Trend Mobile Payment Untuk Bisnis Modal Kecil

Sebarkan artikel ini

Beberapa waktu terakhir, Gerakan Masyarakat Non Tunai atau dalam bahasa lain disebut cashless society menjadi isu pembicaraan yang hangat. Ya, perkembangan financial technology mendorong penggunaan uang digital sebagai alat transaksi yang sah. Kemudian, perkembangan tersebut memunculkan beberapa Mobile Payment sebagai alat pembayaran.

Munculnya Mobile Payment bisa dikatakan sebagai buah dari perkembangan financial technology yang begitu pesat. Dengan adanya sistem pembayaran mobile, transaksi cashless bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan sangat mudah.

Kemudahan yang ditawarkan ini mendorong seseorang untuk melakukan transaksi tanpa kendala. Di sisi lainnya, pembayaran mobile bagi seorang pebisnis –termasuk di dalamnya bisnis modal kecil, akan mampu memangkas waktu untuk melakukan transaksi sehingga pelayanan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Beragam Manfaat dari Mobile Payment

Tren penggunaan pembayaran mobile pada bisnis dengan modal kecil memang terus berkembang dari waktu ke waktu dan semakin pesat beberapa waktu ini. Hal ini tentu tidak lepas dari berbagai manfaat yang diperoleh para pebisnis yang menggunakan pembayaran mobile dalam transaksi mereka.

Nah, beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan pembayaran mobile sebagai alat untuk transaksi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Kemudahan untuk Pelanggan

Dalam urusan bisnis, kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang diutamakan. Oleh karena itu, seorang pebisnis akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Dengan pelayanan terbaik, tentu pelanggan akan puas dan mereka akan turut menyumbang peningkatan pada bisnis yang dijalankan.

Nah, Mobile Payment adalah salah satu teknologi yang bisa memberikan kemudahan untuk pelanggan. Artinya, pelayanan kepada pelanggan akan meningkat dan bisnis akan bisa berjalan dengan lebih baik.

Adanya pembayaran mobile ini membuat pelanggan tidak perlu membawa uang cash saat ingin melakukan transaksi. Tidak hanya itu, mereka juga tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer. Hanya dengan menggunakan smartphone, transaksi bisa dilakukan dengan cepat.

2. Transaksi yang Lebih Aman

Hal lain yang menjadi manfaat dari Mobile Payment yang bisa dirasakan baik oleh penjual dan pembeli dalam sebuah transaksi adalah transaksi yang lebih aman. Keamanan transaksi memang menjadi hal yang begitu penting untuk memastikan kedua pihak merasa puas.

Bagi seseorang yang memiliki usaha bermodal kecil, pembayaran mobile akan memudahkan mereka untuk melakukan pencatatan. Semua transaksi yang masuk dan sudah dilakukan akan tercatat dengan sangat baik dan tidak ada yang terselip. Artinya, potensi uang hilang dalam transaksi tentu hampir tidak ada.

3. Promo yang Menarik

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jasa yang menyediakan pembayaran mobile untuk dimanfaatkan para pemilik bisnis dengan modal kecil. Nah, adanya banyak jasa yang menyediakan pembayaran mobile ini tentu akan membuat Anda sebagai pelaku usaha akan lebih leluasa memilih mana Mobile Payment yang tepat dan sesuai keinginan.

Nah, apa yang menarik dari pembayaran mobile adalah adanya beragam promo yang diberikan. Bagi penjual, promo tersebut tentu sangat menarik sebagai salah satu media promosi kepada pelanggan dan peningkatan layanan mereka. Dengan promo yang menarik, bukan tidak mungkin akan datang lebih banyak pelanggan yang bertransaksi.

Beberapa poin di atas merupakan manfaat yang diperoleh dari penggunaan pembayaran mobile. Tentu, masih banyak benefits lain yang akan didapatkan, terutama untuk para pebisnis. Beragam manfaat tadi tentu bisa menjadi alasan kenapa penggunaan pembayaran mobile menjadi cukup penting bagi para pelaku bisnis.

Penyedia Layanan Mobile Payment Terbesar di Indonesia

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak penyedia jasa pembayaran mobile yang bisa dipilih sebagai mitra kerja. Dengan beberapa pilihan tersebut, tentu saja Anda bisa menyesuaikan pembayaran mobile mana yang cocok dengan fitur yang menarik.

Nah, lantas apa saja penyedia jasa pembayaran mobile yang ada di Indonesia dan bisa dimanfaatkan? Simak beberapa ulasan di bawah ini:

  • Go-Pay

Go-Pay merupakan salah satu jasa yang menyediakan pembayaran mobile untuk aneka transaksi. Go-Pay ini adalah layanan financial technology yang dimiliki oleh Go-Jek sebagai layanan transportasi online terkemuka saat ini. Nah, untuk pengguna Go-Jek, maka mereka akan mendapatkan kesempatan untuk menggunakan Go-Pay.

Bisa dikatakan bahwa Go-Pay adalah pembayaran virtual yang mirip dengan T-Cash. Dalam hal ini, saldo yang ada di dalam Go-Pay bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti isi ulang pulsa, membayar berbagai tagihan dan lainnya.

  • OVO

Penyedia Mobile Payment selanjutnya yang cukup populer adalah OVO. Bisa dikatakan pengguna OVO terus bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan fitur OVO yang bisa dikatakan lengkap dan promo yang cukup banyak dan menarik.

Dengan menggunakan OVO, maka pengguna bisa melakukan aneka transaksi dengan mudah. Pembayaran langganan internet, isi pulsa, membayar listrik dan lainnya bisa dilakukan dengan OVO. Bahkan, untuk pebisnis, mereka bisa menyediakan layanan pembayaran bisnis mereka menggunakan OVO di mana pembayaran bisa dilakukan dengan scan barcode.

  • Link Aja

Link Aja juga termasuk salah satu provider pembayaran mobile yang cukup terkenal. Dengan slogan ‘beres tanpa cash’, penyedia Mobile Payment ini menawarkan fitur yang sangat menarik untuk dinikmati, terutama untuk pengguna yang ingin mendapatkan kemudahan transaksi tanpa uang cash.

Aplikasi ini sebenarnya disediakan untuk para pengguna Telkomsel yang sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Nah, salah satu aplikasi pembayaran mobile ini bisa dimanfaatkan baik untuk pelanggan ataupun penjual dengan beragam fitur menarik yang sayang untuk dilewatkan.

  • Mandiri Online

Meskipun sepintas hanya melayani mereka yang memiliki rekening Bank Mandiri, namun sebenarnya salah satu aplikasi Mobile Payment ini bisa digunakan untuk beragam bank yang berbeda. Selain itu, Mandiri Online juga bisa digunakan melakukan pembayaran dengan sangat mudah.

Cara penggunaannya adalah dengan tap kartu e-money ke smartphone yang digunakan sambil membuka aplikasi Mandiri Online yang sudah diinstal. Nah, dengan demikian, maka transaksi bisa dilakukan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa smartphone yang digunakan harus memiliki fitur NFC yang aktif. Tanpa adanya fitur NFC tersebut, tentu saja transaksi dengan menggunakan Mandiri Online tidak akan bisa dilakukan.

  • Dana

Dana menjadi penyedia jasa pembayaran mobile selanjutnya yang banyak digunakan. Aplikasi ini akan memudahkan setiap pengguna untuk melakukan transaksi cashless tanpa menggunakan kartu. Selain itu, Dana juga menyediakan beragam fitur yang sangat menarik, seperti pembayaran aneka tagihan, asuransi dan lainnya.

Nah, bagi para pebisnis, mereka juga bisa menyediakan QR code untuk kemudahan transaksi. Hanya dengan melakukan scan, maka pembayaran transaksi bisa dilakukan. Sangat mudah, bukan?

Demikian beberapa ulasan mengenai Mobile Payment. Adanya pembayaran mobile saat ini memang memudahkan transaksi untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, bagi seseorang yang memiliki bisnis, pembayaran mobile adalah salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan pelayanan sehingga nantinya bisnis mereka akan berkembang.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINIImage

banner Trend Mobile Payment Untuk Bisnis Modal Kecil

Tim SBF