Tips Ringkas Membuka Usaha Retail Modal Kecil Bagi Pemula

Sebarkan artikel ini

Dewasa ini, retail menjadi salah satu jenis usaha yang bisa dikatakan cukup menjamur. Hal ini bisa dilihat banyaknya retail yang ada di setiap sudut kota –dan mulai masuk pedesaan yang bersebelahan. Meskipun demikian, usaha retail tersebut tetap saja survive dan didatangi oleh pelanggan. Hal inilah yang membuat ide usaha retail modal kecil masih relevan hingga saat ini.

Nah, memiliki usaha retail adalah salah satu ide bisnis yang sangat menarik. Fakta bahwa pangsa pasar retail yang luas dan besar serta retail bukanlah ide bisnis musiman membuat ide bisnis ini tentu saja menjadi menarik untuk usaha mendapatkan keuntungan.

Berbincang tentang usaha retail modal kecil, membangun retail dengan cara franchise bisa menjadi salah satu opsi yang diambil. Pernahkah Anda mendengar tentang franchise retail sebelumnya? Nah, hal tersebut akan dibahas di bawah ini.

Kenapa Memilih Franchise Retail?

Perlu diketahui bahwa franchise retail adalah salah satu ide dari usaha retail modal kecil yang bisa Anda terapkan. Dalam hal ini, selain franchise retail, tentu saja Anda bisa membuat retail sendiri tanpa strategi franchise.

Namun, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari ide franchise retail tersebut. Beberapa keuntungan yang didapatkan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Brand yang Sudah Terkenal

Salah satu keuntungan –dan bisa dikatakan yang paling besar, dari keputusan mengambil franchise retail adalah mendapatkan brand yang sudah terkenal. Ya, dengan franchise, Anda memang akan mendapatkan hak untuk menggunakan merek dagang tertentu.

Ini adalah salah satu keuntungan di mana Anda tidak perlu membangun brand dari awal dan bersaing dengan brand yang sudah besar.

Bisa dipahami bahwa brand adalah salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Secara langsung, brand akan mempengaruhi kepercayaan konsumen tentang usaha yang Anda miliki. Bahkan, dengan brand yang terkenal tersebut promosi akan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

2. Manajemen Bisnis yang Sudah Jadi

Meskipun Anda ingin membangun usaha retail modal kecil, tetap saja membutuhkan manajemen bisnis yang bagus. Ya, manajemen bisnis akan mengurus segala kebutuhan bisnis yang nantinya akan berpengaruh pada bagaimana bisnis retail Anda akan berjalan. Dalam hal ini, agaknya sedikit lebih susah untuk membuat manajemen bisnis jika Anda kurang pengalaman.

Nah, dengan memilih franchise retail, maka Anda tidak akan dipusingkan dengan hal demikian. Pemilik brand sudah memiliki manajemen bisnis yang bisa diandalkan untuk membantu Anda, tentu saja, manajemen bisnis yang tersedia sudah terpercaya dan akan membimbing Anda mengatur bisnis retail dengan lebih baik.

3. Tidak Pusing Tentang Pasokan Barang

Hal lain yang menjadi keuntungan turut dalam franchise retail adalah kemudahan dalam mendapatkan pasokan barang. Ketika Anda bersepakat untuk menjalin kerja sama dengan pemilik brand, maka salah satu privilege yang didapatkan adalah kemudahan pasokan barang.

Ketika stok barang Anda habis atau menipis, Anda tinggal melakukan order dan tentu barang akan segera dikirimkan.

Tips Membangun Usaha Retail Modal Kecil Dengan Cara Franchise

Jika Anda merasa bahwa franchise retail cenderung lebih menguntungkan daripada membuka retail sendiri, maka Anda harus melakukan beberapa persiapan lanjutan. Dalam hal ini, ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cari Tahu Tentang Franchise Retail

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha retail modal kecil dengan cara franchise adalah mencari tahu tentang franchise retail tersebut. Ini merupakan langkah awal sebagai pengetahuan dasar sebelum Anda terjun dalam bisnis tadi.

Nah, lakukan pencarian tentang informasi terkait brand retail yang menyediakan franchise berikut dengan segala persyaratan yang dibutuhkan.

2. Persiapkan Modal

Modal tentu harus dipersiapkan sebagai langkah awal untuk memulai bisnis ini. Seiring dengan retail modal kecil yang ingin Anda jalankan, maka Anda harus berdiskusi dengan pemilik brand retail untuk menjalin kerja sama dengan modal yang disesuaikan. Tentu, kesepakatan ini harus terjalin agar nantinya ada kesepahaman antara Anda dengan pemilik brand.

3. Sediakan Lokasi Retail yang Tepat

Lokasi retail menjadi hal yang cukup esensial untuk diperhatikan. Nah, dalam hal ini, pastikan jika Anda memiliki lokasi retail yang cenderung strategis. Tidak harus berada tepat di tepi jalan, namun pastikan jika target konsumen bisa menemukan toko Anda dengan mudah.

4. Lakukan Promosi

Meskipun franchise memberikan garansi brand yang sudah dikenal masyarakat, namun tetap saja Anda perlu melakukan promosi. Ya, promosi ini perlu dilakukan dengan tujuan menyebarkan informasi jika di lokasi tersebut terdapat retail yang Anda kelola. Anda bisa membuat banner atau model promosi lainnya yang menarik.

Beberapa poin di atas bisa menjadi pertimbangan mendasar untuk memulai usaha retail modal kecil yang Anda inginkan. Sebagai tambahan, Anda bisa mencoba mencari simulasi tentang modal untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai bisnis ini.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online, aplikasi toko kelontong, aplikasi warung

Tim SBF