Tips Pengiriman dan Ongkos Kirim Barang Ke Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

Pengiriman barang ke luar negeri kini menjadi hal yang bisa dikatakan biasa. Seiring dengan semakin berkembangnya pasar online dan merebak-nya jasa ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman ke luar negeri, setiap individu pun kini bisa mengirim barang ke luar negeri dengan sangat mudah. Hal inilah yang mendasari semakin berkembangnya bisnis online.

Tentu, melayani pembelian hingga ke luar negeri adalah hal yang sangat menarik bagi pebisnis karena akan berpotensi untuk memberikan keuntungan yang lebih dan pangsa pasar yang lebih luas. Namun, tentu saja, pengetahuan terkait ongkos kirim barang ke luar negeri dan juga tips melakukan pengiriman ke luar negeri harus diketahui dengan baik.

Ya, pengiriman ke luar negeri tentu saja berbeda dengan pengiriman domestik. Selain jarak yang lebih jauh, ada beberapa aturan berbeda yang sering menjadi persyaratan.

Hal Terkait Pengiriman Barang ke Luar Negeri Untuk Diketahui

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada beberapa hal terkait pengiriman ke luar negeri yang harus dipahami dengan baik. Pemahaman seperti ini tentu saja penting agar tidak ada kendala dalam pengiriman yang Anda lakukan.

Nah, adapun beberapa hal yang harus diketahui terkait pengiriman barang ke luar negeri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ada Dua Jalur Pengiriman

Perlu diketahui bahwa untuk pengiriman barang ke luar negeri akan ada dua jalur pengiriman yang digunakan. Jalur pengiriman yang dimaksud adalah jalur udara dan jalur laut. Pengiriman barang menggunakan jalur laut adalah pengiriman yang digunakan untuk mengirim barang-barang besar atau barang dalam jumlah yang banyak. Ada minimal ukuran kubik yang dijadikan acuan perhitungan.

Selain jalur laut, ada jalur udara yang bisa dijadikan pilihan pengiriman. Dalam hal ini, jalur udara cenderung lebih mudah pengurusannya dan tentu saja bisa dijadikan opsi untuk mengirim barang yang cenderung sedikit. Jalur inilah yang menjadi opsi bagi sebagian besar pedagang online untuk mengirimkan pesanan.

  • Perbedaan Estimasi Pengiriman

Jarak yang lebih jauh membuat estimasi pengiriman barang ke luar negeri pada umumnya akan lebih lama. Tentu, mengetahui perkiraan kapan barang sampai adalah hal yang cukup krusial terutama untuk kepuasan pelanggan yang melakukan transaksi. Nah, meskipun berbeda-beda, ada beberapa paket layanan yang disediakan untuk pengiriman ke luar negeri.

Beberapa jenis paket pengiriman tersebut menawarkan estimasi waktu sampai yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenis paket pengiriman yang umumnya tersedia di jasa ekspedisi adalah sebagai berikut:

  • Service super express adalah layanan pengiriman barang ke luar negeri dengan estimasi waktu pengiriman 1 hingga 2 hari sampai
  • Service express adalah layanan pengiriman barang ke luar negeri dengan estimasi sampai sekitar 3 hingga 4 hari
  • Service economy adalah layanan pengiriman ke luar negeri dengan estimasi sampai sekitar 5 hingga 7 hari
  • Service super economy adalah layanan pengiriman barang ke luar negeri dengan estimasi sampai sekitar 7 hingga 10 hari.
  • Pajak yang Berlaku

Selain ongkos kirim barang ke luar negeri, hal yang seringkali ditanyakan adalah mengenai pajak. Apakah pengiriman ke luar negeri terkena pajak? Hal ini tentu saja penting untuk disimak guna melancarkan proses pengiriman.

Nah, secara umum, pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan pajak untuk barang keluar yang dikirim dengan jumlah yang wajar. Pajak umumnya datang dari bea cukai negara penerima dengan aturan yang tentu saja berbeda-beda.

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri

Cara mengirim barang juga penting untuk diketahui selain detail ongkos kirim barang ke luar negeri. Dalam hal ini, ada beberapa hal terkait pengiriman barang ke luar negeri untuk diketahui, seperti:

  1. Pastikan barang yang dikirim bukan barang yang berbahaya dan terlarang
  2. Cari ekspedisi yang terpercaya untuk melakukan pengiriman barang ke luar negeri
  3. Konsultasi dengan agen terkait detail barang, baik jenis, volume dan ongkos kirim barang ke luar negeri
  4. Packing barang dengan aman dan pastikan tambahkan pelindung untuk membungkusnya
  5. Jangan lupa untuk meminta resi pengiriman kepada agen dan dokumentasi paket yang dikirim untuk memudahkan klaim.

Berapa Ongkos Kirim Barang ke Luar Negeri?

Ketika membahas tentang ongkos kirim barang ke luar negeri, salah satu hal yang harus dipahami adalah ongkos kirim tersebut sangat bervariasi. Ada beberapa hal yang berpengaruh pada biaya pengiriman barang ke luar negeri, seperti berat barang, volume barang, paket yang dipilih, ekspedisi yang dijadikan mitra dan lainnya.

Nah, oleh karena itu, untuk mengetahui detail biaya pengiriman, Anda bisa mengecek website official dari masing-masing ekspedisi. Namun, sebagai gambaran, ada beberapa rincian ongkos kirim ke luar negeri sebagai berikut:

Negara TujuanJenis BarangBerat BarangEstimasi PengirimanHarga
MalaysiaDokumen1 Kg2 HariRp 365.000
MalaysiaParcel1 Kg3 HariRp 453.000
MalaysiaParcel2 Kg3 HariRp 618.000
TaiwanDokumen1 KgRp 1.250.000
TaiwanParcel1 KgRp 2.230.000
SingapuraDokumen1 Kg1 HariRp 210.000
SingapuraParcel1 Kg1 HariRp 300.000
Brunei DarussalamDokumen1 Kg2 HariRp 440.000
Brunei DarussalamParcel1 Kg3 HariRp 613.000

Demikian beberapa ulasan tentang ongkos kirim barang ke luar negeri dan tips pengirimannya. Semoga bermanfaat.


Jika Anda ingin memiliki bisnis ekpedisi gratis layanan bisnis lainnya, bisa langsung mendaftarkan diri menjadi Mitra Toko Modern Fastpay.

Follow media sosial Fastpay di :
Instagram : @fastpay_official
Facebook : @fastpay.official
Youtube : Fastpay Official


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online

Tim SBF