5 Alasan Kenapa Beli Tiket Kereta Tak Perlu Ke Stasiun

Sebarkan artikel ini

Bagi perantau yang tinggal jauh dari kampung halaman, membeli tiket kereta lebaran sudah tentu harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Cara pesan tiket kereta memang sudah sangat beragam saat ini, namun beberapa masih belum akrab dengan pemesanan tiket kereta api online sehingga memilih untuk membeli langsung ke stasiun. Padahal, cara konvensional ini tentu tidak efisien dan kurang efektif untuk dilakukan, terlebih bagi para pekerja yang cukup sibuk seperti Anda.

Membawa kartu identitas asli

Saat memutuskan untuk membeli tiket kereta secara langsung ke stasiun, maka Anda harus membawa kartu identitas asli. Jika hanya membeli tiket untuk diri sendiri, mungkin tidak akan jadi masalah. Sebaliknya, saat Anda hendak pergi dengan rombongan maka mau tidak mau Anda harus membawa kartu identitas asli seluruh calon penumpang. Padahal, hal ini cukup berisiko karena apabila terjadi kehilangan, maka harus mengurus lagi ke kantor dinas catatan penduduk.

Pengisian formulir secara manual

Di stasiun kereta, Anda harus mengisi formulir penumpang secara manual alias menulis dengan bolpoin di atas kertas yang sudah disediakan petugas. Anda akan membutuhkan cukup banyak waktu jika akan membeli tiket untuk rombongan, sebab satu lembar formulir pemesanan ini hanya bisa dipakai untuk memesan maksimal empat buah tiket untuk empat orang penumpang saja.

Dengan demikian, apabila Anda hendak bepergian jauh dengan rombongan lebih dari empat orang, maka Anda harus meminta formulir lebih dari satu pada petugas dengan terlebih dulu menunjukkan seluruh kartu identitas asli calon penumpang. Hal ini sudah menjadi peraturan wajib dari pemerintah untuk mencegah praktik percaloan di stasiun kereta api seluruh Indonesia.

Membawa alat tulis sendiri

Sebenarnya, petugas loket stasiun sudah menyediakan bolpoin untuk pembeli. Namun, banyaknya jumlah pembeli tidak sebanding dengan bolpoin yang disediakan. Saat Anda lupa membawa alat tulis sendiri, maka Anda harus bersabar untuk mengantri bolpoin, mengingat masih banyak masyarakat yang melakukan pembelian di stasiun sampai saat ini. Agar pemesanan tiket dapat lebih cepat, sebaiknya Anda membawa alat tulis sendiri dari rumah.

Datang ke stasiun H-7 keberangkatan

Untuk memesan tiket secara offline alias datang langsung ke stasiun, Anda disarankan untuk melakukan pembelian setidaknya H-7 keberangkatan. Pasalnya, apabila Anda membeli tiket sesaat sebelum keberangkatan, kemungkinan Anda akan kehabisan tiket. Hal ini dikarenakan terdapat jumlah penumpang yang dibatasi berdasarkan jumlah tempat duduk yang disediakan.

Tidak bisa memilih kursi duduk

Setelah mengisi formulir pembelian tiket, Anda dapat menyerahkan formulir tersebut pada petugas loket di stasiun. Petugas itulah yang kemudian akan memproses pembelian Anda. Dengan demikian, Anda tidak bisa memilih sendiri nomor gerbong serta kursi duduk sebab petugas akan melakukannya secara acak sesuai ketersediaan. Kalau Anda membeli tiket untuk rombongan, maka berpeluang untuk duduk terpisah, bisa beda nomor kursi atau bahkan beda gerbong.

Ingin membeli tiket kereta dengan lebih mudah dan nyaman? Toko Modern FastPay adalah pilihan terbaik bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk membeli tiket kereta ke stasiun. Tersedia lebih dari seratus ribu cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Toko Modern FastPay mempermudah pembelian tiket kereta dari mana saja. Menggunakan sistem online yang stabil, Anda tak perlu takut kehabisan tiket karena server yang lambat. Semoga bermanfaat!

Mau Gabung jadi Mitra Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 5 Alasan Kenapa Beli Tiket Kereta Tak Perlu Ke Stasiun

Tim SBF