7 Bisnis Modal HP Paling Menguntungkan

Sebarkan artikel ini

7 Bisnis Modal HP Paling Menguntungkan — Jika diamati, masyarakat sekarang tak bisa terlepas dari yang namanya handphone. Semua kegiatan selalu ditemani dengan handphone, bahkan ketika berbicara dengan orang lain yang ada di dekatnya sekalipun.

Kegiatan yang bisa dilakukan dari handphone pun sangat beragam, mulai dari menjalin komunikasi dengan mereka yang jauh disana, mencari informasi hingga menjalankan bisnis dan melakukan transaksi finansial.

Maka tak heran jika banyak orang membuka usaha atau bisnis dengan bermodalkan handphone atau hp. Banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan hanya dengan media HP. Uniknya, bisnis pakai HP ini juga bisa menghasilkan pendapatan yang relatif besar lho.

Penasaran apa saja jenis bisnis yang bisa Anda jalankan dengan handphone atau HP? Berikut 7 Bisnis Modal HP yang dapat kamu lakukan hanya di rumah!

1. Menjadi Affiliate Marketing

Ingin menjalankan bisnis tanpa modal namun dengan keuntungan berlimpah? Anda bisa mencoba affiliate marketing. Secara umum, bisnis ini merupakan bisnis marketing, dimana Anda perlu mengiklankan atau mempromosikan sebuah produk yang dijual secara online.

Caranya ialah dengan membagi konten yang disertai dengan link affiliate Anda. Setiap kali terjadi pembelian melalui link yang Anda bagikan tersebut, Anda akan mendapatkan komisi dengan persentase tertentu.

Saat ini produk yang banyak dijual dengan sistem affiliate pun sangat beragam, mulai dari e-book, peralatan elektronik, buku fisik dan lain sebagainya. Anda pun bisa menyesuaikan jenis produk yang ingin dipasarkan dengan target pasar Anda.

Baca Lebih Lanjut: 7 Keuntungan dalam Program Afiliasi

2. Menjalankan Bisnis Online

Memiliki jiwa berjualan yang tinggi memang jadi satu poin plus bagi seorang pebisnis. Dengan jiwa dagang ini Anda bisa menjajaki berbagai macam bisnis, termasuk bisnis pakai HP yakni online shop.

Namun sebelum memulai bisnis ini, tentu Anda terlebih dahulu harus memiliki produk yang ingin diperjual belikan. Semisal Anda memiliki produk pakaian anak untuk dijual secara online.

Siapkan produk terkait, kemudian foto atau buat video semenarik mungkin yang memperlihatkan sisi menarik dari produk yang Anda jual. Jangan lupa untuk melakukan editing agar hasilnya lebih sempurna saat di-posting nanti.

Jika persiapan awal sudah oke, langsung terjun ke penjualannya. Disini Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook maupun Twitter untuk berjualan.

Pemanfaatan toko online melalui website juga menjadi alternative yang sangat bagus, karena akan membuat toko Anda terkesan lebih modern dan benefit. Selanjutnya jangan lupa memanfaatkan layanan marketplace. Buat toko di beberapa marketplace sekaligus, dan optimalkan penjualan melalui marketplace tersebut.

3. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Sebenarnya konsep bisnis pakai HP ini dengan online shop hampir sama, yakni menjual produk secara online, baik melalui media sosial, website ataupun marketplace. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah produk yang dijual.

Untuk dropship atau reseller dikhususkan bagi Anda yang tak memiliki produk sendiri. Jadi produk yang dijual merupakan produk dari supplier atau stokis. Prinsip kerjanya ialah dengan memasarkan produk dari supplier dengan harga jual yang di up sendiri atau sesuai harga konsumen (sudah ada potongan khusus dari supplier).

Selanjutnya jika ada pembelian, customer akan melakukan pembayaran ke rekening Anda dan baru selanjutnya Anda bisa melakukan transaksi dengan supplier. Setelah transaksi pembayaran Anda lakukan, maka supplier akan mengirimkan barang langsung pada customer dengan mengganti nama pengirim dengan nama Anda.

Bagi Anda yang ingin menjadi dropship atau reseller yang menawarkan layanan COD atau cash on delivery juga cukup menarik. Hanya saja untuk sistem ini Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar, termasuk perkiraan harga jual produk yang sudah diakumulasikan dengan biaya ongkos kirim.

4. Trading Bitcoin

Mau bisnis dengan keuntungan besar? Tampaknya jenis bisnis satu ini bisa jadi referensi yang menarik untuk Anda, yakni trading bitcoin. Bisnis yang awalnya hanya bisa dijalankan melalui laptop atau PC ini kini juga sudah bisa dijalankan dengan smartphone.

Hanya saja yang menjadi titik penekanan untuk bisnis ini adalah, Anda harus memiliki perkiraan yang bagus dan modal yang cukup besar. Terlebih lagi saat ini harga bitcoin sering naik turun drastis sehingga Anda pun harus siap dengan segala resikonya.

Untuk memulai bisnis trading bitcoin, tentu Anda harus mendaftarkan diri dan registrasi akun terlebih dahulu. Pastikan akun Anda terverifikasi dengan identitas diri dan email Anda. setelah akun terverifikasi, Anda sudah bisa melakukan perdagangan mata uang crypto, mengisi saldo ataupun menjual kembali mata uang yang sudah dikumpulkan.

Trik untuk mendulang kesuksesan dari bisnis ini Anda pandai-pandailah Anda membeli mata uang ketika harganya sedang turun drastis dan kembali menjualnya ketika harga sedang naik tinggi. Dari selisih inilah Anda akan mendapatkan laba yang tak sedikit.

5. Menjadi Admin Media Sosial

Main media sosial hanya untuk stalking mantan saja? Wah rugi besar dong! Kini saatnya untuk Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hobi Anda bermain media sosial. Salah satunya ialah dengan menjadi admin media sosial.

Bisnis pakai HP yang juga bisa dijadikan bisnis sampingan ini mengharuskan Anda untuk mengelola satu atau beberapa akun media sosial. Tugas yang harus Anda lakukan antara lain adalah membuat konten di akun tersebut, melakukan interaksi dengan responden di akun media sosial terkait hingga melakukan marketing baik soft marketing maupun hard marketing.

Meskipun terdengar mudah dan simple, namun disini Anda juga membutuhkan ketelatenan, terlebih lagi jika akun media sosial yang Anda kelola lebih dari satu.

Itulah beberapa jenis bisnis pakai HP yang bisa Anda coba. Semua bisnis tentunya tak bisa sukses dalam waktu instan, jadi jangan mudah menyerah dan tetap tekuni apa yang sudah Anda mulai. Kelak suatu saat Anda akan menikmati hasil manisnya.

6. Menjadi Influencer 

Jika kamu menyukai tampil di depan kamera, menjadi influencer dapat menjadi salah satu opsi untuk kamu yang ingin mencoba bisnis dengan modal handphone saja. Seperti misalnya, kamu merupakan seorang ibu rumah tangga yang suka memasak. Kamu dapat membagikan resep masakan rumahan buatanmu di Tiktok ataupun Instagram Reels

Jika kamu tidak menyukai tampil di depan kamera, kamu dapat membagikan resep masakanmu dengan memvideokan proses memasakmu sehingga penonton masih dapat menikmati konten yang berhubungan dengan masakanmu. 

7. Menjadi Agen Fastpay

Salah satu jenis bisnis paling menggiurkan yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan HP adalah menjadi agen Fastpay. Fastpay sendiri merupakan layanan Business to Business (B2B) yang akan memberikan kesempatan bagi membernya untuk membuka bisnis dengan sistem online.

Dari layanan ini, ada beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan sekaligus oleh member terdaftar yakni:

  1. Layanan reservasi tiket, baik pesawat, kereta api, railink, pelni, bus dan lainnya.
  2. Layanan tour & travel dengan menjual paket wisata.
  3. Layanan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, telepon rumah, PDAM, TV berlangganan, paket data, voucher pulsa dan lainnya.
  4. Layanan perbankan yang dapat melayani berbagai macam transaksi perbankan.
  5. Layanan Ekspedisi yakni untuk mengirim barang kapan saja dan dimana saja.

Dari setiap layanan atau transaksi yang dilakukan, agen Fastpay akan mendapatkan komisi. Semakin banyak transaksi yang Anda lakukan, maka akan semakin besar pula komisi yang didapatkan.

Mari bergabung bersama Fastpay untuk menjadi #AgenAndalanIndonesia

Tim SBF