11 Tips Bisnis Konter Pulsa Agar Bisa Mendapatkan Keuntungan yang Lebih

Sebarkan artikel ini

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis harus terus memutar otak agar mereka bisa bertahan dengan bisnis yang digelutinya. Salah satu jenis bisnis yang kini tingkat persaingannya semakin tinggi adalah konter pulsa.

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat hampir semua orang dari berbagai kalangan menggunakan smartphone. Tentu saja, untuk menyambungkannya dengan sinyal internet, smartphone harus menggunakan paket data yang diisi dengan pulsa.

Dengan adanya fenomena tersebut, tak ayal jika konter pulsa kini mulai menjamur. Prospek bisnis yang cukup bagus untuk kedepannya itu memang saat ini banyak digandrungi. Akan tetapi, tidak mudah jika Anda ingin membuat bisnis konter pulsa jika tidak didasari dengan hal apapun.

Nah, bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis konter pulsa, berikut ada 11 tips yang bisa dilakukan agar tetap eksis di tengah menjamurnya konter pulsa saat ini :

1. Mulai dengan Jualan Pulsa Terlebih Dahulu

Sebagai langkah awal, mulailah dengan berjualan pulsa sebelum Anda membuat sebuah konter. Sembari berjualan pulsa, Anda juga bisa melakukan perencanaan usaha untuk mematangkan langkah Anda selanjutnya.

Berjualan pulsa juga tidak membutuhkan modal besar. Yang Anda butuhkan hanyalah HP dan saldo pulsa saja. Selain itu, hal ini juga untuk mencari pelanggan tetap sebelum Anda membuat sebuah konter.

2. Pilihlah Distributor yang Terpercaya

Untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan, Anda juga harus mencari distributor pulsa yang terpercaya dan berkualitas. Nah, hindari agen pulsa yang menawarkan harga lebih murah namun pulsa masuknya telat serta pelayanan yang kurang memuaskan.

3. Menetapkan Harga Jual Pulsa

Tetapkan berapa besar harga pulsa yang Anda jual. Pastikan bahwa Anda menjual pulsa sesuai dengan harga yang ada di pasaran saat ini. Kalau tidak, harga pulsa juga bisa ditetapkan dari harga kulakan dan hitung berapa besar keuntungan yang akan diambil.

4. Hindari Bon

Tidak sedikit penjual pulsa yang meremehkan hal satu ini. Padahal, jika dibiarkan terus menerus malah akan membuat bisnis pulsa yang Anda lakukan menjadi gulung tikar. Rasa tidak enak kepada teman, saudara atau tetangga yang akan berhutang pulsa justru malah membuat usaha bisnis Anda semakin berat untuk dijalani terlebih jika modal yang Anda gunakan tidak terlalu besar.

5. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Nah, jika bisnis pulsa Anda sudah berjalan lancar dan memiliki pelanggan tetap, maka Anda bisa membangun sebuah konter pulsa. Pilihlah tempat yang strategis dan kiranya akan dilalui oleh banyak orang. Seperti dekat dengan pasar, perkantoran, sekolah, di perempatan jalan yang ramai dan lain sebagainya.

6. Beli Peralatan untuk Jualan

Jika Anda sudah memiliki tempat sendiri yang strategis, maka Anda bisa membangun konter di atasnya. Namun, jika Anda belum memilikinya, maka Anda bisa menyewa tempat dengan ukuran 2×2 atau 3×3 meter.

Setelah itu, jangan lupa beli juga peralatan untuk konter seperti etalase, rak untuk aksesoris, banner, handphone bekas, meja, kursi dan lain sebagainya.

7. Jual Kartu Perdana dan Voucher Internet

Saat Anda sudah membangun sebuah konter pulsa, jangan hanya menjual pulsa saja. Namun, jual juga kartu perdana dan juga voucher internet. Apalagi saat ini kebutuhan akan voucher internet semakin tinggi.

8. Lengkapilah dengan Menggunakan Aksesoris Handphone

Agar semakin lengkap, Anda bisa melengkapinya dengan menjual berbagai macam aksesoris handphone. Belilah aksesoris handphone tersebut di grosiran agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun, jika Anda masih memiliki modal yang minim, jangan terburu-buru untuk menjual barang-barang tersebut. Kumpulkan modal terlebih dahulu, baru kemudian Anda bisa membeli aksesoris handphone dan dijual kembali.

9. Menganalisa Modal Usaha

Nah, agar modal yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak, Anda bisa menganalisanya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui seberapa besar modal yang akan dikeluarkan dan membeli barang yang kiranya dibutuhkan saja.

10. Mempromosikan Konter Pulsa

Kini, untuk mempromosikan usaha yang Anda jalankan tersebut tidak hanya lewat mulut ke mulut. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha konter pulsa yang kini sedang dijalani.

Jangan lupa juga untuk menyertakan promo agar bisa menarik para pelanggan. Untuk promo ini, Anda bisa memberikannya dalam jangka waktu yang berkala, seperti sebulan sekali atau pada hari-hari tertentu saja.

11. Beri Pelayanan yang Ramah

Pelanggan akan semakin puas jika Anda memberikan pelayanan yang memuaskan untuk mereka. Pastikan juga bahwa Anda juga bisa memenuhi apa yang mereka inginkan.

Membangun usaha konter pulsa di tengah banyaknya konter yang ada saat ini memang bukanlah sebuah hal yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah strategi yang baik dan rencana yang matang sebelum Anda memulai sebuah usaha konter pulsa.

Semoga 11 tips membangun usaha konter pulsa di atas dapat membantu Anda untuk bisa sukses di bisnis tersebut. Selamat mencoba.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 11 Tips Bisnis Konter Pulsa Agar Bisa Mendapatkan Keuntungan yang Lebih

Tim SBF