Yuk Coba Bisnis Katering Online! Ternyata Menggiurkan!

Sebarkan artikel ini

Seiring dengan perkembangan zaman, usaha apapun bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya yaitu bisnis katering online. Dengan adanya media sosial yang saat ini sedang naik daun, Anda bisa mempromosikan usaha katering ke lebih banyak orang dan juga bisa memiliki lebih banyak pelanggan dalam waktu yang singkat.

Bisnis yang satu ini bisa dijadikan sebagai usaha mandiri atau usaha sampingan lho. Tetunya keuntungan yang bisa Anda dapat sangat menjanjikan. Apalagi di era saat ini yang sebagian mayoritasnya sibuk dan tidak sempat untuk membuat makanan sendiri. Sangat menarik bukan bisnis yang satu ini?

Selain menjanjikan, usaha katering juga memiliki peluang besar di daerah perkotaan lho. Tentu saja demikian, karena kebanyakan orang yang tinggal diperkotaan akan merasa lebih mudah dan simpel saat melangsungkan acara menggunakan jasa katering. Nah, bagi Anda yang ingin memulai untuk menjalankan bisnis katering, yuk simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

 


Cara Memulai Bisnis Katering Online

Peluang usaha katering terbilang sangat bagus dan menjanjikan. Tak heran jika bisnis ini diminati oleh banyak orang. Apalagi saat ini sebagian besar orang lebih suka berbelanja menggunakan sistem online. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk  memulai bisnis. Nah, berikut beberapa cara efektif untuk membangun bisnis katering online:

  1. Menentukan jenisKatering

Sebelum memulai bisnis, alangkah baiknya Anda memilih jenis katering yang akan dipasarkan. Terdapat 4 jenis katering yang bisa Anda pilih yaitu katering rumahan, katering untuk anak sekolah, katering khusus kantoran dan katering khusus acara besar. Dalam memilih jenis katering, tentunya bisa disesuaikan dengan modal yang ada.

Misalnya jika Anda memiliki modal besar dan banyak jenis bisnis katering yang cocok untuk dilakukan adalah katering khusus acara besar seperti hajatan dan lain-lain. Apabila modal yang dimiliki sedikit jenis bisnis yang bisa dijalankan adalah katering rumahan atau bisa juga katering untuk anak sekolah.

  1. Siapkan Modal yang Cukup

Hal mutlak dan harus ada sebelum menjalankan suatu bisnis adalah modal. Besar atau kecil jumlahnya pastikan bahwa modal yang disediakan cukup untuk membangun bisnis Anda. Akan lebih baik jika Anda menyediakan modal yang lebih banyak dari perkiraan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila dana semula kurang untuk membeli bahan usaha.

  1. Siapkan Keterampilan

Nah, keterampilan atau pengalaman menjadi salah satu komponen penting dalam melakukan bisnis. Sebelum membuka bisnis mandiri, sebaiknya Anda bekerja dulu sebagai pegawai di tempat katering yang sudah berdiri sejak lama. Di tempat tersebutlah Anda bisa mulai mempelajari segalanya.

Ya, mulai dari belajar cara pembukuan yang benar, cara melayani konsumen dan lain-lain. Dengan berbekal pengalaman tersebut bisnis yang akan dibangun pasti bisa berjalan dengan lancar dan mudah untuk dikembangkan.

  1. Cari SupplierMurah

Dalam usaha kuliner ini Anda harus pintar mencari supplier murah. Hal ini sangat penting dalam bisnis kuliner. Pasalnya, jika Anda tidak mendapat supplier murah keuntungan yang didapat relatif sedikit dan tentunya sulit untuk mengembangkan bisnis.

  1. Bekerja Sama Dengan Bidang Lain

Apabila Anda ingin bisnis ini cepat berkembang dan memiliki banyak peminat, cobalah untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain. Dengan melakukan kegiatan ini, maka usaha yang Anda bangun akan mudah dikenal orang.

  1. Membuat Akun Media Sosial

Agar lebih mudah dalam melakukan promosi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun media sosial. Seperti misalnya membuat akun Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain. Dengan demikian, Anda bisa leluasa posting foto katering tersebut untuk dipromosikan.


Tips Sukses Bisnis Katering Online

Menjadi pengusaha sukses adalah mimpi semua orang, tentu saja dibalik kesuksesannya terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Misalnya seperti melakukan promosi, memberikan layanan terbaik dan lain-lain. Nah, bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha katering sukses, lakukanlah beberapa tips berikut:

  1. Sering Post Menu Terbaru

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pedagang online adalah rajin posting menu terbaru. Buatlah menu yang unik dan menarik agar para pelanggan menjadi penasaran dan ingin membeli katering Anda.

  1. Selalu Berinovasi

Dalam dunia bisnis terutama kuliner, Anda dituntut untuk bisa berinovasi atau menciptakan menu baru yang unik. Hal ini dilakukan agar para konsumen tidak bosan dengan menu makanan yang ditawarkan. Nah, Anda dapat berinovasi dengan menambah layanan bersama Fastpay. Layanan yang dimiliki Fastpay sangat lengkap, ini membuat usaha Anda semakin digemari pelanggan.

  1. Beri Harga yang Terjangkau

Selain sering melakukan inovasi terhadap menu-menu makanan, tips selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu memberi harga yang murah sebagai promosi di awal. Jika sudah banyak yang menyukai makanan Anda maka naikkan harga sedikit demi sedikit.

  1. Buatlah Brand yang Unik dan Mudah Diingat

Nah, agar konsumen bisa mengenali usaha katering yang Anda buat gunakanlah brand yang mudah diingat dan unik. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai tanda bahwa usaha tersebut milik Anda.

  1. Ramah Dalam Melayani Konsumen

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah cara melayani konsumen. Dalam hal ini Anda harus bersikap ramah tamah dan sabar. Sebab, konsumen memiliki sifat yang berbeda-beda.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara membangun bisnis katering online. Agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, ikutilah beberapa tips yang sudah dibahas di atas. semoga informasi di atas berguna bagi Anda yang akan memulai bisnis online.


Terus ikuti informasi terupdate di Social Media Toko Modern Fastpay
:
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Berikan layanan tambahan untuk menjadi unggulan dari Katering Anda. Dengan bergabung dengan Toko Modern Fastpay, sekali jalan bisnis katering juga bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di katering Anda!

banner Yuk Coba Bisnis Katering Online! Ternyata Menggiurkan!

Tim SBF