Tips Mengelola Stok Warung dengan Aplikasi Profit

Sebarkan artikel ini

Apakah Anda salah satu pebisnis yang berkecimpung di bidang kuliner dan lainnya? Nah, tentu saja bagi Anda sangat penting untuk mengelola stok bahan baku di dalam warung. Dalam beberapa kasus, terdapat bisnis warung yang gulung tikar dikarenakan pengelolaan yang salah dalam hal stok bahan bakunya.

Beberapa masalah yang berkaitan dengan mengelola stok barang adalah biaya operasional yang bengkak, stok barang yang kurang, stok kadaluarsa yang terlalu banyak, hingga adanya hewan pengerat yang menggerogoti bahan makanan yang ada di dalam warung. Dalam hal ini, Anda sangat membutuhkan aplikasi warung.

Tujuan Penggunaan Aplikasi Profit

Masalah stok warung jika tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius. Untuk itu, memanfaatkan aplikasi warung sangat dianjurkan untuk Anda. Nah, apa sajakah keuntungan dari penggunaan aplikasi untuk stok warung? Berikut ulasan selengkapnya:

  1. Dapat mengawasi penggunaan barang ketika usaha tengah dijalankan
  2. Memberi info yang akurat mengenai persediaan barang
  3. Menentukan harga pokok penjualan atau HPP dan juga bisa menghitung rugi serta laba dari perusahaan (warung)
  4. Mengetahui tentang kuantitas maupun kualitas stok barang yang disimpan.

Tips Ampuh Memakai Aplikasi Profit untuk Stok Barang

Apakah Anda masih merasa bingung untuk melakukan stok barang dengan aplikasi warung? Tenang saja, di sini, kami akan memberikan tips lengkapnya supaya dalam melakukan pengelolaan stok warung bisa lebih optimal. Langsung saja ini dia tipsnya:

  1. Membuat Pemetaan Produk yang Dijual
    Langkah pertama bagi Anda untuk menggunakan aplikasi warung adalah dengan memisahkan berbagai jenis produk yang dijual di warung. Pertama, Anda bisa memberi stiker maupun label pada barang-barang yang menjadi inventaris warung.
    Hal ini bermanfaat untuk mempermudah bagi Anda menemukan barang yang dicari. Silakan mengatur barang berdasar pada label serta jenis barang yang telah ditentukan.
    isahkan juga barang satu dengan yang lain berdasar pada tempat penyimpanannya. Jika Anda bermaksud untuk menyimpan bahan makanan dengan kemasan kaleng, sila menempatkannya pada freezer (bukan di tempat lainnya). Akan lebih mudah lagi jika Anda melengkapi stok barang dengan menggunakan barcode sehingga barang pun akan lebih mudah untuk dihitung.
  2. Melakukan Penghitungan Ulang
    Dalam menghitung stok barang, tentu saja Anda kerap mengalami kekeliruan. Nah, hal ini akan menimbulkan kesalahan yang cukup fatal. Untuk itu, jangan ragu untuk menghitung lagi jumlah stok sehingga sesuai dengan keadaan sebenarnya. Lantas, setelah itu, catat lah jumlahnya pada catatan atau pembukuan supaya mudah dilacak di hari kemudian.
  3. Memisahkan Stok Baru dengan yang Lama
    Tips ketiga ini tidak boleh Anda lewatkan sama sekali, yakni memisahkan stok yang baru dengan yang lama. Terlebih jika bisnis yang Anda jalani adalah kafe dan restoran. Semisal pada produk susu dengan tanggal kadaluarsa yang cepat, maka pisahkanlah stok susu yang baru dibeli dengan stok lama.
    Hal ini berguna untuk menghemat biaya serta atas alasan efisiensi. Untuk itu, pastikan stok produk yang dijual terlebih dahulu adalah yang telah lama.
  4. Mengecek Stok Secara berkala
    Sangat disarankan bagi Anda dalam melakukan stock opname secara berkala dan rutin. Fungsinya untuk mencari tahu kapan Anda perlu membeli persediaan stok barang yang sudah hampir habis. Carilah jadwal waktu yang mana pengunjung yang datang tidak terlalu banyak.
  5. Memperkirakan Jumlah Stok yang Dimiliki
    Di dalam dunia bisnis istilah untuk menjelaskan mengenai hal ini adalah stock forecasting. Sangat dianjurkan apabila Anda ingin mengelola stok barang lebih rapi. Sehingga, jumlah persediaan yang dibutuhkan dapat diketahui dengan pasti. Apabila Anda ingin mengisi stok barang, maka Anda pun lebih tahu berapa jumlah yang dibutuhkan.
  6. Memanfaatkan Teknologi (Aplikasi Warung)
    Pencatatan stok barang bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara manual dan menggunakan teknologi. Saat ini, telah tersedia beberapa aplikasi yang bisa membuat perhitungan stok barang sehingga menjadi lebih mudah.
    Biasanya, terdapat fitur yang  memungkinkan Anda meng-kalkulasi secara otomatis setiap ada barang yang keluar-masuk. Sehingga, kesalahan penghitungan pun bisa diminimalisir.

Nah, itulah tips mengelola stok warung dengan aplikasi profit yang dapat kami sampaikan. Lantas, apa saja aplikasi warung terbaik yang ada di Indonesia? Yuk, bahas lebih lanjut ulasan mengenai aplikasi warung terbaik di Indonesia!

Aplikasi Warung Terbaik di Indonesia

Sebelum memberikan rekomendasi pada Anda mengenai aplikasi warung terbaik. Ada baiknya untuk mencari tahu tentang apa itu aplikasi warung. Nah, aplikasi warung sendiri sering juga disebut dengan software POS. Yang mana merupakan program yang dapat membantu Anda dalam mengelola transaksi penjualan di warung atau toko milik Anda. Dengan aplikasi ini, Anda pun dapat melakukan aktivitas yang biasa dikerjakan sendiri secara otomatis.

Saat ini, banyak pemilik bisnis ritel yang mengoperasikan aplikasi ini di warung-warung. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam mengelola inventaris gudang, merekam data pelanggan, serta mencari tahu barang yang sedang sangat laris.

Dikarenakan aplikasi ini sangat  multi fungsi, maka dari itu, silahkan pilih salah satu aplikasi dari yang kami rekomendasikan berikut ini:

  1. Moka POS
    Program POS ini sangat ramah dikantong. Sebab, harganya murah dengan sistem berlangganan yang mudah. Biaya untuk menggunakan aplikasi warung ini adalah Rp 250.000,- saja setiap bulannya.
    meski murah, tetapi Moka POS memiliki fitur andalan seperti aplikasi Android dan iOS, memberi laporan real-time, serta fleksibel antara penggunaan offline maupun online.
  2. POS Software HashMicro
    Aplikasi warung yang selanjutnya adalah besutan negara tetangga, Singapura. Aplikasi ini telah dipercaya oleh nama perusahaan besar seperti Trans Corp, Danone, Tata, dan juga Pizza Hut. Aplikasi ini memiliki kualitas yang sangat baik dengan fitur-fitur terbaiknya.
    Diantara fitur tersebut adalah tampilan yang mudah untuk dipahami. Sehingga, aplikasi Hashmicro dapat digunakan siapa saja.
  3. True POS
    True Pos merupakan aplikasi warung yang berasal dari India. Terdapat dua versi dari aplikasi ini. Yang mana bisa digunakan oleh usaha kecil menengah (aplikasi gratis), serta aplikasi berbayar yang cocok untuk bisnis ritel dengan skala enterprise.
    ada aplikasi gratisnya memiliki keterbatasan yakni hanya bisa dipakai pada satu mesin kasir dengan transaksi yang terbatas. Sedangkan aplikasi warung True POS berbayar tidak dibatasi penggunaan jumlah mesin kasirnya serta tidak mempunyai keterbatasan jumlah transaksi.

Aplikasi warung mempunyai segudang manfaat untuk bisnis yang sedang Anda jalani. Termasuk dalam mengelola stok barang di warung Anda. Tak perlu khawatir, cukup gunakan salah satu dari aplikasi warung terbaik di atas. Semoga bermanfaat!

Tim SBF