Yuk, Mengenal Apa itu Laku Pandai dan Bagaimana Cara untuk Bergabung

Sebarkan artikel ini

Apa itu Laku Pandai? Ini adalah salah satu pertanyaan yang kerap kali muncul dari awam yang belum pernah mendengar tentang Laku Pandai sebelumnya. Nah, apakah Anda termasuk mereka yang belum mengerti tentang Laku Pandai tersebut?

Perlu diketahui bahwa Laku Pandai adalah salah satu program layanan keuangan yang secara resmi dikeluarkan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Laku Pandai adalah kependekan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor Untuk Keuangan Inklusif. Jadi, secara singkat, bisa dikatakan jika Laku Pandai adalah program keuangan resmi dari pemerintah.

OJK dalam hal ini mengeluarkan Laku Pandai sebagai salah satu sarana untuk membantu masyarakat dalam hal keuangan. Selain itu, di sisi yang lain Laku Pandai juga bisa menjadi peluang bisnis masyarakat yang ingin menjadi agen. Sangat menarik, bukan?

Kenapa Laku Pandai Diperlukan Masyarakat?

Hal lain yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan perihal apa itu Laku Pandai adalah dengan menunjukkan urgensi dari Laku Pandai di dalam kehidupan masyarakat. Ya, dengan memahami alasan kenapa Laku Pandai diperlukan, tentu masyarakat awam akan cenderung lebih paham mengenai program keuangan yang satu ini.

Beberapa alasan kenapa Laku Pandai diperlukan di masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Masih cukup banyak anggota masyarakat di Indonesia yang belum mengetahui, mengenal, menggunakan dan juga mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan sejenis secara baik. Hal ini dikarenakan antara lain karena tempat tinggal yang jauh dari bank dan juga biaya atau syarat yang cukup berat.
  2. OJK beserta industri jasa keuangan serta industri perbankan lainnya memiliki komitmen untuk mendukung terwujudnya keuangan inklusif pada masyarakat yang membutuhkan bantuan dana.
  3. Pemerintah Indonesia memiliki rencana program Strategi Nasional Keuangan Inklusif, di mana salah satu programnya adalah branchless banking. Nah, OJK dengan program Laku Pandai bermaksud untuk mendukung program dari pemerintah tersebut.

Dari beberapa poin di atas bisa digambarkan bahwa Laku Pandai adalah salah satu upaya yang dilakukan OJK dan beberapa pihak terkait untuk memberikan kesadaran tentang perbankan pada masyarakat secara umum. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan keuangan dengan syarat yang mudah.

Laku Pandai Membuka Bisnis Untuk Masyarakat

Sebagaimana disinggung di awal, Laku Pandai selain akan membantu keuangan dari masyarakat juga akan membuka ide bisnis untuk masyarakat. Nah, ide bisnis yang dimaksud adalah dengan menjadi agen bank di daerahnya. Dengan menjadi agen bank ini, masyarakat yang bergabung akan mendapatkan keuntungan dari iuran para nasabah.

Perlu diketahui bahwa nantinya, program Laku Pandai tersebut akan berguna untuk memberikan kredit mikro kepada para nasabah, menjual produk keuangan kepada nasabah seperti asuransi dan layanan tabungan. Nah, tugas dari agen adalah mengurusi beberapa program tersebut agar bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah.

Agen-agen Laku Pandai yang ada di masyarakat nantinya akan berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari pihak bank. Dengan adanya perpanjangan tangan tersebut, masyarakat tak perlu lagi pergi ke bank untuk menunaikan kebutuhannya. Mereka hanya perlu datang ke agen tersebut dan agen akan melayani masyarakat dengan baik layaknya bank.

Kehadiran agen ini juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi perbankan di kalangan masyarakat. Dikarenakan adanya agen, maka bank –dan juga OJK, bisa masuk ke ruang-ruang masyarakat bahkan hingga ke daerah yang bisa dikatakan terpencil.

Cara Menjadi Agen Laku Pandai

Tentu, tidak semua orang bisa menjadi agen dari Laku Pandai tersebut. Hal ini dikarenakan pihak otoritas keuangan juga akan melakukan seleksi. Seleksi tersebut bertujuan untuk mendapatkan agen yang berkompeten serta mampu melaksanakan segala tugasnya dengan baik sehingga nama baik pihak otoritas keuangan akan tetap terjaga.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang agen Laku Pandai, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun beberapa persyaratan untuk menjadi seorang agen Laku Pandai adalah sebagai berikut:

  1. Status calon agen adalah penduduk setempat dan sudah dikenal baik oleh masyarakat sekitarnya. Ini adalah syarat pertama di mana warga pindahan tidak bisa dijadikan agen Laku Pandai karena alasan tidak menetap. Selain itu, syarat ini digunakan sebagai benteng agar agen tidak kabur dan melakukan penipuan.
  2. Calon agen harus sudah menjadi seorang nasabah dari bank yang bersangkutan minimal selama 2 tahun. Perlu diketahui bahwa dalam program Laku Pandai ini, OJK bekerja sama dengan beberapa bank. Nah, calon agen harus merupakan nasabah dari bank tertunjuk dan tidak memiliki masalah serta sudah dipercaya oleh bank
  3. Memiliki usaha utama sekurang-kurangnya telah berjalan selama 2 tahun atau lebih dan lokasi usaha yang dijalankan tetap sama. Ini juga merupakan salah satu syarat untuk memastikan domisili. Dengan memiliki usaha yang tetap, maka kemungkinan agen akan pindah menjadi kecil.
  4. Calon agen harus memiliki kemampuan yang diperlukan terutama dalam hal keuangan dan pengaturan layanan kredit. Selain itu, calon agen juga memiliki kredibilitas yang bagus dan bisa menyesuaikan dengan peraturan yang ditetapkan. Syarat lain adalah calon agen memiliki reputasi yang bagus dan integritas yang baik sehingga akan dipercaya oleh masyarakat setempat.
  5. Calon agen harus memiliki kemampuan yang diperlukan terutama dalam hal keuangan dan pengaturan layanan kredit. Selain itu, calon agen juga memiliki kredibilitas yang bagus dan bisa menyesuaikan dengan peraturan yang ditetapkan. Syarat lain adalah calon agen memiliki reputasi yang bagus dan integritas yang baik sehingga akan dipercaya oleh masyarakat setempat.

Nah, beberapa syarat di atas harus menjadi pertimbangan awal dan peraturan untuk mendaftar menjadi agen Laku Pandai. Selain syarat tersebut, nantinya pihak OJK dan bank yang bersangkutan akan melakukan seleksi untuk memastikan integritas dari calon agen Laku Pandai tersebut.

Keuntungan Menjadi Agen Laku Pandai

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menjadi agen Laku Pandai di wilayah Anda tinggal. Adapun beberapa keuntungan yang tentu bisa menjadi alasan kenapa Anda bergabung menjadi agen Laku Pandai adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan keuntungan dari margin setoran nasabah yang ketentuannya telah diputuskan oleh pihak bank.
  2. Mendapatkan sarana promosi tambahan untuk usaha utama yang sudah lebih dulu dijalankan sehingga usaha sendiri akan berkembang dengan lebih baik.
  3. Mendapatkan kemudahan dalam hal pengajuan kredit kepada bank tertentu untuk pengembangan usaha dan lainnya.
  4. Berpeluang mendapatkan beragam hadiah menarik yang disediakan oleh OJK dan pihak bank terkait untuk performa agen yang baik.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang apa itu Laku Pandai serta beberapa syarat dan keuntungannya jika menjadi seorang agen. Program keuangan yang dikeluarkan secara resmi oleh OJK dan bekerja sama dengan beberapa bank terkait ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan perbankan dengan baik.

Jika Anda berminat untuk menjadi agen, maka Anda tentu saja bisa langsung mendaftar dan mengajukan diri dengan menjadi Mitra Loket Toko Modern Fastpay. Semoga bermanfaat.


Siapa Lagi Mau Jadi Juragan Agen Laku Pandai?
Gabung Fastpay dan Miliki Bisnis Layanan Perbankan yang Paling Menguntungkan

Laku-Pandai-min Yuk, Mengenal Apa itu Laku Pandai dan Bagaimana Cara untuk Bergabung

Tim SBF