Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas

Sebarkan artikel ini

Keberadaan kartu kredit memang tak bisa dipungkiri mampu memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi bagi penggunanya. Dengan menggunakan kartu kredit, segala transaksi menjadi lebih cepat tanpa tanpa khawatir total belanja. Namun di sisi lain, dengan kemudahan tersebut, terkadang juga bisa membuat seseorang sembarangan melakukan berbagai transaksi, yang pada akhirnya menimbulkan tagihan yang sangat banyak.

Nah untuk menanggulangi hal tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana posisi kartu kredit. Pertama, kartu kredit merupakan utang yang harus Anda lunasi, karena setiap transaksi akan diakumulasi per bulan dan harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu. Kedua, suku bunga dari kartu kredit setiap bulannya cukup tinggi, yakni kisaran 2,75%-3%. Ketiga, penggunaan kartu kredit secara berlebihan dapat mendorongmu pengguna menuju gaya hidup yang konsumtif, sehingga dampak buruk akan terjadi pada ketahanan finansial Anda.

Dengan demikian, apa yang harus Anda lakukan agar tak terjadi dampak buruk terhadap penggunaan kartu kredit? Simak penjelasan berikut ini mengenai 7 cara menggunakan kartu kredit secara bijak dan cerdas.

  1. Belanja Sesuai dengan Rencana

kk2 Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas

Faktor utama yang membuat penumpukan tagihan kartu kredit adalah gaya berbelanja. Dengan kemudahan menggunakan kartu kredit membuat seseorang sembarangan ketika belanja. Hal ini disebabkan karena mereka merasa tak perlu mengeluarkan banyak uang tunai ketika berbelanja, padahal yang masuk ke tagihan kartu kredit sangat banyak.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sebelum Anda berbelanja, pastikan membuat daftar belanja. Dan jika telah di supermarket atau mall, belanja-lah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Sebagai contoh, jika Anda berencana akan membeli sepatu olahraga menggunakan kartu kredit, maka ketika datang ke toko peralatan kebugaran, yang Anda tuju hanyalah sepatu olahraga, tanpa membeli barang lainnya.

  1. Hindari Menarik Uang Tunai Menggunakan Kartu Kredit

Kebiasaan buruk ketika seseorang tak memegang uang tunai lagi adalah menarik dari kartu kredit. Jika hal ini terus dilakukan, maka di akhir bulan tanpa terasa uang Anda akan semakin menipis. Lebih dari itu, penarikan uang tunai melalui kartu kredit per bulannya akan dikenakan bunga sebesar 2,25%. Sehingga jika keuangan Anda semakin menipis, bisa jadi bunga bank tersebut akan membebani Anda.

  1. Periksa Tagihan Dengan Cermat

Ingat! Kebutuhan Anda bukanlah belanja keperluan rumah saja, namun juga ada tanggungan rumah lainnya seperti tagihan listrik, pulsa, bahkan cicilan jika memang Anda memilikinya. Nah, sebelum menggunakan kartu kredit untuk belanja, cobalah untuk mengecek tagihan bulanan, apakah keuangan Anda cukup untuk membayarnya? Membayar beragam tagihan secara tepat waktu juga akan lebih cermat, karena jika Anda telat tentu harus membayar dendanya, sehingga pengeluaran semakin banyak bukan?

Nah, mau mengecek tagihan bulanan dengan mudah, tanpa takut terlambat membayar? Yuk pasang aplikasi Fastpay. Yaps, aplikasi pintar yang satu ini memiliki fitur untuk memudahkan seseorang mengecek tagihan bulanan, seperti tagihan listrik, pulsa, air, belanja online, kirim barang, nabung maupun transfer, bayar tagihan kartu kredit, bahkan bisa reservasi hotel, kereta, pesawat, dan paket wisata. Inilah solusi tepat bagi Anda pengguna kartu kredit untuk lebih bijak mengatur keuangan dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

  1. Bayar Penuh Tagihan Bulanan Secara Rutin

Untuk memastikan per bulannya tak terjadi penumpukan hutang, bayarlah tagihan bulanan secara penuh sebelum jatuh tempo. Dibandingkan dengan membayar cicilan, membayar penuh lebih nyaman dilakukan, sebab Anda bisa memikirkan kebutuhan lainnya seperti untuk belanja, biaya pendidikan, atau bahkan liburan.

Nah, kabar bahagia untuk Anda, ternyata Fastpay tak hanya sebagai alarm tagihan bulanan saja, namun dengan menggunakan Fastpay Anda bisa membayar tagihan  mudah.

Ya, hanya dengan beberapa sentuhan atau mengetik di Smartphone Anda, tagihan bulanan sudah terbayar tanpa harus datang ke tempat pembayaran konvensional. Lebih dari itu, kemudahan ini juga akan menghemat waktu dan tenaga Anda, karena tak perlu mengantre.

  1. Simpan Kartu Kredit Bila Tak Diperlukan

kk3 Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas

Bila Anda memang tak membutuhkan kartu kredit, maka simpanlah di rumah jika akan bepergian. Yaps, jika Anda bepergian dan menemukan sesuatu yang baru, pasti tanpa membawa kartu kredit, keniatan untuk membeli akan diurungkan. Bahkan, cara ini juga akan menjaga agar kartu kredit Anda tak hilang karena terjatuh.

  1. Simpan Laporan Transaksi Penggunaan Kartu Kredit

Setiap bulan, pasti Anda akan mendapatkan laporan bulanan dari penggunaan transaksi kartu kredit yang dilakukan. Nah, dengan laporan tersebut, buatlah analisis pengeluaran Anda, apakah sudah benar atau belum. Jika Anda menggunakannya untuk keperluan yang tak penting, maka akan terjadi penyesalan. Dan hal tersebut bisa digunakan sebagai pelajaran, agar tak mengulanginya di bulan berikutnya.

  1. Manfaatkan Diskon dan Promo

kk1 Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas

Tak dapat dipungkiri bahwa, belanja merupakan aktivitas yang tak dapat dihindari. Namun, untuk menekan keuangan Anda dalam belanja, manfaatkan-lah keberadaan diskon dan promo. Meski demikian. Keberadaan promo tentunya tak boleh dijadikan aji mumpung, yakni tetap beli produk sesuai yang Anda butuhkan, jangan sampai terlena dengan diskon dan promo yang bukan produk kebutuhan Anda.

Keberadaan kartu kredit memang memiliki dua sisi, yakni sisi positif dan sisi negatif. Dimana positifnya adalah memudahkan Anda untuk melakukan transaksi, serta membantu Anda memenuhi kebutuhan primer jika keuangan tak mencukupi.

Namun di sisi lain, dengan kemudahan ketika bertransaksi, membuat seseorang memiliki gaya hidup yang konsumtif, sehingga terjadi pembengkakan tagihan kartu kredit, dan imbasnya kebutuhan finansial Anda akan terabaikan. Nah, untuk menghindari sisi buruk keberadaan kartu kredit, jangan lupa untuk selalu menerapkan 7 cara menggunakan kartu kredit secara bijak dan cerdas di atas ya sobat. With smart financial management, you will always get smarter to live your life.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas


Mau PROMO Menarik Lainnya ? Masih banyak lagi program berhadiah lainnya dari Toko Modern Fastpay.. Ikuti Channel Sosial Media.. Update terus PROGRAM BERHADIAH.
Pastikan Nama Anda Menjadi Pemenang Berikutnya! 

facebook-sentra-bisnis-fastpay Wajib Tahu! Inilah 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas

Tim SBF