu, tampaknya Anda pun tidak boleh kalah dong untuk dapat memajukan penjualan tiket pesawat terbang?

Caranya bagaimana? Tentu saja dengan ikut menjadi agen penjualan tiket pesawat terbang. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui tentang tips jualan tiket pesawat yang baik dan benar, agar cepat sukses dan untung besar. Apalagi jika Anda seorang pemula dan belum banyak pengalaman tentang penjualan tiket pesawat ini, tentu saja arahan tips dan cara terbaik sangat Anda perlukan.

Tanpa berbasa basi terlalu lama, langsung saja, berikut 6 tips jualan tiket pesawat bagi pemula yang baik dan benar. Simak baik-baik ya!

1. Memulai Secara Personal

Tips jualan tiket pesawat yang pertama adalah memulainya secara personal. Artinya Anda membuka usaha itu sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Kalau pun Anda belum terlalu paham tentang langkah dan caranya, bisa Anda cari informasi selengkapnya dengan perjuangan sendiri.

Dengan demikian Anda benar-benar merintis usaha sendiri dan benar-benar tahu seluk beluk langkah dan perjuangannya. Anda juga akan lebih mudah memahami tentang peluang dalam membesarkan usaha ini nantinya.

Sebab, dari awal sampai usaha tersebut berkembang, Anda paham tentang prosesnya. Ibarat makanan, sudah tahu mentahnya dan sudah memasaknya. Bukan hanya tinggal menikmati setelah tersaji.

2. Siapkan Peralatan dan Sistem Reservasi Online Bila Perlu

Untuk memulainya bukan cara yang sulit kok. Misalnya saja peralatan yang perlu Anda siapkan seperti akses internet, komputer atau laptop dan printer untuk mencetak. Jangan lupa untuk menambahkan sistem reservasi online 24 jam nonstop sebagai pelayanan.

Sebab tidak semua maskapai penerbangan mempersilahkan semua orang untuk memasuki sistem reservasi onlinenya. Ada beberapa yang mengharuskan kita untuk membuat sendiri sistem reservasi online tersebut.

Namun jika begini, Anda perlu mengurus izin mendirikan travel secara resmi. Jika menempuh jalur ini, Anda membutuhkan persiapan modal yang cukup besar.

3. Pastikan Biro Tiket Pesawat Berkualitas

Jika Anda mendaftar sebagai sub agen, pastikan bahwa biro tiket penerbangan tersebut berkualitas. Bisa Anda cari sendiri informasinya, saat ini cukup banyak yang menawarkan menjual tiket online dengan harga yang sangat minim dan biaya pendaftaran yang sangat rendah juga. Kemudian disediakan komisi untuk penjualan di bawah Anda.

Cara ini sepertinya kurang cocok dengan Anda. Sebab keuntungan hanya terjadi dengan sistem MLM afiliasi terselubung penjualan tiket. Cari saja yang tidak menggunakan MLM terlalu ketat. Anda harus pandai-pandai memilih biro tiket pesawat terbang yang memang sudah terbukti kualitasnya.

4. Cek Harga Tiket Berkala

Tips jualan tiket pesawat yang selanjutnya adalah tidak boleh lupa untuk melakukan –pengecekan harga tiket secara berkala. Harga bisa saja berubah sewaktu-waktu. Anda harus selalu update dengan harga terbaru. Minimal Anda melakukan pengecekan sehari sekali atau dua hari sekali.

Anda harus paham rata-rata kenaikan harga tiket atau turunnya harga. Misalnya pada hari tertentu. Hari liburan anak sekolah atau hari-hari besar. Dengan memperhatikan secara seksama Anda tidak ketinggalan informasi harga terbaru.

Hal ini akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penjual tiket pesawat. Jika suatu ketika konsumen membutuhkan informasi dengan cepat, Anda bisa menjelaskan informasi yang terkait secara jelas dan tepat.

5. Merekrut Karyawan

Anda pasti ingin agar usaha tersebut berjalan dengan mulus dan berkembang pesat bukan? Nah, jika harapan ini sudah terwujud, tentu saja Anda membutuhkan orang lain untuk menangani permintaan tiket dari para konsumen. Jika sudah tidak sanggup meng-handle-nya sendiri maka artinya Anda membutuhkan karyawan.

Anda bisa merekrut karyawan dalam jumlah yang ideal atau sesuai dengan kebutuhan. Perlu Anda ketahui, ada dua fungsi vital yang harus ada dalam hal ini, yaitu operasional usaha dan reservasi. Untuk reservasi biasanya minimal dibutuhkan dua orang karena berhubungan langsung dengan calon konsumen.

Sedangkan untuk bagian operasional satu orang saja sudah cukup. Dengan kata lain, tiga orang karyawan saja sudah ideal untuk menjalankan usaha tersebut. Dengan catatan, bisnis penjualan tiket pesawat terbang yang Anda kelola sudah mencapai tingkatan yang bisa dibilang mapan, serta mampu untuk menggaji ketiga karyawan.

6. Melakukan Promosi

Promosi merupakan suatu hal yang wajib ketika seseorang ingin membuka usaha jualan produk ataupun jasa. Tanpa adanya promosi usaha Anda akan sulit diketahui banyak orang. Semakin sedikit orang yang tahu tentang usaha yang dijalani, maka akan semakin sempit lambat juga perkembangan usaha Anda.

Sebaliknya, dengan melakukan promosi dan semakin banyak orang yang tahu tentang usaha Anda, maka akan semakin banyak target dan semakin besar peluang menuju perkembangan usaha. Sehingga kegiatan promosi merupakan peran penting sebagai salah satu tips jualan tiket pesawat untuk Anda.

Itulah tadi 6 tips jualan tiket pesawat yang perlu Anda tahu untuk memulai usaha jualan tiket pesawat terbang. Jangan bicara tidak bisa kalau belum mencobanya. Tidak sedikit orang yang sukses dengan membuka usaha jual tiket pesawat seperti ini loh. Yakin masih mau jadi penonton? Selamat mencoba!


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF

error: Tidak diperkenankan untuk klik kanan