Waaah Ternyata Ini Untung Rugi Memakai Kartu Pascabayar

Sebarkan artikel ini

Kartu SIM (Subscriber Identity Module) adalah sebuah kartu berukuran kecil yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. SIM card atau kartu SIM tentu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam urusan komunikasi saat ini oleh sebagian besar orang. Sebagai pengguna aktif ponsel, pernahkah Anda bingung memilih provider kartu SIM mana yang cocok untuk Anda atau justru bingung menentukan apakah akan menggunakan kartu prabayar atau pascabayar?

Berbeda dari dari kartu prabayar, sistem kartu pascabayar sendiri justru mengizinkan pelanggan menggunakan kartu tersebut terlebih dahulu untuk layanan komunikasi maupun data dan kemudian pada akhir periode pengguna akan dibebankan sejumlah tagihan sesuai dengan pemakaian.

Namun di Indonesia sendiri pengguna kartu pascabayar memang tidak sebanyak kartu prabayar. Lantas apa sajakah untung rugi memakai kartu pascabayar?

Keuntungan Menggunakan Kartu Pascabayar

source: freepik.com
  1. Banyak Paket yang Tersedia

Tak hanya operator untuk kartu prabayar saja, kini kartu pascabayar pun menyediakan beragam pilihan paket untuk para penggunanya. Salah satu untung rugi memakai kartu pascabayar yang banyak dilirik adalah beragamnya paket yang bisa dipilih, seperti paket telepon, sms, paket data dan paket dobel.

Adanya paket-paket tersebut, Anda akan lebih bisa menekan tagihan kartu SIM agar tidak terlalu banyak. Sebenarnya bila dibandingkan dengan paket pada kartu prabayar, paket-paket pada kartu pascabayar justru jauh lebih murah.

  1. Time Unit Lebih Pendek

Untung rugi memakai kartu pascabayar lainnya yakni time unit yang ditarif lebih pendek bila dibandingkan dengan kartu prabayar. Jika pada kartu prabayar, tarif panggilan untuk time unit sekitar 30 detik, dimana artinya jika Anda melakukan panggilan selama kurang dari 30 detik, Anda akan tetap dikenakan biaya panggilan yang sama dengan 30 detik.

Sedangkan pada kartu pascabayar, time unit-nya lebih pendek dari kartu prabayar, yakni sekitar 6-10 detik, tergantung pada provider kartunya.

  1. Tidak Akan Kehabisan Pulsa

Untung rugi memakai kartu pascabayar selanjutnya yakni Anda tidak akan khawatir tiba-tiba kehabisan pulsa dan harus segera mengisinya. Rasanya sungguh tidak asyik bukan jika tiba-tiba saat melakukan panggilan terputus begitu saja karena kehabisan pulsa?

  1. Nomor Bisa Dipilih

Nah, bagi Anda yang sulit menghafal nomor, kartu pascabayar tersebut bisa menjadi alternatif yang tepat. Pasalnya, dengan menggunakan kartu pascabayar, Anda bisa memilih sendiri nomor sesuai dengan keinginan Anda. Selain bisa membuat nomor yang ‘cantik’, kartu pascabayar umumnya juga memiliki jumlah digit nomor yang lebih sedikit, yakni antara 10-11 nomor.

Untuk mendapatkan nomor yang Anda inginkan, Anda bisa memilih di website resmi operatornya dan gunakanlah nomor yang belum terpakai oleh pelanggan lainnya.

  1. Tak Perlu Ganti Kartu Saat Berpindah Sistem

Untung rugi memakai kartu pascabayar lainnya juga tidak merepotkan Anda saat ingin merubah kartu prabayar Anda menjadi kartu pascabayar. Tidak perlu untuk ganti kartu, cukup datang saja ke kantor operatornya, maka Anda bisa menggunakan nomor yang sama menjadi kartu pascabayar.

  1. Menghubungi Call Center Tidak Akan Dikenakan Biaya

Saat terjadi masalah dengan kartu Anda, tanpa harus repot datang ke kantornya, Anda bisa melakukan call center operator secara gratis. Untuk pengguna kartu pascabayar, call center tidak akan dikenakan biaya karena operator selalu memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada setiap pengguna pascabayar. Bahkan identitas Anda juga sudah tercatat di database operator.

  1. Jika Kartu Hilang Mudah Diganti dan Diurus

Nomor telepon seakan sudah menjadi identitas pemiliknya, sehingga banyak pengguna ponsel yang terus mempertahankan nomor tersebut agar mudah untuk dihubungi.

Nah, disinilah kelebihan lain dari kartu pascabayar, dimana Anda tidak perlu khawatir lagi jika nomor tersebut hilang. Cukup lapor saja ke kantor polisi dan juga kantor operator, maka Anda bisa mendapatkan nomor yang sama karena identitas Anda sudah tercatat.

source: freepik.com

Kekurangan Menggunakan Kartu Pascabayar

  1. Sulit Mengontrol Pemakaian

Untung rugi memakai kartu pascabayar selain beberapa kelebihan di atas, kartu pascabayar juga memiliki beberapa kekurangan, seperti salah satunya yaitu sulit untuk mengontrol pemakaian.

Karena pemakaian sulit terdeteksi, pengguna kartu pascabayar biasanya tidak akan sadar bahwa sudah banyak jumlah pemakaiannya. Hal tersebut bisa membuat tagihan bulanan Anda membengkak.

  1. Resiko Lebih Besar

Dibalik kelebihan dari kartu pascabayar ternyata juga bisa menjadi kekurangan. Untuk pengguna kartu pascabayar, jika ponsel Anda hilang dan Anda segera melapor, maka nomor bisa kembali seperti sedia kala.

Akan tetapi jika Anda tidak segera melapor dan nomor tersebut digunakan oleh orang lain, maka tagihan dari pemakaian kartu tersebut juga masih menjadi tanggungan Anda.

  1. Lebih Ribet

Untung rugi memakai kartu pascabayar lainnya yakni repot saat pendaftaran karena prosedur pendaftarannya hingga pembayarannya juga cukup ribet. Karena saat mendaftar, Anda harus menggunakan kartu identitas yang resmi dan mengurus untuk prosedur pembayarannya juga.

  1. Tetap Bayar Meskipun Tidak Pakai

Pada beberapa operator kartu pascabayar biasanya akan menerapkan prinsip abodemen atau dengan kata lain pakai-tidak pakai Anda akan tetap bayar. Meskipun beberapa operator telah menghilangkan prinsip abodemen tersebut, tapi operator juga masih menetapkan batas penggunaan setiap bulannya.

Terlepas dari untung rugi memakai kartu pascabayar, pastikan Anda memilih menggunakan kartu tersebut sesuai dengan kebutuhan. Namun bagi Anda seorang bussinesman atau memiliki intensitas komunikasi yang tinggi, penggunaan kartu pascabayar sangat recommended lho karena bisa lebih memudahkan dan hemat.

Bila Anda menggunakan SIM card pascabayar, Anda bisa melunasi tagihan dengan lebih mudah ditambah dapat cashback hanya dengan 1 aplikasi Fastpay. 8 layanan transaksi bisa Anda lakukan sekaligus dan dapatkan penghasilan tambahan hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya. 

Informasi dan promo menguntungkan lainnya bisa cek di :

Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official

Pakai Fastpay pasti lebih mudah dan menguntungkan. Daftar sekarang di bawah ini!

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF