Wajib Tahu! 7 Hal yang Harus Dilakukan Usaha Fotocopy bagi Pemula!

Sebarkan artikel ini

Bisnis fotocopy menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Meski memiliki pasar yang terbatas, akan tetapi usaha tersebut akan selalu ada. Sebenarnya, untuk menjalankan bisnis yang satu ini cukuplah mudah.

Namun, dibutuhkan modal yang cukup agar bisa membangun bisnis tersebut. Walaupun bisnis yang satu ini memberikan peluang keuntungan yang lumayan, akan tetapi bagi Anda para pemula atau yang baru akan memulai usaha ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Persiapkan semua hal yang dibutuhkan agar usaha fotocopy Anda dapat berjalan dengan lancar. Apa sajakah itu? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuka usaha fotocopy untuk pemula;

  1. Siapkan Modal

Saat akan membangun sebuah usaha, mempersiapkan modal menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Dibandingkan dengan beberapa jenis usaha lainnya, usaha fotocopy memiliki modal yang cukup besar. Tak hanya digunakan untuk menyewa tempat, namun Anda juga harus memiliki mesin fotocopy yang harganya jutaan.

Bahkan, untuk mesin dengan kualitas standar, harga dibandrol sekitar belasan juta. Paling tidak, Anda butuh modal sekitar Rp 20 hingga Rp 30 juta. Namun, apabila Anda sudah memiliki tempat sendiri untuk membangun usaha tersebut, tentu hal ini akan membantu untuk memangkas modal yang harus dikeluarkan.

  1. Pilih Mesin Fotocopy yang Berkualitas

Dalam menjalankan usaha fotocopy untuk pemula Anda juga butuh sebuah mesin fotocopy yang berkualitas tinggi. Saat ini, ada beragam merk mesin fotocopy yang dijual dengan berbagai spesifikasi di dalamnya.

Nah, bagi Anda yang butuh mesin fotocopy multifungsi, seperti bisa digunakan untuk fotocopy, printing, scanner dan lain sebagainya, tentu modal yang disiapkan harus lebih banyak jika dibandingkan dengan membeli mesin fotocopy analog.

Jika Anda memiliki modal yang terbata, disarankan untuk membeli satu buah mesin fotocopy analog yang berkualitas terlebih dahulu. Kalau pun ingin memiliki mesin fotocopy multifungsi, bisa Anda siapkan sembari mengumpulkan modal.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Membuka usaha fotocopy memang memiliki peluang untung yang menjanjikan. Akan tetapi, jika Anda membuka bisnis di tempat yang strategis hal tersebut menjadi sia-sia. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang dekat dengan beberapa perkantoran atau bahkan sekolah.

Anda juga bisa membuka usaha ini di lingkungan kampus agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Biasanya, para mahasiswa akan sangat membutuhkan jasa fotocopy.

  1. Lakukan Cross Selling

Setiap orang pasti ingin sukses dengan bisnis yang dijalaninya. JIka ingin membuka usaha fotocopy untuk pemula maka Anda juga harus menerapkan trik usaha yang baik. Salah satunya ialah dengan melakukan cross selling.

Kegiatan tersebut sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Kegiatan cross selling ini bisa dilakukan dengan tidak menawarkan jasa fotocopy saja, namun Anda juga bisa menjual atau menawarkan berbagai macam hal yang berhubungan dengan fotocopy, seperti laminating, jasa jilid, scanning serta penjualan berbagai macam ATK (Alat Tulis Kantor).

  1. Beri Layanan yang Memuaskan

Dengan memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, hal tersebut akan memberikan kesan positif dari para pelanggan. Salah satu contoh pelayanan yang bisa memberikan kepuasan untuk para pelanggan ialah dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Dengan begitu, pelanggan tidak akan segan untuk kembali lagi ke tempat Anda.

  1. Jalinlah Relasi dengan Baik

Salah satu kunci dalam menjalankan sebuah usaha ialah dengan memiliki banyak relasi. Dewasa ini, usaha fotocopy semakin banyak sehingga membuat kompetisi dari usaha tersebut semakin tinggi.

Oleh karena itu, selain menerapkan beberapa hal di atas, penting juga bagi Anda untuk menjalin relasi yang baik agar bisa mendapatkan banyak pelanggan. Beri juga pelayanan yang memuaskan agar para pelanggan tidak kapok saat memberikan kepercayaan bagi Anda.

  1. Buatlah Perencanaan Bisnis yang Matang

Beberapa hal di atas tentu tidak ada artinya jika Anda tidak membuat sebuah perencanaan bisnis yang matang. Untuk membuat sebuah perencanaan bisnis ini sebenarnya sangat mudah, Anda bisa memulainya dari modal terlebih dahulu.

Hitung dengan teliti berapa banyak modal yang kiranya akan Anda keluarkan. Buatlah estimasi dana untuk modal awal, mulai dari estimasi harga mesin fotocopy, sewa tempat, dan peralatan tambahan lainnya.

Tak hanya itu, buat juga estimasi anggaran pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya. Dengan begitu, Anda bisa mengelola modal dan menjalankan bisnis dengan baik.

Untuk menjalankan usaha fotocopy untuk pemula butuh beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan dengan baik. Apalagi, modal yang dibutuhkan dalam usaha tersebut pun tidak sedikit. Akan tetapi, jika Anda mampu mengelolanya dengan baik, hal tersebut dapat membantu Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Nah, jika Anda pemula dan baru saja akan memulai sebuah bisnis, jangan lupa untuk membuat sebuah perencanaan yang matang agar bisnis yang Anda jalankan tersebut tidak tumbang di tengah jalan.

Tak lupa memberikan pelayanan yang lebih untuk mengikat pelanggan. Bersama Fastpay tentu akan menambah layanan plus plus untuk usahamu. Fastpay memberikan pelayanan yang komplit untuk menambah keuntungan dari usaha fotokopimu.

Hanya dengan bergabung di Toko Modern Fastpay, bisa bayar tagihan, isi pulsa, bahkan bisa mengirimkan uang tanpa rekening bank di outlet fotokopi Anda!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF